Kalau rajin main Instagram atau Tumblr, mungkin kamu pernah liat beberapa komik HJ-Story, entah karena kamu memang follow akun @hjstory.official atau enggak sengaja nemu di tab Explore. HJ-Story ini merupakan webcomics karya Andrew Hou, seorang blasteran Cina-Kanada. Kemunculan komik-komik lucu ini ternyata dikarenakan sebuah alasan iseng lho! Saat itu, Andrew belum fasih berbahasa Korea, padahal pacarnya (yang sekarang menjadi istrinya) Kate adalah perempuan asal Korea Selatan. Karena ia kesulitan mengungkapkan perasaannya lewat kata-kata, ia pun mulai membuat komik sederhana yang dikirim via SMS kepada Kate.

Sebagai hadiah ulang tahun untuk Kate, Andrew pun berniat mengumpulkan komik-komik buatannya untuk diunggah di sebuah blog pribadi. Nah, kebetulan salah satu teman Andrew membagikan karyanya tersebut di Twitter. Ternyata, komik buatan Andrew disukai banyak orang dan langsung jadi viral. Melalui HJ-Story ini, Andrew bahkan bisa keluar dari perusahaan tempat ia bekerja sebagai ilustrator dan bekerja secara independen. Wah, jadi penasaran kan kayak gimana sih komik-komik karya Andrew yang katanya terinspirasi dari istrinya ini? Yuk, simak!

1. Terkadang di saat lapar, kita bukannya segera beli makan, tapi malah lapor ke pasangan. Saking magernya 🙁

Ternyata Andrew dan Kate pernah mengalami hal yang sama: laper tapi mager! Lihat deh ilustrasi yang dibuat Andrew untuk menggambarkan diri Kate yang sedang laporan kalau ia lapar. Enggak beda jauh sama kita dan pasangan kan? Dan ujung-ujungnya, setelah lapor begini pasti deh diajak ke tempat makanan favorit. Senangnya!

2. Karena sudah menghabiskan banyak waktu bersama, kita kayak bisa membaca pikiran masing-masing. Enggak cuma soal makanan aja…

When you love and know a person well enough, you can sometimes read their mind! . #hjstory #love #cute #romance #read #mind #comic

A post shared by Official HJ-Story Instagram! (@hjstory.official) on

Advertisement

Karena banyak menghabiskan waktu bersama, kita dan pasangan jadi mengenal diri satu sama lain. Hal ini membuat kita kayak bisa ‘membaca pikiran’ pasangan. Bukan karena kekuatan supranatural lho ini! Entah urusan makanan yang sedang pengen dimakan, kegiatan yang pengen dilakukan, atau komentar saat melihat suatu kejadian. Rasanya nyambung banget!

3. Kangen sih, tapi malu mengakuinya…

Terkadang, kita terlalu gengsi mengakui perasaan sendiri kepada pasangan, apalagi kalau pas kita sedang kangen. Kan malu ya :(. Walau susah mengungkapkan perasaannya, tapi Andrew menghilangkan rasa gengsi untuk mengakui kalau dia kangen kepada Kate. Memang sih kita harus bisa mengendalikan gengsi kalau mau punya hubungan yang lancar dengan pasangan.

4. Kalau ada yang menyakiti pasangan kita, rasanya pengen marah deh!

Ilustrasi yang dibuat Andrew kali ini kocak banget sih. Jadi ceritanya, Kate sedang sakit gigi. Andrew kemudian membayangkan dirinya memarahi gigi Kate yang sakit. Soalnya dia kasian sama istrinya yang menderita banget karena sakit gigi. Ah, lucu banget! Ya walaupun ini cuma perumpamaan, tapi rasanya kita pengen memarahi orang atau hal yang menyakiti pasangan kita.

5. Terkadang ada kebohongan kecil yang kita sampaikan ke pasangan, biar mereka bahagia

Pernah enggak sih pasanganmu menanyakan opinimu tentang suatu hal? Sebenarnya sih menurutmu enggak bagus dan enggak sesuai seleramu. Tapi kok kayaknya pasangan kita suka banget sama hal itu. Kebohongan kecil kayak begini boleh kita lontarkan ke pasangan. Selain membuat mereka senang, pastinya mereka merasa dihargai. Sama seperti Andrew yang berbohong soal sepatu baru Kate. Tapi bohongnya jangan kebablasan lho ya!

6. Takut sih kalau pasangan lagi marah, tapi bagaimana ya… Tetap tenangkan emosi mereka ya!

Sometimes she's scary when angry… O_O . #hjstory #love #cute #romance #relationship #truce #angry #scary

A post shared by Official HJ-Story Instagram! (@hjstory.official) on

Hubungan memang enggak selamanya mulus berjalan. Suatu saat, kita bisa ketawa lepas, tapi bakal ada masanya kita dan pasangan berbeda pendapat dan berantem. Atau mungkin akan ada masanya kita harus menghadapi pasangan yang mood-nya sedang enggak baik. Andrew dan Kate juga pernah mengalaminya. Tapi Andrew enggak langsung mundur saat Kate marah. Ia tetap mencoba meredakan amarah Kate. Ya walau sambil sembunyi di balik batu dari kejauhan gitu sih…

7. Telepon dari pasangan kita bisa mendadak bikin mood naik lho!

I get all happy and feel like a little kid! . #hjstory #love #happy #cute #kawaii #

A post shared by Official HJ-Story Instagram! (@hjstory.official) on

Terutama di saat kita lagi susah banget ketemu dengan pasangan, telepon menjadi salah satu cara berkomunikasi yang paling ampuh. Kita bisa membicarakan apa saja, mulai dari kisah yang kita alami dalam sehari atau pun hal-hal kecil yang sebenarnya enggak penting. Walau begitu, hal sepele kayak begini bisa bikin perasaan jauh lebih baik. Asal enggak diputusin via telepon aja sih 🙁

8. Salah satu lagu lama: kode. Terkadang memang susah sih mengungkapkan perasaan dengan kata-kata, makanya terciptalah ‘kode-kodean’

Yep.. I can't really tell the difference either…T_T . #hjstory #love #cute #romance #relationship #difference #happy

A post shared by Official HJ-Story Instagram! (@hjstory.official) on

Ternyata Andrew dan Kate juga pernah main ‘kode-kodean’ nih! Iya sih, terkadang memang ada saatnya kita susah mengungkapkan ke pasangan kalau mood kita sedang enggak baik. Tapi teteup aja… Kita harus belajar untuk peka dengan pasangan dan berusaha memecahkan ‘kode’ tersebut.

9. Dan pada akhirnya, bukanlah sebuah tindakan besar yang membuktikan cinta kita kepada pasangan, melainkan hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan

This is so true! Bukan hal besar yang sebenarnya menunjukkan cinta kita kepada pasangan, kayak beliin buket bunga setiap minggu, romantic dinner di restoran mahal, atau sejenisnya. Justru hal-hal sederhana yang terkadang enggak terpikirkan yang menunjukkan rasa cinta kita ke pasangan. Bukan berarti melakukan hal yang spesial itu enggak boleh lho ya! Asalkan tulus dan bisa mendorong pasangan kita menjadi lebih baik, it’s good for your relationship.