Buat yang punya akun Instagram, coba cek logo aplikasi kalian di ponsel. Udah berubah kan? Kamu yang hobi unggah foto di media sosial yang satu ini agaknya sedang belajar menerima perubahan tampilan. Kamu yang sudah terbiasa dengan logo instagram lama yang serupa dengan kamera Bell & Howell tahun 1940’an, kini harus mulai terbiasa dengan logo instagram yang anyar. Ada pro dan kontra perihal penggantian logo terbaru instagram ini.

1. Buat kamu anak Instagram, media sosial kesayanganmu satu ini mengalami perubahan logo dan tampilan lho.

Logo lama (kiri) dan logo baru (kanan). via tekno.rakyatku.com

Instagram berganti logo dan tampilan. Dari logo semula yang serupa dengan kamera Bell & Howell tahun 1940’an dibuat jadi lebih minimalis dengan gradasi warna ungu, pink, oranye, dan kuning. Tak hanya logonya saja yang berubah, tampilan antar muka di dalamnya juga turut dirombak. Tampilan dalamnya kini diwarnai hitam dan putih. Selain itu notifikasinya juga berubah, dari yang semula berwarna oranye menjadi warna merah. Nggak hanya Instagram aja yang mengalami perubahan lho. Aplikasi yang juga ‘satu rumah’ dengan Instagram pun turut mengalami perombakan, tengok saja tampilan baru dari aplikasi editing seperti Boomerang, Layout, dan Hyperlapse. Hayoo, anak Instagram pasti khatam banget sama ketiga aplikasi berikut.

2. Perihal perubahan logo Instagram, ini kata pakar desain dan pengguna setianya…

Ini tanggapan dari para penggunanya terkait perubahan logo dan tampilan Instagram. via ngonoo.com

“Mungkin perubahan ini akan menjadi salah satu kegagalan desain terbesar di tahun ini,” kata Tim Nudd, editor kreatif di majalah Adweek yang dikutip dari Wall Street Journal.

via inet.detik.com.

“Maaf Instagram, tapi logo baru ini jelek. Kenapa harus mengubah sesuatu yang sudah bagus? Logo lamamu sudah keren”, tulis pengguna Twitter bernama Elizabeth Rostan.

via inet.detik.com.

Advertisement

Ternyata cukup banyak pengguna Instagram yang belum menerima perubahan logo dan tampilan media sosial tersebut. Bahkan seorang pakar desain bernama Tim Nudd berani mengatakan bahwa perubahan logo dan tampilan Instagram bisa dikatakan sebagai salah satu kegagalan desain terbesar di tahun 2016 ini. Sementara salah satu penggunanya mengungkapkan kekecewaan dengan mengatakan bahwa logo lama Instagram sudah cukup keren, sehingga (maksudnya) tak perlu diubah lagi.

3. Sementara itu, ini alasan pihak Instagram terkait penggantian logo media sosial kesayangan kamu-kamu yang hobi pajang foto ini.

Menurutmu desainnya udah sesuai belum dengan estetika kamu sebagai penggunanya. via mashable.com

“Logo dan desain Instagram mulai terasa..tidak merefleksikan komunitas. Dan jujur kami merasa kami bisa membuatnya jadi lebih baik,” tutur Spalter.

via inet.detik.com.

Head of Design Instagram – Ian Spalter, mengungkapkan alasan pihaknya mengganti logo dan tampilan Instagram adalah untuk membuatnya jauh lebih baik. Serta dimaksudkan agar desainnya sesuai dengan estetika penggunanya. Tentu maksud dan tujuan dari perubahan desain ini positif. Adapun beberapa pihak yang kontra, sebenarnya hanya belum terbiasa saja dengan perubahan yang terjadi pada Instagram tersebut. Bukannya menolak, hanya belum terbiasa saja.

4. Instagram mengajarkan kita tentang belajar move on. Bahwa untuk bisa berkembang, perubahan memang dibutuhkan.

Dari perubahan logo dan tampilan Instagram, kita bisa belajar move on. Bahwa terkadang untuk bisa berkembang, kita tidak boleh terlena dalam kebiasaan lama. Sesekali perubahan jelas dibutuhkan. Awalnya memang berat, namun seiring berjalannya waktu, sisi positif dari perubahan bisa kamu petik juga. Yuk, kita nikmati saja logo dan tampilan baru Instagram.

Tuh, bukan cuma mantan aja yang membuatmu belajar caranya move on dan melupakan. Instagram pun demikian. Tetap rajin unggah foto ya guys! 😛