Memiliki buah hati memang menjadi momen-momen paling berharga yang selalu dinantikan oleh siapapun, terlebih dalam awal masa pernikahan. Seperti jodoh dan rezeki, buah hati pun nggak bisa diprediksi kapan dia akan datang. Sekalipun kita sudah berusaha untuk melakukan beragam cara. Bahkan, kadang meski sudah hamil sekalipun, tragedi yang disebut keguguran masih tetap bisa terjadi.

Seperti yang beberapa hari lalu terjadi pada istri Anang Hermansyah, Ashanty Siddik. Dia harus ikhlas menerima nasib yang menimpa dirinya lantaran dia gagal mempertahankan kehamilannya. Tapi ternyata, pengalaman sedih ini nggak cuma dialami oleh Ashanty loh. Banyak dari kalangan artis yang beberapa kali mengalami keguguran karena berbagai penyebab. Bukan maksud mengorek luka lama, tapi cobalah untuk belajar dari kisah sedih para artis ini.

Ini bukan kali pertama Ashanty keguguran. Sebelumnya, Bundadari juga pernah mengalami nahas yang sama di tahun 2012 lalu

Keluarga Anang Hermansyah. via www.instagram.com

Sangat disayangkan, pengalaman buruk harus terulang kembali. Ini kali kedua Ashanty mengalami keguguran dalam program hamilnya. Sejak menikah dengan Anang Hermansyah, Ashanty beberapa kali dikabarkan keguguran, lantaran darahnya terlalu kental, sehingga nutrisi nggak bisa sampai ke janin. Alhasil, dia harus merelakan kehamilan pertamanya bersama Anang. Namun, nggak lama pasangan penyanyi ini dikaruniai buah hati yang sangat lucu, Arsy.

Setelah keguguran pada awal pernikahannya dengan Rio Dewanto, tahun ini Atiqah Hasiholan berhasil menimang buah hatinya, Salma

Rio, Atiqah, dan Salma. via www.instagram.com

Advertisement

Di tahun 2013, Rio Dewanto sempat mengaku betapa bahagia dirinya, sebab sebentar lagi dia akan menjadi ayah. Hal yang nggak bisa diungkapkan banyak oleh kata-kata. Tapi nahas, kebahagiaan Rio hanya sekejap. Pasalnya, Atiqah mengalami hal yang nggak pernah diharapkan oleh semua orang di muka bumi ini, keguguran. Kelelahan menjadi faktor utama kegagalan aktris Wonderful Life itu.

Istri dari Ruben Onsu, Sarwendah Tan bahkan dua kali keguguran. Lantaran tubuhnya yang dinilai terlalu kurus

Keluarga bahagia. via www.instagram.com

Setelah resmi menikah dengan Ruben Onsu pada 2013 lalu, Sarwendah Tan dikabarkan keguguran. Lalu setahun kemudian, kabar duka kembali terjadi pada mereka. Wenda mengalami nasib buruk lagi. Pada media di tahun 2014 lalu, Ruben mengatakan bahwa hal itu terjadi karena Wenda terlalu kurus. Dikabarkan pula, saat itu berat badan Wenda hanya sekitar 38 kg. Nggak mau mengalami nasib buruk ketiga kalinya, Wenda hingga pergi ke Tiongkok untuk berkonsultasi mengenai kandungannya, hingga harus mengonsumsi telur hingga 18 biji per hari. Alhasil, Juni 2015, Ruben dan Wenda berhasil menimang anak pertama mereka dengan bahagia.

Chua Kotak juga beberapa kali mengalami keguguran, gara-gara aktivitasnya yang terlalu padat

Chua bersama suami dan buah hati. via www.instagram.com

Sejak menikah dengan Firmansyah Mahidin Putra pada September 2014 lalu, Chua bassist Kotak Band terpaksa ikhlas dengan kegagalannya dalam program buah hati di awal tahun 2015 lalu. Pasalnya, dia menilai, kesibukanya terlalu tinggi. Meski fisiknya kuat, tapi janinnya nggak cukup kuat untuk mengarungi agenda padat musisi bernama lengkap Swasti Sabdastantri. Lalu, nggak lama setelah itu, Chua kembali dikabarkan kembali gagal dalam programnya. Dia mengalami hamil anggur, yakni kelainan yang terjadi pada proses perkembangan sel telur setelah dibuahi.

Ternyata, faktor stres dan kelelahan yang membuat Angelina Sondakh mengalami keguguran setelah beberapa hari suaminya meninggal

Saat Angelina Sondakh tersangkut kasus korupsi. via beritasatu.com

Setelah Adjie Massaid meninggal dunia pada awal tahun 2011 lalu, Angelina Sondakh kembali berduka tiga hari setelahnya, karena keguguran untuk kali ketiga. Jelas duka mendalam bagi Angelina Sondakh. Sebelum almarhum suaminya meninggal, Adjie Massaid sudah menyiapkan nama untuk anak keduanya, biar Keanu, anak pertama mereka, punya teman main. Tapi nahas, tiga hari kepergian Adjie Massaid, calon anak mereka pun turut pergi menyisakan duka bagi Angelina Sondakh. Dikabarkan, kelelahan dan faktor stres menjadi penyebab utamanya keguguran ketiga Angelina Sondakh.

Berat memang ketika istri atau siapapun cewek yang tengah mengandung, tapi harus merelakan kegagalan menjaga buah hati mereka sebelum melihat dunia ini karena keguguran. Nggak ada yang mengharapkan, jelas. Tapi beberapa faktor di luar kehendak kita nggak pernah tahu kapan mereka akan ‘menyerang’. Maka dari itu, cobalah untuk lebih berhati-hati ketika istrimu atau kamu sendiri tengah mengandung. Hamil dan melahirkan jauh lebih susah daripada harus ketemu dosen pembimbing loh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya