Sampai hari ini, kasus penipuan dan pencucian uang yang dilakukan bos PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel nggak kunjung usai. Pihak kepolisian masih terus menindaklanjuti kasus yang merugikan hingga puluhan ribu orang ini. Jelas, kasus ini menjadi duka yang mendalam bagi siapapun juga, terlebih para calon jemaah yang sudah susah payah menabung untuk bisa berangkat umrah.

Padahal sebelumnya First Travel sudah memberangkatkan beberapa artis beken Indonesia untuk ibadah umrah. Sebut saja Syahrini beserta keluarga, Ria Irawan, hingga almarhum Julia Perrez. Tapi ternyata, nggak semua artis bersedia berangkat umrah dengan jasa perjalanan secara gratis semacam ini loh. Berikut ulasannya.

Nikita Mirzani mengaku enggan berangkat ibadah umrah jika biaya perjalanan ditanggung oleh iklan. Mending biayain orang yang kurang mampu deh!

Tahun ini berangkat ke tanah suci. via www.instagram.com

…mending kalau endorse tukang sapu jalanan tuh dari pada artis.

Dinukil dari laman Detikcom, Nikita Mirzani mengaku semua perjalanan umrah yang akan dilakukan pada Desember mendatang, semuanya menggunakan biaya pribadi. Dia beberapa kali menolak tawaran dari agen perjalanan yang meng-endorse dirinya untuk ke tanah suci. Kata Nikita, mending endorse tukang sapu jalanan daripada artis.

Menurut Nikita Mirzani lagi, ibadah dengan biaya sendiri jauh lebih afdol daripada menggantungkan biaya dari iklan. Setuju, ya?

Advertisement

Lebih afdol pakai biaya sendiri. via www.instagram.com

Gue juga sering ditawarin endorse tapi nggak ambil. Mending biaya sendiri karena kan ibadah biar lebih afdol…

Sebagaimana yang kita tahu, nggak cuma Nikita Mirzani saja yang ditawari oleh jasa perjalanan untuk berangkat beribadah di tanah suci. Kendati tawaran itu ada, nyatanya Nikita lebih suka menggunakan uang sendiri untuk berangkat umrah atau haji. Katanya, ibadah akan lebih afdol jika menggunakan hasil keringat sendiri.

Demikian juga dengan artis cantik, Ayu Tingting, yang pernah ditipu oleh agen perjalanan umrah. Saat itu orang tuanya hendak berangkat ke tanah suci, tapi sayang, pas hari H, mereka nggak jadi berangkat. Sejak saat itulah Ayu nggak akan menggunakan jasa travel untuk pergi haji.

Pada kenyataannya, endorse nggak cuma berlaku untuk produk saja. Bahkan jasa perjalanan pun bisa menggunakan artis untuk promosi

Buat ajang promosi. via tribunnews.com

Ya, saat ini bukan hanya produk saja yang bisa dipromosikan dengan menggunakan jasa artis. Bahkan agen perjalanan ibadah pun bisa menggunakan artis atau orang termasyur untuk kepentingan promosi. Sebut saja First Travel yang sudah beberapa kali memberangkatkan beberapa nama selebritis tanah air untuk pergi umrah. Bahkan, setelah dari tanah suci, mereka bertolak ke beberapa negara lain seperti Mesir, Turki, dan semacamnya. Bagi si pemilik modal atau usaha mah, yang penting bisnisnya lancar dan banyak yang orang tertarik. Sebuah promosi yang sangat menggiurkan bagi orang-orang awam, bukan?

Bukannya mau nyinyir, tapi bukankah perjalanan spiritual itu menyangkut hati, bukan hanya sebatas urusan kerja lewat promosi?

Princes Syahrini pas umrah. via www.instagram.com

Ya, masalah ibadah memang masalah pribadi setiap individu. Kita nggak bisa menilai ibadah yang mereka lakukan diterima atau nggak oleh Yang Kuasa. Tapi kalau melihat fenomena promosi agen perjalanan berkedok agama yang alhasil hanya menipu orang-orang, apakah itu patut adanya? Lagipula, orang yang berkesempatan mendapat endorse atau pergi beribadah secara gratis itu hanya orang-orang yang sebenarnya mampu untuk melakukannya dengan biaya sendiri. Secara nggak langsung, mereka pergi beribadah hanya karena urusan ‘pekerjaan’, bukan karena hati yang tergerak untuk melakukan perjalanan spiritual.

Kalau sudah begini, rasanya kita harus sepakat apa yang dikatakan oleh Nikita Mirzani deh; mending biayain tukang sapu jalanan (atau orang yang kurang mampu) untuk pergi beribadah. Syahdan, bagaimana menurut kalian, Guys?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya