Siapa yang nggak tahu Westlife? Hampir seluruh generasi yang lahir di tahun 90-an tumbuh bersama lagu-lagu mereka. Walaupun saat itu kamu masih kecil dan nggak paham Bahasa Inggris, tapi lagu-lagu mereka seperti Uptown Girl, My Love atau I Have A Dream selalu nyantol kepala.

4 tahun yang lalu, Westlife memutuskan untuk berjalan sendiri-sendiri. Dan saat ini, sudah hampir 16 tahun berlalu sejak awal debut mereka di dunia musik. Tapi nggak pernah sekalipun kamu lupa dengan keberadaan mereka, lagu-lagu pun selalu sempat untuk didengarkan dan dinyanyikan ulang. Pokoknya, Westlife punya tempat tersendiri deh di hati kamu.

Nah, kali ini Hipwee ingin mengajak kamu bernostalgia serta mengingat pengalaman-pengalaman seru saat tumbuh bersama Westlife dan menjadi fans setianya. Nggak perlu tunggu lama-lama lagi, yuk langsung simak!

1. Mereka bagai dewa-nya boyband. Meski ada banyak boyband lain yang bermunculan, hanya pada Westlife tempat kamu menaruh hati

Semua ganteng, tanpa terkecuali via fanpop.com

Akhir 90-an sepertinya memang jadi tahun-tahun kelahiran boyband di barat sana. Kalau diingat, cukup banyak juga jumlahnya. Mulai dari Backstreet Boys, Boyzone, A1, N’Sync, Westlife, hingga Blue. Mereka hadir dengan konsep yang nyaris serupa: sekelompok cowok berwajah ganteng menyanyikan lagu-lagu pop yang easy listening. Seharusnya kamu bisa menyukai mereka dengan setara. Namun kenyataannya, matamu hanya bisa melirik ke Westlife saja.

Advertisement

Kalau disuruh menjelaskan mengapa, alasan pertama yang pasti kamu sebutkan adalah karena wajah mereka ganteng-ganteng banget. Walaupun personil boyband lain juga ganteng, tapi personil Westlife terlihat paling bersinar. Mungkin karena mereka masih muda ya, jadi terlihat lebih manis dari yang lainnya.

“Pertama kali liat, mereka itu ganteng-ganteng banget. Apalagi Nicky. Udah gitu suaranya juga bagus. Sosok cowok idaman pada zamannya banget deh mereka, tuh.”

Nana, 22 tahun

2. Wajah mereka memang tampan, namun keindahan suaranya juga nggak bisa disepelekan. Tiap personel Westlife memiliki karakter suara yang khas.

Suara personil Westlife nggak bisa disepelekan via bauermedia.co.uk

Untuk soal tampang, ketampanan personil-personil Westlife sudah nggak perlu diragukan lagi. Terbukti dari banyaknya fans cewek yang tergila-gila dan histeris saat melihat mereka. Tapi Westlife jangan begitu saja diremehkan sebagai boyband yang modal tampang.

Mereka berlima punya suara yang merdunya nggak bisa diremehkan. Belum lagi karakter kuat yang dimiliki oleh suara masing-masing personilnya. Shane dengan suara powerful yang cocok di lagu apapun, Bryan dengan suara yang lembut dan romantis, Nicky dan Kian dengan husky voice-nya yang serak namun merdu, dan terakhir ada Mark dengan suara nge-bass yang sepertinya hanya dimiliki oleh dia seorang. Dengan harmoni dari kelima suara ini, apa masih bisa dulu kamu tolak pesona mereka?

3. Westlife itu juaranya lagu-lagu enak. Kamu nggak bisa pilih lagu mana yang paling disuka, karena semuanya favorit!

Lagu favorit? Semuaaaaa! via myfangirllife.tcom

Coba deh lihat, single Westlife mana yang nggak bisa jadi hits di tangga lagu Inggris sana. Hampir seluruh single dan albumnya merajai seluruh tangga lagu Inggris saat itu. Bahkan, album mereka yang berjudul Coast to Coast berhasil mengalahkan album Forever-nya Spice Girls dalam perebutan posisi No. 1 UK Album pada tahun 2000. Terbukti ‘kan kalau Westlife itu juaranya lagu-lagu enak dan terbaik?

You’ll find it in the deepest friendship
The kind you cherish all your life
And when you know how much that means
You’ve found that special thing
You’re flying without wings

Lirik lagu Flying Without Wings, salah satu lagu Westlife yang ‘nangkring’ di top chart UK

Salah satu momen membingungkan kamu saat itu adalah ketika ditanya lagu Westlife apa favorit kamu. Gimana nggak bingung, semua lagu Westlife itu enak. Kamu nggak bisa pilih mana yang paling disuka karena suka semua.

“Lagunya Westlife itu enak-enak semua. Jadi bingung kalau ditanya mana lagu yang paling disuka. Semuanya favorit banget, kok!”

Febia, 23 tahun

4. Saat itu, kamu memang nggak paham makna lagu-lagu Westlife. Tapi ketika mulai beranjak dewasa, kamu menyadari bahwa lagu-lagu mereka sangat dekat dengan kehidupan para pendengarnya

Palingan cuma lagu ini yang kamu paham via youtube.com

Berhubung Westlife berasal dari Irlandia, sangat wajar kalau seluruh lagu-lagunya berbahasa Inggris. Tapi untuk kita yang saat itu masih kecil dan belum melek sama bahasa Inggris, lagu-lagu Westlife cukup sulit untuk dipahami. Kita pun akhirnya memilih lagu favorit lewat musik dan beat yang paling enak didengar, kemudian menyanyikannya berulang-ulang dengan nada sumbang dan lirik “sekenanya”. Yang penting sih bunyinya mirip dengan lirik lagu aslinya.

“Zaman SD sih nggak paham arti-arti lagunya. Palingan “I Have A Dream“, itupun cuma tahu kalau lagunya tentang impian. Sisanya sih ikutin beat aja yang enak didengar. Kalau nyanyi juga asal cuap yang penting mirip. Hehehe.”

Danastri, 22 tahun

Namun ketika mulai remaja dan belajar Bahasa Inggris, kamu pun sadar kalau ternyata lagu-lagu Westlife itu sarat makna dan begitu dekat dengan kehidupan para pendengarnya. Apalagi untuk kamu yang saat itu baru mengenal cinta. Rasanya semua lirik di lagu Westlife itu kamu banget, kayak lagu yang judulnya My Love ini:

So I say a little prayer
Hope my dreams will take me there
Where the skies are blue
To see you once again, my love

5. Lagu mereka itu everlasting! Bahkan, My Love dan Uptown Girl sampai sekarang masih jadi lagu andalan kamu saat karaoke

Lagu wajib karaoke-an via owl-hdteam.net

Lagu-lagu Westlife itu nggak hanya enak, tetapi juga everlasting. Lengket selamanya di telinga. Kamu nggak akan pernah bosan mendengarkan lagu-lagu mereka walaupun saat ini sudah hampir 16 tahun berlalu dari sejak debut pertama mereka.

Kamu masih sering mendengarkan Flying Without Wings, Season In The Sun, dan juga Fool Again setiap harinya. Lagu-lagu mereka nggak pernah keluar dari playlist-mu di Winamp atau iTunes. Bahkan, My Love dan Uptown Girl masih selalu jadi lagu wajibmu saat berkaraoke ria.

Uptown girl
She’s been living in her uptown world
I bet she never had a back street guy
I bet her mama never told her why

And when she knows what
She wants from her time
And when she wakes up
And makes up her mind

Lirik lagu Uptown Girl

Wah, langsung kebayang deh beat-nya yang membuat ingin bergoyang. Ya begitulah lagu kalau dibuat dan dinyanyikan benar-benar dari hati. Nggak akan hilang dimakan waktu dan selalu ada di hati para penggemarnya.

6. Kegiatan wajib zaman dulu: beli majalah dan tabloid yang kasih bonus poster dan pin up Westlife. Posternya dielus-elus dulu sebelum akhirnya menghiasi dinding kamar.

Ini nih bonus posternya via sweetstory92.wordpress.com

Jadi fangirl-nya Westlife itu belum sah kalau belum punya poster atau pin-up para personilnya. Tapi berhubung saat itu beli poster di abang-abang gambarnya pecah dan kualitasnya nggak bagus-bagus banget, kamu lebih memilih membeli majalah atau tabloid yang memberikan bonus poster dan juga pin-up personil Westlife.

Untuk kita yang saat itu masih usia SD atau SMP, harga majalah dan tabloid yang Rp 10.000 saja sudah mahal sekali rasanya. Mau nggak mau, kamu harus menabung uang jajanmu setiap hari dan rela membawa bekal, demi bisa beli majalah dan tabloid yang ada bonus poster Westlife-nya.

Ya, pengorbanan ini nggak sia-sia banget, sih. Setidaknya, saat mau tidur, kamu bisa lihat wajah-wajah ganteng yang menghiasi dinding kamarmu. Hehehe 😀

7. Waktu tahu Westlife duet dengan Sherina, kamu iri setengah mati sama dia

Iri berat, Sherina duet sama Westlife via kapanlagi.com

Kamu pasti masih ingat, di tahun 2001 lalu, ada artis cilik Indonesia yang duet dengan Westlife. Yap! Artis cilik itu adalah Sherina. Momen ini nggak akan pernah kamu lupa karena kamu iri setengah mati sama Sherina. Dia nggak hanya duet bareng di lagu I Have A Dream saja, tetapi juga membuat video klipnya. Di videonya mereka nggak banyak berinteraksi sih, tapi di akhirnya Sherina dikasih kado sepatu balet sama Westlife. Wah, lengkap deh rasa irimu.

Envy parah sama Sherina waktu tahu dia duet sama Westlife. Di kasih sepatu balet pula. Iri banget tapi ya wajar aja sih. Saat itu ‘kan Sherina termasuk artis cilik yang suaranya bagus.”

Nabilah, 22 tahun

8. Gara-gara Sherina, kamu pun jadi ingin bisa nyanyi dan berbahasa Inggris supaya bisa ketemu dan duet sama mereka

“Aku mau bisa nyanyi” via dinisavitri.net

Momen besar duetnya Sherina dengan Westlife ini nggak hanya membuatmu iri, tetapi juga termotivasi. Banyak dari kamu pasti langsung minta les menyanyi sama orangtua, dengan harapan bisa punya suara bagus dan diajak duet sama Westlife, seperti Sherina. Kamu pun juga minta diikutkan ke bimbingan belajar Bahasa Inggris supaya bisa menyanyikan lagu dengan lancar dan paham artinya. Iya, nggak?

“Selain sirik, pas tahu Sherina duet sama Westlife itu jadi pengen les nyanyi dan Bahasa Inggris. Kali-kali aja bisa ketemu dan diajak duet juga.”

Anin, 22 tahun

9. Banyak gosip yang beredar tentang mereka, tapi sebagai fans sejati kamu tak bergeming dan tetap menyukai mereka

Banyak gosip menerpa Westlife via bukalapak.com

Berhubung Westlife adalah boyband yang lagi naik daun dan punya nama besar, wajar saja rasanya kalau banyak gosip lucu, aneh, hingga nggak enak menimpa mereka. Mulai dari gosip kalau Mark suka buang angin di panggung supaya bisa menyanyikan nada tinggi, Westlife musuhan sama Backstreet Boys, sampai kabar nggak enak yang menyebutkan kalau mereka itu suka sesama jenis atau gay.

Tapi layaknya orang yang sedang jatuh cinta, kamu pun nggak memedulikan gosip-gosip tersebut dan tetap mengidolakan mereka dengan sepenuh hati. Karya dan suara merekalah yang membuatmu menggemari sampai sejauh ini. Jadi, gosip-gosip kayak gitu sih nggak ada efeknya sama rasa sukamu.

“Gosip tentang mereka sih banyak banget, apalagi soal mereka gay atau nggak. Tapi nggak peduli-peduli amat, sih. Itu urusan pribadi mereka dan kita yang nge-fans tetap akan cinta sama lagu dan suara mereka.”

Dian, 22 tahun.

10. Hatimu akhirnya patah untuk pertama kalinya saat tahu Brian hengkang dari Westlife

Brian keluar dari Westlife? Patah hati via zimbio.com

Tahun 2004 mungkin pernah jadi tahun terburukmu. Salah satu personil boyband favoritmu ini, yaitu Brian McFadden, memutuskan untuk hengkang dari grup yang membesarkan namanya ini. Banyak alasan dan gosip yang beredar, mulai dari nama mereka yang mulai meredup hingga keinginan Brian untuk bersolo karir. Tapi alasan utama Brian hengkang ini sebenarnya adalah ingin lebih fokus pada keluarga dan anak-anaknya.

Walaupun alasan tersebut terdengar masuk akal, tetap saja kabar hengkangnya Brian ini begitu mengejutkanmu. Terlebih lagi untuk kamu yang selama ini paling menyukai Brian dibanding personil lain. Di usiamu yang baru saja remaja, berita ini telah membuatmu patah hati untuk pertama kalinya.

“Awalnya sedih kenapa Brian yang harus keluar. Kenapa nggak Shane aja hehe. Tapi pas lihat dia solo karir, jadi ngerasa lega. Karirnya lumayan bagus dan dia lebih kelihatan bertalenta. Jadi, ya, good for him, lah.”

Ilana, 22 tahun.

11. Walaupun hanya tinggal berempat, tapi Westlife tetap bisa menghiburmu dengan lagu-lagu yang dibuat dan dinyanyikan sepenuh hati

Walaupun tinggal berempat, Westlife tetap bernyanyi via youtube.com

Hengkangnya Brian membuat Westlife hanya tersisa 4 personil saja, yaitu Shane, Kian, Mark, dan Nicky. Banyak fans yang mengkhawatirkan karir mereka ke depannya, berhubung Brian salah satu vokalis yang terkuat dan utama. Namun, ternyata kehilangan 1 personil nggak membuat mereka jatuh dan terpuruk. Nggak butuh waktu lama bagi mereka untuk bangkit dan kembali berkarya. Dan membahagiakannya lagi, lagu yang dijadikan single dari album terbaru saat itu sangat menggambarkan rasa beruntungnya mereka punya fans seperti kita-kita ini, yaitu You Raise Me Up.

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up… To more than I can be.

Lirik lagu You Raise Me Up

12. Namun waktu harus berkata lain, mereka akhirnya memilih untuk berjalan sendiri-sendiri. Air matamu nggak bisa berhenti menetes saat menonton konser perpisahan mereka

The Farewell Tour, konser perpisahan Westlife via poco.cn

Sepertinya bertahan hanya dengan 4 personil bukan hal yang mudah bagi Westlife. Di tahun 2011, mereka akhirnya mengumumkan bubarnya boyband ini. Tapi, mereka nggak ingin bubarnya Westlife ini terjadi begitu saja. Mereka ingin tetap menyisakan memori indah di hati para penggemarnya dengan mengadakan Farewell Tour.

Cukup sedih sih karena Indonesia nggak ada di daftar negara yang mereka kunjungi, berhubung 2 minggu sebelum mengumumkan bubar mereka sempat menggelar konser di Jakarta. Tapi, menikmati Farewell Tour mereka hanya lewat rekaman video di YouTube saja sudah cukup menguras air mata haru. Nggak kebayang deh kalau nonton konser itu secara langsung. Bisa pingsan mungkin? Hehehe :p

Over the years Westlife has become so much more to us than just a band. Westlife are a family. We would like to thank our fans who have been with us on this amazing journey and are part of our family too. We never imagined when we started out in 1998 that 14 years later we would still be recording, touring and having hits together. It has been a dream come true for all of us.

Kian, Mark, Nicky and Shane.

13. Saat ini memang sudah banyak boyband baru yang nggak kalah bertalenta. Namun, lagu-lagu Westlife yang menemanimu beranjak dewasa memang nggak akan pernah bisa dilupakan dengan mudah

Walaupun saat ini banyak yang bertalenta, namun Westlife tetap tidak ada duanya via griseldadorothi.wordpress.com

Jumlah boyband di panggung internasional saat ini hampir nggak terhitung lagi jumlahnya. Mulai dari One Direction, The Wanted, sampai Super Junior dan puluhan lainnya di Korea Selatan. Mereka semua tampan dan bersuara merdu, lagu-lagunya pun kerap menjadi hits yang cukup mendunia. Namun, ada rasa yang kurang. Tidak ada kenangan dan pengalaman yang kamu rasakan bersama dengan mereka maupun lagunya. Wajar saja kalau boybandboyband tersebut kurang melekat di hati dan pikiran kita.

Tapi tidak dengan Westlife. Walaupun sudah resmi membubarkan diri, lagu-lagu mereka tetap sering terngiang di hati. Swear It Again, Season In The Sun, I Have A Dream, My Love, I Lay My Love On You, Queen Of My Heart, Flying Without Wings, dan masih banyak lagi lagu lainnya. Bersama lagu-lagu itulah kamu tumbuh dewasa. Bersama lagu-lagu itu pula kamu belajar bahasa yang bukan Bahasa Indonesia. Begitu banyak kenangan yang terukir di setiap nada dan liriknya, mengingatkan kamu pada masa kecil yang bahagia dan pastinya tidak akan pernah kamu lupa.

Goodbye to you my trusted friend
We’ve known each other since we were nine or ten
Together we’ve climbed hills and trees
Learned of love and ABC s
Skinned our hearts and skinned our knees


We had joy we had fun we had seasons in the sun

Lirik lagu Season In The Sun

Jadi, lagu Westlife yang mana yang akan kamu putar sebagai obat rindu?