“Oi bro… Mau ke mana?”

“Pulang bro. Kenapa?”

“Yaelah kayak anak mami aja kelar kuliah pulang. Nongkrong-nongkrong dulu lah,”

“Enggak deh bro…”

“Ah gitu ya… Nih ga asyik nih…”

“Iya deh bro…”

Punya banyak temen memang seru. Ke mana-mana selalu aja ada yang nyapa, jadi nggak kesepian deh. Kadang, niatnya cuma pergi sebentar, ketemu teman eh nggak bisa pulang deh ketahan diajak nongkrong sampe pagi. Kalau lagi nggak sibuk sih oke-oke aja, tapi kalau lagi banyak kerjaan, gimana? Atau lagi males aja nongkrong sebab ada temen yang suka rese kalau lagi ngumpul-ngumpul.Ini nih yang kadang suka bikin bingung.

Nah, buat kamu sering dapat masalah kayak gini, Hipwee punya tips seru supaya kamu bisa menghindar dari ajakan nongkrong.

1. Terimalah ajakan nongkrong sebentar, beberapa menit kemudian bunyikan hape lalu pura-pura terima telepon dan berlagak kamu harus pergi.

Pura-pura dapet telpon biar ada alasan pulang via www.memegen.com

Pas kebetulan lewat tempat tongkrongan teman-teman kamu dan mereka memanggil, jangan buru-buru menolak. Berlagaklah seolah-olah kamu memang ingin bergabung dengan mereka. Berbasa-basi sebentar tidak ada salahnya kan? (Sok asik mode: on)

Advertisement

Setelah dirasa cukup, bunyikan ponsel kamu dan angkatlah dengan tenang. Tak perlu berteriak di depan teman-teman jika kamu harus segera pergi, selayaknya orang menerima telepon kamu perlu sedikit menjauh sambil tetap menunjukkan ekpresi terkejut dan serius. Tak perlu lama-lama kamu bisa menyudahi ‘teleponmu’ dan berpamitan kepada teman-temanmu. Mereka pasti akan paham bahwa kamu mendapat telepon penting dan harus pergi. Hati-hati jangan sampai waktu kamu akting telepon, handphone-mu malah berbunyi beneran.

2. Kalau teman-teman manggil dari arah kanan, segera menoleh ke kiri. Jadi seolah-olah kamu mendengar, tapi gak lihat mereka nongkrong di mana.

Gak denger… gak denger… via memegenerator.net

“Woi… Bim!”

*sumber suara dari arah kanan, berarti menoleh ke kiri* *nggak ada siapa-siapa* *jalan lagi*

“Bim sini dulu…”

*noleh kiri, atas, bawah* *nggak ada siapa* *jalan lagi lebih cepet* *kabur*

3. Bilang kalau kendaraan kamu sedang di bengkel dan kamu sekarang sudah dijemput sama orang tua.

Itu jemputan nyokap tauk! via beta.diylol.com

 “Woi, bro, nongkrong dulu yuk!”

“Wah, gue nggak bawa motor nih lagi di bengkel,”

“Ya elah udah bareng gue aja,”

“Duh, masalahnya gue dijemput nyokap tuh kasian udah nunggu di depan. Udah ya bye!”

4. Bawa adik, ponakan, sepupu, pokoknya yang masih kecil, jadi kamu ada alasan untuk balik duluan.

Ajak adik yang masih kecil biar ada alasan pulang cepet via memegenerator.net

“Aku duluan ya…”

“Kok buru-buru sih?”

“Iya nih bawa ponakan. Ditipin kakak yang lagi ke luar kota,”

5. Buat kamu yang ada diperantauan, dalih “ortu lagi datang” juga bisa kamu jadikan alasan untuk menolak ajakan nongkrong.

Ortu lagi dateng nih, makanya rambut gue rapi via memegenerator.net

“Nanti malem dota yuk, Bro!”

“Ah gila… ada mama papa dateng. Harus jadi anak baik-baik dulu lah.”

6. Ketika dari jauh kamu sudah melihat teman-teman lagi nongkrong, mulailah bersiap-siap pasang tampang pucat.

Pasang makeup pucat via pad2.whstatic.com

Sehabis bimbingan skripsi, kamu perlu buru-buru pulang karena banyak revisian yang harus diselesaikan besok agar kamu bisa sidang bulan ini. Tapi, keluar dari ruangan dosen, kamu melihat teman-temanmu yang lagi nongkrong di tangga. Sebelum melewatinya, kamu bisa mulai dari jauh pasang muka kusut dan pucat seolah-olah kamu sedang nggak enak badan. Dengan begitu teman-temanmu akan sungkan ngajak nongkrong.

“Hoi, Gustin! Dari mana?”

“Uhuk… bimbingan…uhuk…”

“Wah kamu kenapa?”

“Enggak apa-apa… uhuk… ini cuma banyak revisi,”

“Oh ya udah, Gus… buru-buru selesein. Jangan capek-capek ya!”

“Oke…oke… makasih,”

7. Atau sekalian aja kamu bilang mau revisi skripsi. Penting buat masa depan kehidupan kamu yang lebih baik!

Maaf aku mau ngerjain skripsi via riowinto.wordpress.com

“Hoi, sis! Sini dulu!”

“Apaan? Aku buru-buru nih mau revisi skripsi…”

“Wuih… jangan buru-buru dong! Kita masuk kuliah kan bareng, keluarnya juga harus bareng. Santai lah aku masih proposal ini,”

Teman yang baik pasti mau mengerti dan biarin kamu fokus skripsi.

8. Lagi tanggal tua, tapi temen ngotot ngajak hang out? Jangan buru-buru ditolak. Iyakan aja, tapi minta ditraktir.

Mau sih kalau ini yang ngajak via memecrunch.com

“Ngopi yuk!”

“Boleh… hmmm… tapi bayarin ya, lagi bokek nih,”

“Eh, tadi aku janjian makan sama pacarku deh. Lain kali aja ya,..”

9. Kalau kamu sudah mentok nggak ada ide untuk alasan, coba kamu cari teman lain yang kamu suruh nongkrong untuk gantiin kamu.

Nongkrong sama adik gue dulu ya via memecrunch.com

“Temenin main PS dong, Dim!”

“Waduh, aku lagi nggak bisa nih,”

“Ayo lah, lagi suntuk nih…”

“Oke…oke… bentar ya…”

“Lho siapa nih, Dim?”

“Ini adik aku, barusan kemarin aku ajarin main PS. Kamu main sama adikku dulu ya. Bye!”

Menolak ajakan kumpul-kumpul memang sulit dan bikin ada perasaan nggak enak. Tapi kalau terus-terusan ngumpul pekerjaan yang menumpuk nggak segera selesai. Trik di atas bisa kamu coba supaya kamu bisa ngeles dari kumpul-kumpul tanpa merasa nggak enak sama temen-temen kamu.