Masih ingat pertama kali CL 2NE1 merilis lagu solonya yang berjudul Mental Breakdown (MTBD) dalam album CRUSH tahun 2014 lalu? Lagu yang satu ini langsung menuai kecaman dari berbagai kalangan, terutama umat muslim. Hal ini dikarenakan dalam lagu tersebut terdapat musik latar dimana seorang anak kecil melantunkan ayat Al-Qur’an. Hal ini tentu membuat umat muslim geram. Lebih dari delapan ribu orang menandatangani petisi agar CL menghilangkan bacaan surat An-Naba’ yang ada di lagu tersebut.

Akhirnya, YG Entertaiment yang menaungi CL tersebut meminta maaf dan mengunggah ulang video MTBD yang sudah diedit dan tanpa bacaan ayat Al-Qur’an lagi. Namun sayangnya, setela dua tahun berlalu, CL kembali menyanyikan MTBD dengan bacaan ayat Al-Qur’an sebagai musik latarnya.

MTBD versi pertama alias yang masih ada lantunan ayat Al-Qur’annya kembali dibawakan CL pada saat Tour di Los Angeles

MTBD @cltour2016

A video posted by Peter Chun (@method331) on

CL yang sejak tahun lalu mencoba peruntungan di kancah internasional emang lagi ngadain tur dengan CL Hello Bi+ches 2016 di beberapa kota yang ada di Amerika Utara. Pentolan 2NE1 bernama Chae Lin Lee ini memulai turnya di New York dan akan berakhir di Toronto.

Awalnya memang tak ada masalah yang terjadi di beberapa kota yang sudah dilewati hingga saat CL mengadakan konsernya di Los Angeles. Namun, masalah bermula ketika CL menyanyikan lagu MTBD. Entah karena luput dari perhatian, CL menyanyikan versi asli dari MTBD, dimana lagu tersebut masih ada lantunan ayat suci Al-Qur-annya. Hal ini sontak membuat umat muslim mengkritik untuk kedua kalinya. Padahal, dua tahun lalu CL dan manajemennya sudah meminta maaf dan mengunggah kembali versi MTBD tanpa bacaan ayat Al-Qur’an.

Netizen, termasuk penggemar CL membanjiri Instagram dan Twitter dengan tagar #CL_stop_using_our_quran setelah konser tersebut berlangsung

Advertisement

Komentar di Instagram CL dibanjiri tagar via www.instagram.com

Atas insiden tersebut, netizen dan para penggemar CL kembali mengkritik The Baddast Female of Asia ini. Nggak tanggung-tanggung, mereka membanjiri Instagram dan Twitternya dengan tagar #cl_stop_using_our_quran. Mereka menuntut agar CL kembali meminta maaf.

Sehari pasca turnya di Los Angeles, CL pun meminta maaf kepada netizen dan penggemarnya lewat akun Twitter

CL minta maaf lewat twitter via twitter.com

Pasca menggelar konser di Los Angeles pada 6 November lalu, CL akhirnya meminta maaf kepada semua pihak. Permintaan maafnya tersebut disampaikan melalu akun Twitter miliknya. CL meminta maaf atas kesalahan yang terjadi pada konser di Los Angeles. Mereka mengakui bahwa itu memang adalah kesalahan mereka. Secara nggak sengaja, stafnya mengirimkan dan memutar lagu MTBD versi awal. Dan sayangnya, CL nggak menyadari itu secara langsung.

Tapi yang jelas CL udah minta maaf. Dan permintaan maaf tersebut sudah diterima oleh para penggemarnya. CL juga menghapus secara permanen video MTBD versi asli yang ada di Youtube agar tak ada lagi kekeliruan atau salah paham.

Bentuk pertanggungjwaban CL ini emang patut diacungi jempol. Sebagai salah seorang artis yang digemari banyak orang, CL nggak gengsi minta maaf atas apa yang terjadi dalam konsernya di Los Angeles kemarin. Semoga karirnya di kancah internasional semakin naik ya!

Ini nih versi MTBD yang udah diedit dan diunggah ulang