Persaingan merebut pangsa pasar semakin keras. Dengan bermacam strategi pemasaran beberapa perusahaan top dunia ini meluncurkan kampanye kreatif sekaligus ofensif bagi kompetitornya. Kita yang lihat cuma bisa tersenyum aja melihat ide-ide yang mereka keluarkan. Yuk, simak apa aja.

1. FedEx vs DHL

Selangkah di depan via copypast.ru

Sama-sama bergerak di bidang logistik dan pengiriman, FedEx dan DHL gak bisa mengelak ketika mereka berebut pasar yang sama. Tapi apa yang dilakukan FedEx di sini sangat kreatif walaupun DHL gak akan suka dengan ini. Truk FedEx digambarkan selalu selangkah di depan truk DHL.

2. Audi vs BMW

Pada suatu hari Audi punya ide untuk menyindir logo BMW yang mengingatkan kita pada papan catur. Sindirannya halus sih…

Advertisement

Gondok karena sindirannya gak direspon, Audi sedikit lebih berani.

“Giliranmu jalan, BMW” agak menantang via wonderfulengineering.com

Akhirnya, BMW merespon dengan memasang billboard di seberang billboard Audi

Pendukung setia masing-masing merek pun gak mau ketinggalan, pakai photoshop pastinya.

Ikutan pake photoshop boleh dong via wonderfulengineering.com

Perang berlanjut ke iklan cetak…

Ucapan ‘selamat’ dari BMW via www.designals.net

Ucapan ‘selamat’ dari juara Le Mans via www.drive2.ru

Tapi kali ini mereka gak sendirian. Subaru yang ngaku punya mesin lebih powerful ikutan bersuara

Menang kontes kecantikan aja bangga, kata Subaru via www.taringa.net

Tapi Chairman merek mobil Bentley menutup perseteruan ini dengan sempurna

Chairman Bentley via americatopten.blogspot.com

3. Mercedes-Benz vs Jaguar

Sebenarnya Mercedes memulai kampanye teknologi Magic Body Control milik mereka dengan sopan, tanpa menyerang pihak manapun. Iklan ini juga menarik perhatian pengguna YouTube berkat keunikan Mercedes menggunakan ayam sebagai bintang iklannya. Ayam secara alami memiliki kemampuan mengatur posisi leher dan kepala tetap stabil walaupun digoyang mengikuti lagu Diana Ross “Upside Down“.

Gak beberapa lama Jaguar mulai usil, mereka membuat iklan tandingan berjudul Jaguar vs. Chicken. Idenya sama namun dengan sedikit twist di akhir iklan. Jaguar ingin menunjukkan insting hewan buas mereka lebih oke dari pada ayam Mercedes-Benz.

Mercedes gak butuh waktu lama untuk membalas. Dalam 3 hari mereka merilis poster ini. Classy.

Simpel namun berkelas via s.66.ru

4. Google vs Microsoft

Sebagai seteru abadi, Google dan Microsoft selalu berusaha saling senggol untuk meraih perhatian pecandu IT. Maret 2013, Google merilis video “Chrome: Now Everywhere” untuk mempromosikan browser unggulan mereka:


Video yang informatif, sekali melihatnya kamu pasti mengerti dan mengangguk setuju bahwa Chrome memberi kemudahan. Namun 2 bulan berselang Microsoft merilis video berjudul “Scroogled“. Intinya Microsoft mengingatkan pengguna agar berhati-hati sama Chrome, karena Google bisa mengawasi dan mengambil data browsing kamu. Lalu data itu digunakan untuk memborbardir kamu dengan iklan. Ada benernya juga sih:

Bahkan Microsoft sampai bikin merchandise segala, lho!

Mug yang keren via www.theverge.com

Tapi Google merespon dengan pernyataan cerdas, sementara Microsoft sibuk jualan mug dan kaos, Google sedang mengerjakan Google Glass. Boom!

5. Apple vs Samsung

Dua raksasa ini memperebutkan pangsa pasar smartphone yang sebenarnya udah sangat ketat. Persaingan antara Apple dan Samsung juga diwarnai dengan saling tuding pencurian hak paten hingga harus berujung di meja hijau. Tapi kalau soal iklan Samsung bisa dibilang lebih frontal dan berani dari pada Apple. Di mulai dari memparodikan kampanye “The Next Big Thing” milik Apple. Di video tersebut Samsung bertanya pada pengguna smartphone, Mengapa kalian rela antri berjam-jam buat beli ponsel pintar yang gak bisa 4G?”

Serangan dilancarkan lagi pada Mei 2013 saat Samsung mempromosikan ponsel Galaxy S4. Samsung memamerkan fitur-fitur S4 yang gak dimiliki iPhone 5. Pesannya ialah “S4 lebih smart daripada iPhone 5″.

Tapi Apple tetap gak mau gegabah merespon entah karena jaim atau apa.

Unik-unik ‘kan? Bahkan beberapa di antaranya bisa bikin kita tertawa. Terlepas dari merek mana yang berhasil menang dari segi penjualan, yang juara di sini cuma satu. Kreativitas.