Masa kecil zaman sekarang dengan zaman kamu – sekitar 90an, tentu berbeda. Program-program televisi dan waktu tayang khusus anak di bawah umur banyak yang berubah. Kartun memang nggak menghilang, namun frekuensi tayangnya telah berkurang.

Banyak juga kartun tahun 90an yang masih ada hingga sekarang, misalnya aja Doraemon dan Detective Conan. Sayangnya, kartun-kartun yang masih bertahan pada layar televisi mayoritas kartun cowok. Bisa dari tokoh utama maupun ceritanya. Meski begitu, kamu tentu ingat dong kartun cewek apa aja yang pernah menghibur hari-harimu saat masih kecil dulu. Dengan memberikan unsur feminin dan juga menggabungkan cerita yang ada pada kartun cowok, keberadaan kartun cewek ini nggak kalah tenar lho.

Hipwee mengajak kamu untuk bernostalgia sebentar nih. Masih ingat nggak kartun cewek mana yang menjadi favoritmu dulu?

1. Kumpulan cewek yang masih sekolah dengan kemampuan memberantas kejahatan. Yup, Sailor Moon emang idola semua.

sailor moon via sailormoon.wikia.com

Kartun Sailor Moon memang nggak ada duanya. Bercerita tentang sekumpulan cewek sekolah yang memiliki kekuatan super untuk memberantas kejahatan. Terdiri dari 5 cewek dengan kostum sekolah dan warna-warna berbeda mencirikan setiap tokohnya. Walau misi utama Sailor Moon adalah untuk menemukan kristal perak dan putri bulan, nggak jarang mereka harus melawan para musuh kegelapan yang nggak bosan mengganggu.

Advertisement

Dalam menjalankan tugasnya, Sailor Moon kerap dibantu oleh Toxedo (Taksido bertopeng). Cerita dan tampilan tokohnya yang menarik tentu nggak membuat kamu nggak bosan menontonnya.

2. Cerita renyah sehari-hari anak cewek dalam keluarga sederhananya mampu dikemas dengan apik melalui  Chibi Maruko-chan.

chibi maruko-chan via showbiz.liputan6.com

Berbeda dengan Sailor Moon, Chibi Maruko-chan menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang anak cewek bersama keluarganya. Kisah apik tentang keluarga sederhana ini nggak hanya fokus pada karakter utama, yaitu Chibi, tapi juga anggota keluarga dan teman-temannya.

3. Gara-gara Hamtaro kita jadi kenal binatang hamster dan sering minta orangtua untuk memeliharanya. Hehe.

hamtaro via hamtaro.wikia.com

Berbeda dari kartun lain pada masanya, hamtaro menyajikan cerita tentang binatang hamster yang membuat kamu ingin memeliharanya. Petualangan hamtaro yang selalu seru ini juga ditunjang dengan tokoh hamtaro yang menggemaskan. Yah, anak kecil mana yang nggak ingin memilikinya? Hehe.

4. The Power Puff Girls – salah satu kartun anak cewek juga dengan kemampuan super dan kepribadian yang berbeda. Kamu pasti punya tokoh favorit deh!

the power puff girls via nerdist.com

Tampilan The Power Puff Girls mungkin memang berbeda dengan kartun-kartun lain. Mengisahkan tiga anak cewek yang berhasil diciptakan dari berbagai campuran bahan kimia ini senantiasa melindungi kota Townsville dari ulah para musuh. Para tokoh yang bernama Blossom, Bubbles, dan Buttercup ini memiliki kepribadian yang berbeda. Ada yang bijaksana, emosian, dan juga pemalu. Nah, tokoh mana nih yang menjadi idolamu?

5. Meski sendirian, Cardcaptor Sakura merupakan serial kartun yang selalu ditunggu.

cardcaptor sakura via talkingcomicbooks.com

Kalau biasanya kartun pahwalan cewek biasanya gak sendirian, hal ini berbeda dengan Cardcaptor Sakura. Kartun yang salah satu paling dinanti jam tayangnya ini menceritakan tentang seorang anak cewek yang nggak sengaja membuka sebuah buku yang isinya Clow Card. Seluruh kartu dalam buku tersebut berhamburan ke luar dan menyebar ke kota Tomoeda. Nah, itulah tugas Sakura – mengumpulkan kembali kartu-kartu tersebut. Dalam melaksanakan tugasnya, sakura dibantu oleh Cerberus dan Tomoyo Daidouji.

6. Gak jarang kartun cewek dilengkapi dengan kekuatan super, namun kostum unik seperti gaun pengantin pada Wedding Peach emang gak ada yang mengalahkan.

wedding peach via www.zerochan.net

Ingat dengan pahlawan cewek berkostum gaun pengantin? Yup, kartun Wedding Peach nggak hanya memanjakan kamu dengan ceritanya yang keren, tapi juga kostum-kostum tokohnya. Kostum gaun pengantin ini kadang membuat kamu untuk berkhayal sejenak tentang gaun pernikahan di masa depan. Yah walau masih kecil, tapi hal tersebut jadi terpikirkan olehmu. Hahaha.

7. Seorang putri kerajaan dan berteman dengan hewan-hewan ajaib? Gak bakal bosen deh nonton Minky Momo.

minky momo via www.mangauk.com

Kesan cewek imut dan lucu dapat kamu temukan pada kartun Minky Momo. Meski seorang putri kerajaan, tapi Minky Momo nggak segan untuk berteman dengan para hewan-hewan ajaib. Keseruan cerita selalu menyertai mereka nih. ;D

8. Kartun Candy Candy yang baik hati dan punya segudang sikap positif lainnya menjadi role model kamu sehari-hari.

Candy Candy merupakan seorang anak cewek yang bersifat baik hati. Sifatnya ini juga ditunjang dengan perilaku sehari-hari lho. Deskripsi Candy Candy yang cantik dan matanya selalu bersinar serta berkaca-kaca ini mampu membuatmu betah menonton berlama-lama. Secara nggak langsung Candy Candy menjadi role model kamu deh.

Jadi, kartun mana nih yang menjadi favoritmu? Share ya di kolom komentar! Selamat bernostalgia. ;D