Sering nggak sih kalian mendengar pernyataan “Alah, bukan orang Indonesia kalau nggak tepat waktu?Seharusnya kita justru malu ketika dianggap tidak disiplin karena sering terlambat. Namun kenyataannya, sarkasme tersebut justru sering dijadikan alasan orang-orang untuk memperlama waktu janjian. Parahnya, tidak hanya pertemuan informal antar teman saja yang sering disepelekan, tetapi juga pertemuan yang berhubungan dengan pekerjaan. Ironisnya, ketika harus mengadakan pertemuan dengan kolega dari luar negeri, kita juga masih sering meremehkan. Padahal seperti yang kita tahu, orang barat terkenal sangat menghargai waktu dan anti dengan yang namanya terlambat. Kalau sudah begini, bisa saja Indonesia akan dicap sebagai negara tidak disiplin yang tentunya akan merugikan kita sendiri sebagai warga Indonesia.

Salah satu hal sederhana yang menunjukkan kurangnya kita dalam hal menghargai waktu adalah kita kerap mengatakan sedang OTW atau On The Way saat sedang ada janji dengan orang lain, padahal sebenarnya kita masih di atas tempat tidur dan malas-malasan. Boro-boro di jalan, mandi saja belum! Hal tersebut biasanya dilakukan seseorang agar teman janjiannya tidak perlu khawatir akan menunggu lama. Padahal hal tersebut justru akan menurunkan kepercayaan teman-temannya dan orang tersebut akan dianggap tidak konsisten. Nah, bagi kalian para korban OTW agaknya perlu berlega hati karena Google Maps menyajikan fitur baru yang memungkinkan setiap penggunanya berbagi lokasi secara realtime.

Seperti menjawab keluhan korban PHP orang-orang ngaret, fitur Google Maps satu ini nggak bisa bikin kamu bohong lagi

Fitur baru Google Maps via chromplex.com

Google baru saja menambahkan fitur dalam Google Maps yaitu Share Location di mana sesama pengguna dapat saling berbagi koordinat lokasi mereka saat itu. Ketika tombol Share Location diklik, pengguna akan dibawa ke layar lain di mana ia dapat memilih kontak yang ingin dibagi lokasinya serta berapa lama ia ingin membaginya. Semacam teknologi GPS yang biasa dipasang di kendaraan-kendaraan rental ya. Nah, untuk pengguna yang menerima titik koordinat juga akan mendapat notifikasi yang berhubungan dengan lokasi orang yang membagikan keberadaannya tersebut. Hayo lho, makin susah ‘kan kalau disuruh membuktikan bahwa kamu benar-benar sedang dalam perjalanan?

Tidak cuma berbagi lokasi, fitur ini juga memungkinkan seseorang mengetahui perjalanan orang lain dengan tombol Share Trip

Fitur Share Trip via chromplex.com

Advertisement

Supaya lebih percaya lagi, kamu bisa meminta temanmu yang tukang ngaret untuk meng-klik tombol Share Trip di aplikasi Google Maps. Dengan begitu kamu bisa menavigasi perjalanan mereka sekaligus memberikan estimasi waktu sampai ke tempat tujuan. Fitur ini akan mati secara otomatis ketika mereka tiba di lokasi destinasi. Dari sana kalian juga bisa mengetahui titik-titik kemacetan yang ada selama perjalanan orang tersebut lho! Jadi mereka tidak akan lagi bisa menjadikan macet sebagai alasan terlambat sampai ke tempat tujuan.

Secara tidak langsung, adanya fitur ini juga dapat membantu orang semakin menghargai waktu dan kejujuran

Google Maps via jalantikus.com

Mereka yang kerap menyepelekan kepercayaan orang lain dalam wujud tidak disiplin waktu membuat harga kejujuran semakin mahal. Orang lebih memilih berbohong demi terlihat positif di mata orang lain. Padahal hal tersebut bisa saja justru menurunkan kepercayaan orang lain kepada kita. Adanya fitur Share Location dan Share Trip ini secara tidak langsung diharapkan akan membantu memperbaiki budaya ngaret orang Indonesia sehingga juga akan menumbuhkan rasa percaya satu sama lain.

Nah, bagaimana nih Guys masih mau bohong sedang on the way padahal masih on the way kamar mandi? Kurang-kurangi saja deh daripada merugikan diri kalian sendiri..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya