Karya seni gak harus berada di museum dan galeri. Karya seni juga bisa dipajang di tembok pinggir jalan. Banksy adalah street artist misterius asal Inggris. Melalui graffiti ia telah menarik perhatian pecinta seni, aktivis, dan sesama rekan artis graffiti. Identitasnya yang tetap misterius (bahkan dia menolak menggunakan media sosial) telah memancing intrik dengan pers dan fans yang penasaran dengan kehidupan pribadinya. Namun Banksy bersikeras, graffiti adalah satu-satunya media komunikasinya.

Dengan menampilkan seni berteknik stensil di beberapa kota besar dunia, Banksy mencoba menyampaikan isu sosial dan politik dengan cara satire dan dark humour. Karya-karyanya di bawah ini membuat kita kembali berpikir tentang banyak pelajaran hidup yang udah kita lupakan.

1. Bikin Batasan Moral

Charles Manson via www.lifehack.org

Graffiti bergambar pembunuh legendaris Charles Manson yang lagi nyari tumpangan ini terdapat di stasiun Archway, London. Kekuatan jahat bisa datang dari pengaruh luar. Penempatannya di sudut sebuah stasiun kereta menggambarkan peringatan bahwa kejahatan bisa bersembunyi di mana saja. Mungkin kita perlu memagari diri dan membatasi pengaruh yang masuk ke diri kita.

2. Ingat Asal-Usulmu

Manusia gua dengan makanan cepat saji via www.lifehack.org

Advertisement

Penikmat seni Los Angeles bingung apakah mereka tengah diejek, diperingatkan, atau hanya dihibur oleh gambar manusia gua yang sedang membawa makanan cepat saji ini. Mungkin ini semacam gentle reminder dari Banksy soal sifat asli manusia, dan betapa yang kita makan saat ini gak begitu lagi alamiah.

3. Perkataan dan Perbuatan Harus Sama

Omongan dan perbuatan gak sama via www.lifehack.org

Graffiti ini mungkin lebih cocok jika dikerjakan di tembok sebuah gedung di Senayan daripada di London. Apa yang disampaikan Banksy sedikit menyindir kebiasaan manusia yang omongannya gak sesuai perilaku yang diperbuat. Kita terlalu sering diperintahkan untuk menjadi orang baik oleh mereka yang sama sekali bukan orang baik. Actions speak louder than words, jadi pastikan perbuatanmu gak kontradiksi dengan perkataanmu.

4. Semua Orang Punya Rahasia

Hanya Ilusi via www.lifehack.org

Semua orang memiliki motif dan rahasia masing-masing. Itu yang ingin dikatakan (dengan humor) oleh Banksy melalui graffiti yang ia bikin di Bristol, Inggris, ini. Karya ini juga mengingatkan kalau banyak hal gak terlihat seperti yang kita kira. Jangan cepat percaya, karena orang hanya akan menampakkan pada kita apa yang mereka ingin kita lihat.

5. Selalu Ada Harapan

There is always hope via www.lifehack.org

Walaupun melukiskan kehilangan, di sebelah karya ini terdapat tulisan “There Is Always Hope“. Sebuah pesan yang kuat agar kita selalu positif dan gak meratapi apa yang nggak lagi kita miliki.

6. Berjuanglah Demi Perdamaian

Mencari perdamaian via www.lifehack.org

Karya yang terdapat di San Francisco ini meminta kita untuk bertanya pada diri sendiri, “bagaimana kita memecahkan masalah?” Dari pada menyelesaikan masalah dengan amarah dan kekerasan, kita mestinya tetap berusaha berpikiran jernih dan adil.

7. Cinta Bukan Nafsu

Waiting in vain via www.lifehack.org

Dilukis di luar sebuah strip club kota New York, karya ini menyoroti kenyataan tentang obsesi masyarakat akan seks: seks doang gak pernah memuaskan kebutuhan, termasuk kebutuhan akan dicintai. Pria malang ini hanya menyia-nyiakan waktunya mencari cinta, karena dia berada di tempat yang salah.

8. Semua Cinta Sahih

Love is Love via www.lifehack.org

Mural ini, dilukis di luar sebuah pub di Brighton, secara gamblang menampilkan dua petugas keamanan publik saling berciuman bibir ke bibir. Banksy seakan bertanya, “siapa yang berhak menyatakan pantas atau gak pantas?” Cinta tetaplah cinta dan harus diterima oleh masyarakat dan diekspresikan dengan bebas.

9. Tetap Rendah Hati

One day we’ll be in chage via www.lifehack.org

Manusia perlu mendapatkan pelajaran soal kerendahan hati, begitu menurut Banksy. Tanpa disadari, manusia telah membawa banyak kehancuran kepada alam, hewan dan bahkan ke sesama manusia. Mural ini sering dilukis Banksy di berbagai tempat agar kita ingat jangan menginjak-injak hak makhluk lain, karena pada suatu saat kita akan butuh mereka.

10. Sebarkan Kebaikan

Gunakan kebaikan via www.lifehack.org

Demonstran yang melempar bunga ini mungkin karya Banksy yang paling tenar hingga saat ini. Pendemo berjuang bukan menggunakan batu atau bom molotov melainkan dengan bunga, yang melambangkan kebaikan bukan kekerasan.

11. Ekspresikan Dirimu

Mural di New York ini mengilustrasikan seorang seniman graffiti yang memuntahkan untaian bunga. Jika kamu punya sebuah ide, maka ekspresikanlah. Seperti kalau mau muntah, kita pasti gak mau menahannya. Maka muntahkanlah ide, gagasan dan pikiran kamu — itu maksud Banksy.

12. Hargai Hubungan Dengan Sesama

Mobile Lovers via www.lifehack.org

Salah satu karya terbaru Banksy berjudul Mobile Lovers juga dikerjakan di Bristol, Inggris. Memperingatkan kita untuk lebih peka dengan apa yang ada di sekitar kita, bukan apa yang tertera di layar smartphone kita. Terus-menerus terpaku pada ponsel membuat kita kehilangan hubungan (yang mendalam) dengan orang lain.

13. Jangan Egois

Don’t be so full of yourself via www.lifehack.org

Kasarnya, jangan kepedean jadi orang! Karya yang dibikin di New York ini membuat kita kembali membumi. Benar, manusia ingin menjadi unik dan lain daripada yang lain. Tapi jangan memaksakan kehendak. Jangan bikin sesuatu karena ingin dikenang. Berbuatlah sesuatu karena kamu ingin jadi orang yang baik.

14. Jangan Biarkan Orang Lain Menghalangimu

Follow your dreams via www.lifehack.org

Karya yang di Boston ini juga cukup tenar di kalangan pecinta seni jalanan. Banksy kembali mempertanyakan idealisme tiap orang, apakah kamu masih mengejar mimpimu? Atau kamu tunduk pada kekuasaan dan paksaan orang lain?

15. Dengarkan Kata Hatimu

Masih mendengar kata hati? via www.lifehack.org

Ada sedikit optimisme dari karya Banksy di San Francisco beda dari karya lainnya yang bernuasa satire. Dokter yang lagi memeriksa hati ini melambangkan pernyataan “dengarkan kata hatimu”.

16. Bonus: Spy Booth

Spy Booth via www.theguardian.com

Spy Booth termasuk karya terbaru Banksy yang dibuat di Chaltenham, Inggris. Mural ini terletak gak jauh dari kantor agensi intelejen dan keamanan Inggris, GCHQ. Bagaimana menurut kamu? Apakah Banksy bermaksud mengkritisi pengawasan arus informasi yang dilakukan pemerintah Inggris? Menyindir pelanggar privasi? Atau kamu punya pendapat lain? Silakan berkomentar.