Rasa-rasanya kita sudah belajar bahasa Inggris sejak duduk di bangku sekolah dasar. Tapi sampai hari ini belum juga bisa berbicara cas..cis..cus.. dengan turis, bahkan teman sendiri. Belum pula bisa menulis novel setebal Harry Potter seperti JK Rowling. Dan pastinya masih sulit menonton film Barat jika tak dialihbahasakan.

Asal kamu tahu saja, kesulitan yang kamu alami ini sama sekali bukan salahmu. Bahasa Inggris memang bahasa yang ‘buruk’ dan bahkan para penutur aslinya banyak yang sepakat dengan pendapat tersebut. Seperti dilansir Boredpanda, yang berhasil mengumpulkan candaan-candaan tentang betapa buruknya bahasa internasional ini. Kamu akan mengangguk-anggukan kepala dan bersyukur ternyata kamu tak kunjung lancar berbahasa Inggris karena alasan-alasan ‘menyebalkan’ ini.

1. Banyak kata yang penulisan dan pengucapannya mirip sampai bikin lidah kita keseleo~

Sulit! via boredpanda.com

Siap-siap beli balsam sih kalau ingin mengucapkan kalimat ini secara cepat, apalagi tanpa bernafas~

2. Mengucapkan kata sifat nggak bisa asal ceplos. 9 urutan ‘menyebalkan’ ini wajib dipenuhi!

Mampuy! via boredpanda.com

Advertisement

Salah urutan maknanya sudah beda, tapi ya apalah daya kita hanya manusia biasa. Orang-orang penutur asli bahasa Inggris pun banyak yang lupa!

3. Sangat banyak pengecualian, nggak semua kata bisa dicari ‘rumus’ cara benar mengucapkannya

Beda ‘kan? via boredpanda.com

Kalau kamu tanya kenapa bisa seperti ini, sepertinya kita harus sama-sama bertanya pada rumput yang bergoyang~

4. Ketika bahasa lainnya bilang ini buah ‘Ananas’, bagaimana bisa ini jadi ‘Pineapple’?

Ini nanas! via boredpanda.com

Mirip apel juga nggak lho padahal, masih mending bahasa Indonesia kan menamakan buah ini Nanas.

5. Kok bisa-bisanya satu kata punya dua makna berbeda dan makna itu berlawanan. Ribet deh!

Kok bisaaaaa??????? via boredpanda.com

Dan di bahasa Inggris ini istilahnya adalah kontronim, sebuah kata yang menjadi lawan kata untuk dirinya sendiri. Ribet nggak?

6. Entah bagaimana ceritanya kalimat ini bisa punya 7 makna. Coba sebutkan apa saja!

7 makna?

Daripada penasaran mencari jawaban “kok bisa?”, ini nih bocoran jawabannya. Yang nggak paham dan makin pusing loncat ke nomor selanjutnya saja ya!

Jawabannya bikin pusing via boredpanda.com

7. Hanya Tuhan yang tahu kenapa hanya suku kata depannya yang dilafalkan…

Kyoooo via boredpanda.com

Siapa yang selama ini baca kata ‘queue’ masih suka salah? Ngaku!

8. Ini yang mau tahu asal-usul kata ‘goodbye’, ternyata korban generasi alay pada suatu ketika

Hati-hati Guys! Jangan-jangan kalian akan membuat sejarah kata-kata baru dengan kealayan kalian.

9. Yang dari dulu sudah mbatin kenapa satu huruf dalam bahasa Inggris bacanya bisa beda-beda

Nggak sama blas dengan lagu ABCD yang diajarin bu guru di sekolah, sedih!

10. Kayak pernah belajar ini, ada yang masih ingat ‘that that‘ ini ada di bab apa?

itu tuh itu via boredpanda.com

Memang ribet bahasa satu ini, Dewa!

11. Kejadian ini pasti sering kamu alami saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Mama! via boredpanda.com

Penyanyinya bilang apa kamu dengernya apa, duh!

12. Mending nggak usah sok-sokan disingkat atau nggak usah sok-sok nginggris sekalian!

Bodo amaat via boredpanda.com

Buat yang sering sok-sokan nginggris sudah betul belum?

13. Ya Tuhan, mau ngucapin satu kata saja sebegini repotnya. Wajar sih kalau ‘diam itu emas’ huft!

Begitu ya bacanya, die!

14. Sorry, pengecualian ada dimana-mana termasuk untuk kata-kata plural. Kuncinya cuma hafalan!

hmmm… via boredpanda.com

Nggak ada rumus yang berlaku untuk semua di bahasa Inggris.

15. Nggak masuk logika sama sekali!

yampuuun via boredpanda.com

Cukup tahu saja lah ya!

Jadi sudah paham ‘kan kenapa belajar lebih dari 10 tahun tak kunjung membuatmu pandai berbahasa Inggris. Ini bukan salahmu! Ingat itu~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya