Demam batu akik, atau batu mulia akhir-akhir ini memang sedang melanda negeri kita tercinta ini. Hal yang paling hangat adalah adanya penemuan batu giok seberat 20 ton di kawasan hutan lindung, di Kabupaten Nagan Raya, Aceh yang harganya ditaksir bisa mencapai 30 miliar rupiah ckckckck… Batu akik dalam masyarakat Indonesia dipercaya dapat menyimpan kekuatan gaib dan memiliki daya mistis. Namun, sebenarnya apa sih batu akik tersebut?

Batu Akik atau dalam nama internasionalnya disebut Agate, merupakan mineral batuan yang terbentuk dari proses geologi yang unsurnya terbentuk dari satu atau beberapa komponen kimia. Batu permata harus dipoles terlebih dahulu sebelum dijadikan perhiasan. Tingginya harga jual batu akik bergantung pada motif dan kandungan permata di dalamnya.

Karena fenomena batu akik tersebut yang amat sangat menghebohkan, maka tak heran jika saat ini tak hanya orangtua saja yang menggemari batu akik. Bahkan anak muda dari mahasiswa sampai anak SMP pun sudah banyak yang mulai melirik batu akik sebagai aksesoris. Nah, menurut hasil kepo-kepoan yang dilakukan Hipwee, ada beberapa pendapat yang berbeda dari para cewek mengenai cowok muda yang mengenakan batu akik. Mari kita simak komentar pembaca berikut ini:

1. Beberapa cewek sakit mata lihat batu akik di jemari cowok. Mereka nggak suka karena…

Berbagai macam batu akik via nationalgeographic.co.id

Banyak suara miring yang nggak suka melihat anak-anak muda yang memakai batu akik. Alasannya sih macam-macam. Dari sekian banyak yang nggak suka, berikut rangkuman Hipwee.

Pake cicin batu akik nggak fashionable, malah terlihat kayak opa-opa.

Advertisement

Para kakek yang hobi koleksi akik via liputan6.com

“Cowok pakai cincin batu akik itu engga banget deh…berasa liat dukun aja, ngga fashionable gitu”

Indah, 23 – Semarang

“Kalo liat cowok pakai cincin batu akik jadi ingat kakek di rumah”

Ika, 21 – Medan

“Duh lagi trend banget yaa.. tapi buat aku pribadi, ga suka liat cowok yang pakai cincin batu akik.. Serasa mirip kakek aku -_____-” huft.”

Reres, 20 – Banjarmasin

Kebanyakan responden mengutarakan bahwa cowok yang memakai cincin batu akik itu terlihat seperti sudah kakek-kakek atau orangtua. Nggak salah juga sih, karena memang batu akik sebelum jadi trend seperti sekarang, memang sudah digandrungi oleh para orangtua. Lihat saja Ayah atau Kakek kita, banyak dari mereka yang makai batu akik di jarinya kan.

Cowok yang pakai batu akik itu rempong…

Rempong, cyiiiin. via poskotanews.com

“Cowokku penggemar cincin batu akik, tiap kali jalan sama dia, pasti cincinnya berbeda. Cowok yg pakai cincin batu akik itu rempong, lucu aja lihat ditangannya ada cincin dengan hiasan batu yg gede. Klo cuma satu sich biasa, lha klo dua atau lebih. Ngalahin ceweknya donk rempongnya”

Liya, 20 – Yogya

“Gua gak suka liat cowok pake accesoris mau itu cincin atau kalung apalagi batu akik.. haduh pusing liatnya soalnya jajannya cwe sama jajannya batu akiknya dia mahalan jajannya batu akik dia.. #hiks”

arni, 17 – Bekasi

Nggak hanya cewek aja yang suka rempong, tapi cowok juga bisa rempong gara-gara batu akik. Dari liat-liat batu yang masih berbentuk bongkahan, membawa ke tukang gosok, belum lagi membuat lingkaran cincin-nya yang biasa terbuat dari perak atau bahkan emas. Rembpong, deh…

Karena cowok yang pakai batu akik itu katanya serem kayak film horror!

Horor kalo yang make kayak gini via www.jpnn.com

“Cowok yang pake batu akik menurut gue adalah cowok yang horor. Batu akik pasti udah diisi berbagai macam cara buat memikat hati cewek. Apalagi kalo kelima jari-jarinya dipasang batu akik. Niatnya buat bergaya, yang ada malah dibilang kembaran Tesy Srimulat”

Dedew, 23 – Denpasar

“Rasanya macam ngeliat mbah dukun jalan-jalan di perkotaan. Apalagi klo batu akiknya gede banget -_-”

Elsha, 18 – Banda Aceh

“Entah cowok atau cewek yang pake cincin batu akik kesannya mirip Mbah dukun, atau terkesan percaya terhadap hal-hal gaib”

Dewi, 23 – Bogor

“Pake batu akik? Kesannya tua bgt, horror, kayak dukun..”

Netha, 17 – Medan

Mungkin para pembaca ini tak mengetahui bahwa tak semua batu akik itu memiliki ‘isian’. Nggak tahu juga sih apa arti isian yang dimaksud oleh para pembaca ini. Mungkin keterangan berikut bisa menjadi gambaran tentang isian batu akik yang dimaksud.

“Entah, menurut gw batu akik itu identik sama orang2 tua atau mbah mbah dukun gitu kalo difilm . Jadi kalo liat temen cowok pake batu akik agak aneh ajah, apalgi yang percaya kalo batu itu ada isinya . (isinya ; cokelat keju mungkin) hahaha”

Ika, 20 – Jakarta

Kalo yang isinya cokelat keju mah ini :

Roti cokelat keju via hesmacuisinealso.blogspot.com

2. Kalau udah keburu pake batu akik, tenang jangan berkecil hati dulu. Ada juga kok cewek yang suka, sebab…

Meski banyak yang nggak suka melihat cowok mengenakan cincin batu akik, namun banyak juga lho yang diam-diam ternyata mengagumi cowok yang mengenakan akik. Berikut alasan mereka.

Batu akik lebih menonjolkan citra Indonesia, dan dapat memelihara kebudayaan. Joss!

Kebudayaan batu akik via tribunnews.com

“Bagus, keliatan cinta Indonesianya banget.. tapi secara pribadi sih saya nggak suka liat cowok pake cincin selain cincin nikah.. apalagi cincin batu akik kan bentuk cincinnya gede2 gitu ya.. jadi kayak kurang ‘cowok’ aja klo menurut saya :)”

wina, 23 – Bogor

Hipwee setuju sekali dengan komentar satu ini. Hitung-hitung untuk melestarikan budaya Nusantara, ya!

Katanya, cowok yang pakai batu akik jadi terlihat lebih ganteng.

Alliando make batu akik juga lho via tribunnews.com

“kalau menurut aku, bagus kok. soalnya aku suka dengan cowok yang pake cincin batu akik. selain itu bisa menambah ke-pd-an seseorang, juga kelihatan lebih indah di jari. jadi aku pikir, bagus”

Putri, 17 – Makassar

“wah, itu dia. cowok gue juga suka bgt sama cincin batu akik. emang lg happening bgt sih, ga enak juga klo mau larang selama masih enak diliatnya sih ok ok aja..”

Rere, 25 – Jakarta

Berbeda dari pendapat sebelumnya, para responden ini menyatakan bahwa cowok yang memakai batu akik jadi terlihat lebih ganteng dan keren. Meski dengan catatan bahwa batu akik yang digunakan masih enak dilihat.

Cowok yang hobi koleksi batu akik dibilang unik, seunik batu yang mereka koleksi.

Berarti Husen tergolong cowok unik? via www.pikiran-rakyat.com

“Satu kata aja UNIK !!!! apalagi kalau udah sampe jadi kolektor cincin batu akik. wuihhh..makin unik aja tuh. sah2 aja sih cowok pakai cincin batu akik gitu. kalo cewek pakainya cincin berlian nah cowok pakainya cincin batu akik. hehe :p ”

Dolly, 24 – Kupang

“Aku tipe cewek yg suka cowok sederhana. Jadi menurutku cowok yg pakek cincin batu akik itu agak aneh aja menurutku ya walaupun sebagian itu memandang seni dan hobi unik”

Eka, 21 – Banjarmasin

Unik! Itulah kesan yang disebutkan oleh dua orang responden kita ini. Keunikan cowok nggak hanya dilihat dari gaya rambut maupun pakaian yang dikenakan. Namun juga merambah pada bati akik yang melingkar di jarinya.

Ada yang bilang suka asal nggak berlebihan.

Kalo yang begini termasuk berlebihan juga nggak? via foto.metrotvnews.com

“Suka ko, asal gak berlebihan. Sekedar batu kecil yg diiket sama pengiketnya aja udah manis, bukan maksain yang segede gaban”

Imanda, 20 – Jakarta

“Terlalu ngikutin tren. Ya wajar-wajar aja sih, walaupun saya ngga tau tujuannya pake cincin batu akik itu apa”

Monica, 21 – Sidoarjo

Segala sesuatu yang berlebihan memang tak baik. Begitu juga dengan batu akik. Batu akik yang terlalu besar bisa membuat cewk-cewek pada ilfeel, sementara kebanyakan cincin justru malah membuat cowok mirip toko batu berjalan.

Nggak harus batu akik, bisa diganti dengan bebatuan lain. Seperti…

Berlian itu yang bentuknya gini bukan ya? via abdulazizmuslim.com

“cowok yg pke batu akik itu enggak bgt! Yah gue tau kok itu lgi tren tpi ga harus batu akik jga kali mas… mungkin bisa dignati jdi batu berlian gtu biar kece hahaha…”

Riri, 25 – Depok

Nah loh!

Denger tuh para penggemar akik. Daripada berburu dan koleksi batu akik, mending nabung aja buat beli berlian atau permata gitu. Untungnya jelas, dan harga jual kembalinya dijamin tinggi.

Meski sama-sama mineral bebatuan yang terbentuk oleh proses kimiawi, berlian terbentuk di dalam lapisan bumi sejauh antara 100-200 kilometer, selama jutaan tahun. Tak heran jika harga batu satu ini amat sangat mahal.

Dari paparan para pembaca Hipwee diatas, ada berbagai macam pendapat yang berhasil dikumpulkan. Banyak dari mereka yang nggak suka melihat cowok dengan cincin batu akik melingkar di jari-nya. Namun tak sedikit pula yang malah suka liat cowok make cincin batu akik. Sekarang terserah pada kalian, apakah tetap mau menggunakan batu akik sebagai asesoris, atau pindah ke lain hati? Cincin kawin berlian, misalnya…