Rasa kantuk memang sukses bikin kamu nggak bisa konsen bekerja. Meski udah minum kopi dan makan permen, tetap aja rasa kantuk masih menyertai. Kamu pun memilih tidur beneran di kantor dengan mencuri-curi waktu kerja. Sayangnya, atasan maupun teman kantor mengetahuinya. Kamu jadi malu dan nggak enak sendiri deh. Hehe.

Oleh karena itu, kamu butuh nih trik-trik khusus biar bobo cantik di kantor berjalan dengan sempurna. Atasan dan teman-teman nggak ada yang menyadari dan rasa kantuk terbayar dengan sempurna. Mau kamu karyawan teladan atau bukan, nggak ada salahnya simak 6 hal berikut ini.

1. Posisikan dudukmu senyaman mungkin. Tegakkan laptop atau arahkan monitor sampai kepalamu tak terlihat dari arah berlawanan.

hipwee menyarankan kamu menyender atau tubuh agak kebelakang via www.tumblr.com

Salah satu cara ampuh agar tidurmu nggak ketahuan yaitu menjadikan laptop atau layar monitor komputer sebagai perisainya. Cari posisi “aman” dan nyaman saat duduk, lalu tegakkan laptop atau layar monitor di depan kamu sampai wajahmu nggak terlihat dari arah berlawanan. Setelahnya, pejamkan matamu dan nikmati bobo cantiknya ya! <3

2. Masih dengan posisi yang sama, kamu bisa menyiasati seperti sedang bekerja. Misalnya tangan diletakkan pada mouse atau keyboard.

tangannya di atas mouse atau keyboard ya via www.sportsafetyinternational.org

Advertisement

Agar tidurmu semakin tersamar seperti sedang bekerja, kamu dapat menambahkan posisi tadi dengan tangan. Masih dalam posisi sama dengan sebelumnya, kamu tinggal meletakkan tangan pada mouse dan keyboard. Buatlah seolah-olah sedang mengetik, yaitu didahului dengan sambil memencet mouse dan keyboard. Dengan begitu, bobo cantikmu nggak akan ketahuan deh.

3. Dengan posisi tubuh menghadap laptop atau layar monitor, letakkan tangan pada pelipis dengan kepala agak menunduk. Buat seakan-akan kamu sedang pusing. Hehehe…

pura-pura pusing aja ;D via www.politics.co.uk

Kalau kamu tadi berpura-pura bekerja, coba deh sekarang mengakalinya dengan berakting sakit kepala. Caranya masih sama, yaitu posisikan tubuh menghadap laptop atau layar monitor. Kemudian letakkan tangan di atas meja dengan jari memegangi pelipis mata. Lakukan sambil kepala agak menunduk ya. Pokoknya, buatlah seperti kamu sedang pusing beneran. ;p

4. Pura-pura membaca laporan atau koran juga bisa. Senderkan tubuhmu pada bangku dan tegakkan laporannya, ya!

atau misalnya baca koran, tapi korannya di arahkan ke atas sampai wajahmu tertutup hehe via footage.framepool.com

Bagimu yang terbiasa menghadapi laporan atau iseng membaca koran, manfaatkan aja itu sebagai perisaimu. Dengan cara menegakkan laporan atau koran, matamu bisa terpejam dengan bebasnya. Tapi jangan lama terbuai ya, karena nanti akan ketahuan karena halamannya nggak berganti. Hehe.

5. Manfaatkan kacamatamu dengan sedikit menurunkannya, lalu kepala agak ditundukkan. Bingkai kacamata bakal menyamarkan seakan kamu sedang mengetik atau melihat monitor. 😀

kacamatanya diturunkan sedikit ya via www.rodenstock-blog.com

Buat kamu yang berkacamata, manfaatkan aja alat bantu penglihatan tersebut. Kamu tinggal memakainya dan menurunkan kacamata sedikit. Kerahkan kepalamu agak menunduk agar bingkai kacamata dapat menyamarkan dirimu. Dengan begitu, kamu terlihat seperti sedang mengetik maupun melihat monitor. Hehe nggak ketahuan lagi deh. ;D

6. Jangan terlalu lama tidurnya, karena posisi itu akan membuatmu pegal. Lagipula kalau terlalu lama, teman kerja dan atasanmu akan curiga juga. Repot ‘kan kalau sampai ketahuan?

jangan kebablasan ;D via www.telegraph.co.uk

Kalau udah mendapat posisi ternyaman, jangan terlalu lama terbuai dengan tidur sejenaknya ya. Karena kamu harus kembali bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas yang sedang ditunggu. Lagipula juga nanti atasanmu dapat sadar mengapa posisi dudukmu dan tangan nggak berubah-berubah.

Sebagai pekerja, kamu tentu memiliki waktu tidur yang kurang. Makanya, nggak heran kalau kamu suka mencuri-curi waktu kerja di kantor. Karena rasa nggak enak kalau ketahuan atasan maupun teman kerja, terapkan beberapa langkah tadi bisa lho. Selamat mencoba ya!