Saat kesal rasanya pengen pergi sejauh mungkin. Ke tempat yang cuma ada kamu seorang. Lalu di sana, berteriak sekencang-kencangnya, mengeluarkan segala unek-unek. Tapi apa daya, itu hanya bagian dari khayalan kamu. Nyatanya kamu terjebak di sepetak ruangan sempit masih dengan pikiran dan hati terbakar.

Nah, daripada diam dan membiarkan emosi meraja-lela, mending kamu dengerin lagu-lagu yang punya kekuatan mendingakan pikiran dan hati kamu. Nggak usah bingung cari lagu apa yang kira-kira easy listening. Sebab, Hipwee punya nih daftar lagu selow dengan intrumen musik yang pastinya ciamik, yang bisa bantu meredam amarah kamu yang sedang menyala. Yuk langsung disimak, gais!

1. Saat emosi meninggi, buka mata, hati dan telinga kamu untuk benar-benar meresapi Lihat Dengar Rasakan dari Sheila on 7

Sheila On 7 via www.getscoop.com

Mas-mas Sheila on 7 selalu juara untuk bikin pendengarnya terlena dengan lagu-lagunya. Nggak cuma lagu-lagu bertema kisah cinta, tapi juga lagu lain tentang persabahatan sampai yang berbau-bau religi. Salah satunya Lihat Dengar Rasakan, lagu lawas yang memang terasa universal.

Dengan lirik yang singkat dan sederhana, Lihat Dengar Rasakan mengajak kamu untuk membuka mata, hati dan telinga saat emosi meninggi. Mengingat-ingat lagi nasehat-nasehat yang pernah di dengar tentang hidup.

Advertisement

Dalam Lelahnya Mata Nikmat Dunia Menjelma
Sejenak Dia Berharap Malam Tanpa Batas
Bunda Selalu Tanamkan Jangan Pernah Meyerah
Jalani Dan Panjatkan, Kelak Syukur Kau Ucapkan
Pada Diri Nya Ku Mohonkan

2. Hidup terlalu berharga kalau cuma dilewati dengan marah-marah, mending dinikmatin sambil dengar Surrender dari Float

Jangan marah-marah, hidup kamu terlalu berharga kalau cuma diisi hal-hal kurang menyenangkan dan nggak berfaedah. Mending kamu ambil laptop, HP, atau alat pemutar lagu yang lain, terus setel deh lagunya float yang Surrende. Nikmati dan rayakan hidup kamu hari ini, persis sama liriknya float,

Let’s just celebrate today, tomorrow’s too far away

3. Emosi emang manusiawi, tapi supaya kamu lebih bisa menghadapi urusan duniawi dengan kepala dingin dengerin dulu deh Semesta dari Maliq & D’essentials. Jangan lupa diresapi juga ya!

maliq & D’essentials via www.buset-online.com

Jangan pakai alasan emosi itu manusiawi buat mendukung amarah meledak-ledak di diri kamu. Sebab sebaik-baiknya cara menghadapi segala urusan duniawi termasuk kekesalan hati ya memang harus dengan kepala dingin. Biar semakin dingin, disambil dengerin Semestanya Maliq & D’essentials aja deh. Lirik yang bercerita tentang cara kehidupan duniawi yang penuh misteri tapi perlu dihadapi, dijamin bisa membuat kamu berpikir ulang untuk memenangkan amarah.

layaknya sebuah misteri berliku jalan tak pasti
hadapi nyata duniawi mengalir air surgawi lalalaaa

4. Dunia ini keras gais! Tapi bukan berarti kamu ikut keras dengan marah-marah, mending bersyukur dan tetap ceria sambil dengar Laskar Pelangi dari Nidji

Nidji via www.unisifm.com

Kesan playfull di lagu Laskar pelangi dari Nidji ini bakal bikin kamu berpikir ulang untuk marah-marah. Di dunia yang emang keras ini, nggak seharusnya kamu ikut keras dengan amarah dalam diri sendiri. Mending ikut menari dan tertawa, hingga kesal berlalu pergi.

Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia

Setelah itu jangan lupa juga untuk bersyukur, sekalipun hari-hari yang kamu lalui tak memberikan kenyaman sepenuhnya. 🙂

5. Rehat sekejap dari Dialog Dini Hari mengingatkan kamu untuk merebahkan diri sejenak, demi menghilangkan kepenatan dan emosi yang terasa sesak

Dialog Dini Hari via mavemagz.com

Kesal itu berasal dari lelah. Karena itu, trio Bli dari Dialog Dini Hari ini mengingatkan kita untuk rehat sejenak lewat lagunya. Sebab, merebahkan diri sejenak memang salah satu cara ampuh untuk menghilangkan kepenatan, dan membuat emosi perlahan tak lagi terasa sesak. Persis denga liriknya,

Rehat sekejap, jerat nafsu menjebak nalar

Rehat sekejap, lepaskan beban buka cadar

Rehat sekejap, syukuri nikmati anugrah 

Sampai akhirnya, kebijaksanaan hati kamu muncul dan murka pun hilang.

6. Cuma hati dan pikiran yang damai, yang bisa mewujudkan harmoni, persis lagunya padi yang judulnya pun Harmoni. Makanya jangan marah-marah terus, kalem aja gais!

Lawas memang lagunya, tapi jangan salah alunan musik masih tetap easy listening di era sekarang. ditambah lirik-lirik yang metafora ini masih mudah dicerna siapapun. Malah ke-metafora-an liriknya ini menjadi kekuatan dari pesan yang dibawa. Seperti lagunya yang Harmoni ini, yang bercerita tentang seseorang yang belajar menyikapi kehidupan dengan kepala dingin dan hati yang tenang. Nggak perlu lah marah-marah. Sebab amarah serinya memang berujung pada kehancuran. Mending resapi baik-baik nih lagu dari om-om Padi,

Kita terlahir bagai selembar kertas putih

Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai

Kan terwujud Harmoni

7. Biar kamu yang marah-marah malah jadi malu dan belajar lagi untuk sabar. Langsung aja deh dengerin Cerita Tentang Gunung dan Laut Payung Teduh 😉

Payung Teduh via acara.co.id

Aku tak pernah melihat gunung menangis

Biarpun matahari membakar tubuhnya

Malu sama gunung dan laut, yang setiap hari dihantam panas-badai tak henti aja nggak pernah mengeluh apa-apa. Nah, kamu yang baru dihantam masalah seperti itu aja udah langsung marah-marah. Hehehe….

Payung teduh dengan musik akustiknya yang santai selalu bisa kamu andalkan untuk menenangkan hati dan pikiran. Ditambah, lirik-lirik lagu mereka punya rasa puitis cukup membawa kamu melankolis. Paling tidak amarah yang tadi meninggi bisa segera reda.

8. Sebelum marah-marah dengan orang sekitar kamu, coba deh ingat-ingat lagi makna keluarga lewat “tiada” dan “ada” dari lagu putih Milik Efek Rumah Kaca.

Efek Rumah Kaca via .com

Saat marah-marah bukan cuma diri kamu yang rugi, tapi juga orang-orang di sekitarmu. Mereka mengalami perasaan tak nyaman, bahkan lebih menyesakkan dari kamu yang marah-marah. Nah, sebelum itu benar-benar terjadi dan kahinya kamu sendiri yang akan nggak enak. Mending dengerin Putih dari Efek Rumah Kaca, di lagu ini kamu akan dibawa mengerti makan keluarga lewat “Tiada” dan “ada”.

Tentang akal dan hati
Rahasianya yang penuh teka teki
Tentang nalar dan iman
Segala pertanyaan tak kunjung terpecahkan

9. Marah-marah itu salah satu permainan nafsu belaka, dan kamu perlu mengendalikakannya. Mirip-mirip sama yag disampaikan Letto di lagunya yang Sejenak, yuk dengar dan disimak!

Letto via selebupdate.com

Masih ada yang ingat Letto? yang vokalisnya punya suara lembut dan agak serak-serak, dan itu membuat setiap lirik lagu yang dibawanya terasa sangat dalam. Seperti lagunya yang Sejenak yang bisa membuat kamu ingat, kalau amarah cuma permaianan nafsu belaka.

Sebelum hidupmu terhalang nafasmu
Sesudah nafsumu tak terbelenggu
Indahnya membisu tandai yang berlalu

10. Rasa dari Nosstress buat kamu berpikir ulang sebelum benar-benar hanyut dengan rasa panas di dada dan di kepala. Keep calm and listen to music 😉

Nosstress

rasa itu seperti tertahan
bagaimana caranya mengungkapkan
coba slalu terbuka
tanpa ada ganjalan di dada
Amarah boleh aja diungkapin, tapi sewajarnya aja jangan sampai teriak-teriak atau membuat orang lain tak nyaman. Atau sebelum benar-benar hanyur dengan rasa panas di pikiran dan hati, ada baiknya kamu denga rasa dari Nosstress. Trio yang juga berasal dari Bali, punya warna musik yang nggak kalah khas dair Dialog Dini Hari. Untuk urusan lirik mereka juga bisa nendang banget buat dipikirkan dalam-dalam.
hidup ini memang indah
oh tapi mengapa
terlalu banyak logika
yang mengalahkan rasa
Bagaimana masih ada yang hilang akal karena amarah? Jangan dong mending kamu dengerin aja lagu-lagu yang udah Hipwee sebutkan di atas. Lagu-lagu itu dijamin bisa bikin pikidan dan hati kamu adem ayem seketika. Keep calm and listen to music!