Awkarin lagi Awkarin lagi?

Eits, tenang dulu. Kita tidak bisa mengelak bahwa Awkarin memang fenomenal di tahun 2016. Terlepas dari aktivitas media sosial, drama vlog, hingga video musik bersama Young Lex yang kontroversial itu di dunia maya, Awkarin tetap punya banyak penggemar militan saat ini. Ratusan barang endorse yang masuk padanya, serta puluhan ribu love foto dari netizen pada setiap sosial media miliknya hanya sedikit indikator bahwa Awkarin punya banyak pengagum. Artinya, cukup besar kemungkinan bakal ada sosok-sosok yang mencoba mengikuti jejaknya.

Faktanya juga ada banyak lho selebgram yang kiprahnya mirip dengan Awkarin. Jarang muncul di televisi tapi hits di dunia maya, terutama kanal Instagram. Puluhan ribu anak muda pun menjadi pengikut dan pengagum mereka. Sedikit banyak, seperti halnya Awkarin, barisan anak muda akhirnya juga perlahan memposisikan para selebgram ini sebagai semacam panutan entah dalam hal referensi berbusana hingga gaya hidup. Pertanyaannya kemudian adalah apakah para selebgram berikut akan berakhir menjadi Awkarin yang dilanda kontroversi di sana sini, atau akan tetap berada di jalur popularitas yang lebih wajar dan sehat? Simak yuk!

1. Rachel Vennya, selebgram yang mengawali karir sebagai make-up artist!

Cantik, pintar daaan fenomenal! via www.instagram.com

Kalau kamu memperhatikan percaturan selebgram di dunia maya, sosok cewek cantik ini hampir selalu meramaikan linimasa Instagram. Wajar, selain cantik dan pintar, Rachel juga cewek yang cerdik berdagang. Sebelum setenar ini, dahulu Rachel adalah artis make-up yang sempat mendapatkan bayaran 200 ribu per proyek. Terlahir bukan dari keluarga yang kaya raya membuat Rachel Venya kerja keras untuk mengejar mimpinya. Selain itu, Rachel punya dua online shop yang membuat namanya dalam dunia tata rias kian melambung. Hingga saat ini berbagai usaha mandiri yang dimilikinya pun sukses. Salah satunya restoran pribadi yang sudah memiliki 8 cabang di Ibukota.

Advertisement

Selain itu, kisah cinta Rachel pun tak kalah menarik. Bersama seorang pengusaha dan musisi bernama Niko Alhakim, mereka sukses bikin netizen baper. Berbagai foto-foto yang mereka tampilkan kerap membuat follower-nya iri dan pans dingin. Nggak percaya? Ini salah satunya

Cie dua-duaan! via www.instagram.com

Tapi tak hanya fans, para haters juga hadir mengiringi Rachel. Setiap foto-foto mesranya bersama sag pacar, Okin, selalu mengundang komentar positif dan negatif. Banyak yang mendukung serta banyak yang menceramahi hubungan mereka. Terutama terkait aktivitas pacaran mereka yang mewah dan meruah-ruah, misalnya plesir ke negara-negara seperti Jepang, Turki dan Yunani.

MUAAAAAAH! via www.instagram.com

2. Pernah dengar nama Anya Geraldine?  Vlogger cantik ini sempat mendapat sorotan karena video panas bareng pacarnya lho~

Ketjup basah dulu! via beritagar.id

Selepas kontroversi Awkarin, munculah Anya Geraldine. Cewek yang baru berumur 20 tahun ini sempat jadi sorotan karena video-video yang diunggahnya melalui sosial media. Dalam video tersebut, Anya dan pacarnya sedang berlibur ke pantai. Namun, ditampilkan juga beberapa adegan yang terlalu berani untuk ukuran gaya pacaran orang Indonesia di depan kamera. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun sempat menegur Anya karena video tersebut disebut-sebut menjadi konsumsi anak-anak. Dibanding selebgram lain, memang Anya adalah yang paling dikhawatirkan punya kecenderungan menjadi figur yang menyandang citra negatif sekuat Awkarin.

“Hasil rapat dengan Kominfo beberapa waktu lalu adalah mengindikasikan konten-konten itu ada unsur pidana. Dua gadis pesohor ( Awkarin dan Anya ) itu bisa dipidanakan karena melanggar Undang-Undang No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan Undang-Undang No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.” – Asrorun Niam Sholeh, Ketua KPAI via Beritagar.id

“Yang hari ini hidup dan bernapas sebagai Anya Geraldine siapa sihGue selama ini apa-apa beli sendiri. HP, baju, liburan, dll yang berbau gaya-gayaan itu gue sendiri. Karena memang gue udah ada penghasilan sendiri dan gue rajin nabung. Itu kemauan gue sendiri, bukan karena orangtua gue nggak punya duit” – Anya Geraldine versi bintang.com

3. Calon bintang masa depan, Vanesha Prescilla pun nggak kalah menjanjikan. Apalagi ia sudah digadang-gadang bakal memerankan tokoh Milea dalam film layar lebar dari novel Dilan.

Duh, cantiknya! via www.instagram.com

Kalau kamu pembaca novel anak muda Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, tentu tahu kalau novel tersebut akan diangkat jadi film. Yang berperan sebagai pacarnya Dilan, Milea adalah Vanesha Prescilla. Gadis cantik kelahiran Jakarta, 25 Oktober 2000 ini pernah mengikuti ajang Gadis Sampul 2014. Meskipun Vanesha tidak menjadi juara satu, tapi karirnya pelan-pelan bersinar. Kini, mulai banyak anak muda yang memberi perhatian padanya di Instagram. Ngomong-omong, tebak deh ia mirip siapa? Iya, mirip aktris bernama Sissy Prisillia. Vanesha ini memang adik kandungnya Sissy lho

4. Devina Aurel. Cewek cantik yang melejit karena video-video komedinya~

Hai Devina! via www.instagram.com

Devina Aurel salah satu cewek yang bersinar di tahun 2016. Mengawali karir video melalui sosial media Vine dan Instagram, Devina melejit karena adegan-adegan parodi yang sering ia unggah. Maju bersama komunitas kreatif bernama Indovidgram, kini Devina meraup banyak penggemar dari kalangan kawula muda. Selain cantik, Devina juga pintar bernyanyi lho. Nah, kalau kamu sering nongkrong di depan Youtube, kamu mestinya udah pernah nonton video musik #GapapaJelekYangPentingSombong punya doi dong. Yah, setidaknya video itu sudah meraup 6 juta penonton~

Senin ujian belajar apa kabar

A photo posted by Devina Aureel💋 | INDOVIDGRAM (@devinaureel) on

5. Cantik, muda, dan berbakat. Inilah Andania Suri, salah satu Gadis Sampul yang jarang didera gosip-gosip miring~

Tuesday vibe. (1/3) 📸: @ed.june

A photo posted by Andania Suri (@andsur) on

Cewek kelahiran Jakarta, 18 Maret 1997 ini merupakan jawara Gadis Sampul tahun 2010. Kiprahnya di dunia hiburan cukup banyak, berbagai video klip dan film sudah ia bintangi. Sebelum setenar sekarang pun Andania Suri pernah pacaran dengan Arief Muhammad a.k.a @Poconggg lho. Malah, tahun lalu Andania sempat dekat dengan pelawak tunggal Kemal Palevi juga.

CANTIK KALI! via www.instagram.com

Kendati kiprahnya belum malang melintang cukup lama–jika dilihat dari usianya–namun mereka sudah cukup punya pengaruh untuk beribu-ribu anak muda yang tercuri perhatiannya di dunia maya. Nah, sekarang coba kita lihat saja apakah mereka mampu menjaga popularitasnya di wilayah yang lebih positif di mata para orangtua dan “polisi moral” masyarakat, atau justru berakhir mirip dengan Awkarin yang harus pontang panting menghadapi sanksi sosial?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!