Jika mendengar kata girlband, pasti identik dengan negara Korea Selatan. Mengingat Negeri Ginseng tersebut memang telah berhasil dalam menyebarkan virus Korean Wave-nya ke seluruh dunia, salah satunya lewat girlbandgirlband seperti SNSD, Black Pink, Red Velvet dan masih banyak lagi.

Ternyata, nggak hanya Korea Selatan yang memiliki girlband. Korea Utara yang dikenal tertutup dan memusuhi budaya bebas ala Korea Selatan diam-diam juga telah memiliki girlband bernama The Moranbong Band. Sedikit berbeda dengan girlband di Korea Selatan yang sudah terpengaruh budaya barat, The Moranbong Band ini harus mematuhi sederet aturan yang diberikan oleh Kim Jong Un. Berikut Hipwee infokan tentang girlband pertama dari Korea Utara ini. Siapa tahu kamu juga bakal tertarik dengan girlband ini.

1. Awal mulanya semua anggota girlband ini merupakan anggota orkestra militer Korea Utara yang dipilih langsung oleh Kim Jong Un

Semua anggota dipilih oleh Kim Jong Un via uk.businessinsider.com

Pada tahun 2012, presiden Korea Utara ini memilih lima orang perempuan untuk dijadikan sebuah girlband. Kelima orang tersebut dipilih dari anggota orkestra militer Korea Utara yang sudah terbukti kemampuannya di bidang musik dan olah suara. Menurut The Korean Central News Agency, tujuan dari pembentukan girlband ini adalah Kim Jong Un ingin mengubah dunia literasi dan seni Korea Utara menuju ke hal yang baru.

Berbeda dengan girlband kebanyakan yang hanya berisikan penyanyi saja, The Moranbong Band ini didukung dengan banyak pemain instrumen musik orkestra yang juga berasal dari militer sana. Jadi jangan heran, kalau dalam setiap penampilannya, The Moranbong Band ini sedikit heboh karena melibatkan banyak orang dalam satu panggung.

2. Berbeda dengan girlband pada umumnya, pakaian yang digunakan tentu saja tidak boleh sembarangan

Advertisement

Pakaian khas ala militer via uk.businessinsider.com

Anggota girlband pada umumnya sering menggunakan pakaian serta aksesoris yang nyeleneh untuk menarik perhatian. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi The Moranbong Band ini. Dalam setiap penampilan, mereka hanya diperbolehkan menggunakan seragam militer yang sudah sedikit dimodifikasi. Tambahan aksesoris seperti sepatu, topi dan perhiasan lain juga tidak boleh sembarangan. Setiap seragam beserta perlengkapan yang akan digunakan untuk tampil, tentunya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Kim Jong Un.

3. Lagu-lagu yang dinyanyikan juga harus memuat puji-pujian bagi Kim Jong Un, hanya saja dikemas dalam musik yang lebih menarik

Lagu-lagunya berisi propaganda via uk.businessinsider.com

Mengenai lagu yang dinyanyikan, juga sudah ada aturannya sendiri. Nggak ada lagu cinta-cintaan, apalagi lagu dengan tambahan music elektronik khas budaya barat. The Moranbong Band ini hanya boleh menyanyikan lagu-lagu yang berisikan propaganda dan pujian bagi pemimpin Korea Utara saja. Hanya saja setiap lagunya dikemas ke dalam musik pop agar mudah diterima khalayak secara umum.

4. Uniknya, setiap anggota girlband ini pernah diminta melakukan serangkaian diet untuk mencapai berat badan yang sama

Diet demi berat badan yang sama via uk.businessinsider.com

Bukan Kim Jong Un namanya jika tak memberikan aturan-aturan unik bagi warganya. Dalam girlband ini, Kim Jong Un juga pernah memberikan aturan untuk menyamakan berat badan setiap anggota  The Moranbong Band ini. Serangkaian diet pun harus mereka jalani demi mendapatkan berat badan yang telah ditentukan tersebut.

5. Girlband ini sempat akan melakukan konser pertama mereka di China. Sayangnya, konser tersebut harus dibatalkan karena terjerat masalah lirik lagu

Pernah mau konser di luar negeri, tapi gagal 🙁 via uk.businessinsider.com

Selayaknya girlband, The Moranbong ini juga pernah akan melakukan konser di luar Korea Utara. Pada tahun 2015 girlband ini dijadwalkan akan menggelar konser di Beijing, China. Namun, beberapa saat sebelum konser digelar, konser tersebut terpaksa harus dibatalkan karena ada beberapa lirik lagu yang dilarang oleh pemerintah China. Salah satu lirik dari lagu mereka diduga mengandung unsur anti Amerika.

Memang selalu ada yang unik dari negara komunis yang satu ini. Termasuk cara mereka mengubah dunia literasi dan seni dengan cara militerisme ini. Ya walaupun penuh aturan, semoga warga Korea Utara bisa menikmati sajian hiburan yang ditampilkan oleh The Moranbong Band ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya