Dengan cepatnya arus informasi bergerak pada saat ini sudah nggak mengherankan jika sebuah kabar burung bisa menjadi ‘berita’ dalam sekejap. Tapi gimana kalau kabar burung ini hanya kebohongan belaka? Sebuah kabar rekaan yang menyangkut kehidupan seseorang. Dan ditambah malasnya kita untuk menggali informasi lebih dalam, beberapa pesohor ini keburu ‘dibunuh’ oleh hoax di dunia maya.

1. Cher

Do You Believe The Life After Life? via upload.wikimedia.org

Penyanyi ini dikabarkan meninggal nggak lama setelah mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher wafat pada 8 April 2013. Untuk mengenang jasa-jasa Thatcher, tagar #nowthatchersdead menjadi trending topic di seluruh dunia. Sayangnya, banyak pengguna Twitter keliru membaca tagar tersebut menjadi “Now That Cher’s Dead“.

#nowthatchersdead via www.thesearchagents.com

Kematian Cher sempat menjadi berita besar di dunia maya. Tapi faktanya Cher masih hidup kok, jangan khawatir.

2. Justin Bieber

Advertisement

Lahir dan Dibesarkan internet via upload.wikimedia.org

Bieber sudah pernah berkali-kali dikabarkan ‘mati’ di dunia maya. Tahun 2009 internet mengabarkan dia bunuh diri, ditembak di klub malam (Januari 2010), mati karena overdose (Juni 2010), dan beberapa hoax lain yang seakan menjadi rutin bagi Bieber.

2013: kecelakaan di Australia via news.softpedia.com

Tidak mengherankan bagi bintang yang lahir dan besar di internet jika mati pun tetap di internet.

3. Lil Wayne

Jangan Cemas, Dia Masih Di Sini via upload.wikimedia.org

Rapper ini diberitakan meninggal segera setelah dia dilarikan ke rumah sakit pada Maret 2013. Tanpa menunggu berita yang jelas, penggemar-penggemar Lil Wayne berduka di media sosial dan membuat hoax ini makin meluas.

Padahal Lil Wayne hanya mengalami kejang akibat epilepsi dan hanya mendapatkan perawatan di rumah sakit.

4. Jackie Chan

April 2014 Jackie Chan mereyakan ulang tahun ke-60 via www.bubblews.com

Jackie Chan pernah diberitakan meninggal akibat serangan jatung pada Maret 2011. Lalu Agustus 2011 hoax soal kematian Jackie Chan kembali merebak setelah sebuah group di Facebook bernama “R.I.P. Jackie Chan” memperoleh sekitar 150,000 like. 

“If I died, I Woud Probably Tell The World!” via 0.tqn.com

Terakhir kali aktor laga ini ‘meninggal’ pada Maret 2013. Tidak tinggal diam dia langsung membalas hoax ini dengan menulis pernyataan resmi di blog pribadi dengan menyertakan foto dirinya sedang menunjuk tanggal di surat kabar terbaru.

5. Rihanna

Rihanna Tidak Ambil Pusing Dengan Hoax Yang Pernah Beredar via www.heshestats.com

Bintang pop asal Barbados ini pernah diisukan via Twitter tewas pada kecelakaan pesawat di Januari 2011. Lalu dikabarkan “Koma lalu meninggal karena serangan jantung” lewat artikel palsu hasil rekaan photoshop.

Artikel rekaan yang mengabarkan Rihanna meninggal via www.gossipcop.com

Rihanna nyatanya masih hidup dengan sehat dan masih sering keluar-masuk tangga lagu dunia.

6. Paul McCartney

Here to Stay via www.traxmagz.com

Rumor kematian Paul di tahun 1966 masih menjadi cerita yang melegenda di dunia musik rock. Kecelakaan mobil yang dia alami lalu dikait-kaitkan dengan teori konspirasi. Penggemar mencari-cari pesan tersembunyi di The White Album dan Abbey Road dan menemukan “Paul is a dead man, miss him, miss him, miss him”. Bukti yang sangat kuat untuk meyakini kematian Paul McCartney.

Tapi melihat Paul McCartney masih menjalani tur dan tampil di festival-festival dunia juga bukti yang kuat bahwa ia masih hidup.

7. Kim Jong-Un

Saya Belum Mati, it’s just a bad hair day via static2.businessinsider.com

Bukan hanya selebriti, Kim Jong-Un juga pernah jadi korban hoax. Februari 2012 situs-situs berita memberitakan bahwa pemimpin Korea Utara ini tewas dibunuh. Weibo, Twitter-nya Republik Rakyat Cina, yang pertama kali menyebarkan isu ini. Sang Diktator dikatakan ditembak oleh orang yang tak dikenal.

Rumor ini jelas hoax karena Jong-Un masih berkuasa di Korea Utara dan terus bersitegang dengan Korea Selatan.

8. Bimbim

Bimbim masih menebar damai bersama Slank via intisari-online.com

Februari 2012, drummer Slank ini dirumorkan meninggal duniaHoax tersebar melalui Twitter dan Blackberry Messenger (BBM) yang juga menganjurkan pengguna jalan untuk menghindari daerah Kalibata karena sudah disesaki oleh Slanker.

9. Iwan Fals

Asia Hero 2012 versi Time via statik.tempo.co

Iwan Fals aja juga semapat jadi korban hoax meninggal. April 2012 pesan berantai di BBM yang mengabarkan berpulangnya Iwan Fals beredar di media sosial. “Turut berduka cita untuk Musisi Terbaik Kita, Bang Iwan Fals yang telah meninggal dunia di Rumah Sakit Putra Medica Jakarta Selatan, pada Pukul 13.41 WIB karena serangan Jantung,” bunyi pesan itu. Namun kabar itu langsung dibantah oleh manajer sekaligus istri Iwan Fals, Ros.

10. Agnes Monica

Maag nggak bisa menghentikan Agnes via statik.tempo.co

Isu soal kematian Agnes Monica merebak di Twitter dan menjadi perbincangan hangat oleh fans-nya. Kabar ini menghangat setelah Agnes dilarikan ke rumah sakit. Namun pihak Agnes segera membantah dan menyatakan bahwa Agnes dalam keadaan sehat setelah mendapat perawatan atas sakit maag yang dideritanya.

11. Olga Syahputra

Korban hoax terbaru via www.olgasyahputra.net

Kesehatan Olga yang nggak kunjung baik, bahkan cenderung memburuk, memancing rumor bahwa dia meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Singapura. Mei 2014 kabar hoax ini tersebar lewat BBM dan disirkulasi terus-menerus oleh penggunanya.

Hoax tersebar lewat BBM via www.iberita.com

Namun, orang terdekat Olga bisa memastikan kalau itu kabar palsu yang direka oleh orang yang tak bertanggungjawab.  

Sebelum tertipu dengan kabar hoax, ada baiknya jika kamu lebih teliti dalam membaca berita dan informasi. Kalau perlu kamu cek sumbernya dari mana.