Istilah endorse beberapa tahun ke belakang sangat populer, terutama di media sosial Instagram. Dari mulai orang biasa yang follower-nya hanya ribuan hingga artis yang follower-nya jutaan, “berebut” menerima endorse-an. Kemudian munculah istilah selebgram atau bisa disebut juga artisnya Instagram. Bisa jadi si selebgram ini bukan artis layar kaca, tapi pesonanya cukup diperhitungkan di kancah media sosial.

Bukan hanya di Indonesia, fenomena ini ada pula di luar negeri. Lalu kira-kira apa ya bedanya artis Indonesia dan artis luar negeri saat menerima tawaran endorse?

1. Coba amati perbedaan akun Instagram Selena Gomez yang di-endorse minuman ringan dan Ayu Ting-ting dengan case dan clutch-nya

when your lyrics are on the bottle

A photo posted by Selena Gomez (@selenagomez) on

Coba bandingkan dengan ini!

Advertisement

Selena Gomez adalah akun Instagram dengan jumlah follower terbanyak di dunia setelah akun @instagram sendiri. Sedangkan Ayu Ting-ting digadang-gadang sebagai akun dengan follower terbanyak di Indonesia.

Sekarang coba kamu bedakan dari foto dan caption-nya saja. Kerasa bedanya nggak? Selena kalimatnya sangat singkat tapi memikat. Sedangkan Ayu, kalimatnya cukup panjang dan kalau kamu perhatikan, nada caption instagram artis-artis Indonesia memang selalu seperti ini. Apa karena yang mengelolanya sama ya?

2. Perbedaan mencolok juga bisa dilihat dari bio yang mereka tulis. Jangan-jangan Instagram murni untuk bisnis kalau di Indonesia?

Instagram artis Indonesia biasanya mencantumkan banyak contact person di bio-nya. Begitu juga informasi mengenai akun media sosial mereka yang lainnya, termasuk Instagram usaha online mereka, misalnya clothing line maupun restoran. Bagus sih ya sekalian buat ngiklan, menurutmu?

Kalau artis luar paling hanya mencantumkan kalimat singkat mengenai dirinya dan link mengenai lagu atau album barunya jika ia penyanyi. Mungkin repot juga sih ya kalau nyantumin nomer handphone, ntar malah ditelpon jomblo-jomblo alay Indonesia -_-

3. Di saat artis luar mem-posting kegiatan produktifnya sebagai seorang artis, artis Indonesia malah Instagramnya penuh dengan foto endorse

Sebagai seorang penyanyi, Taylor Swift sering mengunggah kegiatannya saat latihan. Ada juga beberapa unggahan lain tentang kehidupan pribadinya bersama sahabat atau kekasihnya.

Sementara itu ada beberapa artis Indonesia yang hampir semua unggahan di Instagramnya adalah endorse-an. Emang gampang kali ya, tinggal dandan terus difoto pakai kamera yang bagus. Uang yang dihasilkan konon juga banyak banget. Kalau dihitung-hitung mungkin lebih untung nerima endorse-an daripada capek-capek berkarya di dunia hiburan. Tapi kayaknya makin kece juga deh kalau sambil berkarya, menurutmu begitu juga nggak?

4. Tapi nggak semua artis Indonesia isi Instagramnya cuma endorse kok, ada juga yang postingannya tentang aktivitas produktifnya

Ada kok ternyata, artis Indonesia yang kalau dikepo-kepoin nggak menerima endorse sama sekali. Kecuali dia jadi brand ambassador produk tertentu. Syukur deh ya, masih ada yang nyata karyanya di dunia hiburan kita.

Ngomong-omong, menerima endorse-an bukan berarti buruk ya guys! Ini hanya pengungkapan fakta saja, tentang perbedaan artis kita dan yang di luar negeri sana. Artis luar negeri cenderung lebih selektif, mungkin karena kualitas karir mereka juga. Sementara itu di Indonesia, endorse memang bisa jadi sumber penghasilan tambahan (atau malah utama?) ketika karir jadi artis sudah tidak seberapa menjanjikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya