Satu hal yang mungkin cukup menakutkan dalam suatu hubungan adalah, tradisi berkenalan dengan orang tua pasangan. Sebenarnya bertemu dengan orangtua pasangan nggak selamanya menakutkan, tapi bagi kamu yang baru pertama kali sudah pasti mengalami kebingungan. Komunikasi jadi hal yang perlu dikuasai, apalagi bertemu orang yang jelas kamu segani. Kalau salah bicara sedikit saja bisa jadi menimbulkan kesan yang buruk.

Jadi buat kamu yang mau ketemuan dengan orangtua pasangan memang perlu persiapan yang matang, salah satunya menyediakan bahan obrolan. Tak perlu yang serius sekali, tapi bisa dengan berbasa-basi yang cukup logis. Biar calon mertua menilaimu sebagai pribadi yang komunikatif dan terbuka. Dan obrolan basa-basi itu sendiri bisa seperti yang Hipwee Hubungan uraikan di artikel kali ini.

Ingat kesan pertama selalu datang bukan dari penampilan tapi juga dari apa yang kamu bicarakan.

1. Kondisi cuaca hari ini bisa jadi perbincangan menarik, yang bisa melebar kemana-mana bahkan mungkin pengalaman orangtua pasanganmu

Om, di sini dingin ya? Hujan terus ya, Om? via unsplash.com

Musim hujan bisa jadi penyelamat kalau kalian kehabisan akal mau ngobrolin apa dengan calon mertua. Kalau cuacanya bikin suhu dingin, kamu bisa banding-bandingkan di mana kamu tinggal. Sepele banget sih, tapi siapa sangaka obrolan ringan kayak gini bikin calon mertua antusias.

2. Membangun obrolan kadang semudah membicarakan apapun yang ada di sekitar, seperti foto masa muda calon mertua yang terpajang di salah satu sudut rumahnya

Advertisement

Temboknya lucu ya, Om? via www.pexels.com

Apa yang kamu lihat, apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu dengar di sekitarmu saat berhadapan dengan calon mertua. Anggap saja kamu dengar suara kereta api, kamu pasti paham harus ngapain, apa yang harus kamu tanyakan dan apa yang harus kamu ungkapkan ketika mendengar suara kereta yang asing buatmu.

3. Jadikan adik atau kakaknya bahan obrolan, sesederhana bertanya sekolah, pekerjaan, sampai kebiasaannya mungkin….

Namanya siapa, dik?… via www.pexels.com

Pacarmu punya adik, apalagi punya adik yang masih kecil dan menggemaskan. Kalian nggak cuma bisa ngobrolan kelucuannya tapi juga menemaninya bermain. Selain bisa buat basa-basi, kamu juga bisa tunjukkan kepedulianmu pada anak kecil dengan kelembutan yang kamu berikan padanya.

4. Membicarakan lingkungan tempat tinggal keluarga mereka, mulai dari tradisi sampai suasananya pun sah-sah saja

Nggak perlu bawa peta juga sih… via www.pexels.com

Paling simpel dan pasti menarik orang tua pasanganmu untuk membalas pertanyaanmu. Bahas soal daerah di mana dia tinggal, kalau kebetulan kamu paham daerah itu, kamu bisa ngobrolin hal seputar ini. Nggak bakal garing…

5. Biarpun random, cerita pengalamanmu kesasar saat ke rumahnya bisa saja terdengar lucu dan akhirnya mencairkan suasana

Padahal cuma basa-basi aja… via www.pexels.com

Rute perjalanan jadi bahasan menarik, kamu bisa berlagak bodoh untuk menanyakan rute yang benar untuk menuju rumah calon mertua. Nggak ada salahnya juga cerita pengalaman hampir kesasar, siapa tahu itu bisa membuat ayah atau ibunya tertawa. Bukannya itu jadi nilai tambah, membuat suasana lebih cair, sekalipun kamu jadi bahan tertawaan.

6. Ngobrol sambil nonton TV, jadi alternatif paling menarik, apalagi kalau yang kamu dan ayahnya tonton itu program TV favoritnya

Lagi santai ya, Om? Nonton apa, Om? via www.unsplash.com

Nggak ada habisnya kalau bicara soal tren, atau sesuatu yang viral. Melihat calon mertua sedang asyik nonton tv bisa kamu jadiin bahan buat basa-basi, dari ngobrolin program sampai kasih tahu hal-hal keren yang orang tua pacarmu belum tahu. Kamu anak muda kekinian pasti pinter lah bikin obrolan jadi menarik tentang media.

7. Beruntung kalau keluarga pasanganmu punya hewan peliharaan, sebab ini juga bisa jadi bahan pembicaraan

Ini usia berapa tahun, Om? Lucu banget… via www.pexels.com

Kalau orang tua pacarmu pelihara anjing, baiknya kamu paham soal dunia anjing. Hewan peliharaan menjadi semcam kunci ajaib untuk membuka obrolan yang bikin calon mertua betah lama-lama ngobrol denganmu.

8. Awalnya tanya pekerjaan orangtua pasangan, selanjutnya bisa meminta nesehat soal karir masa depan, biar mereka merasa dijadikan panutan olehmu

Dulu sempet pengen sih Om kerja di perusahaan semacam itu… via www.pexels.com

Apa pekerjaan orang tua pasangan? Kalau kamu sudah paham betul, mending kalau mau basa-basi pakailah topik yang nggak jauh-jauh dengan latar belakang pekerjaan calon mertua. Daripada kamu bingung, mending ngobrolin yang kamu kuasai deh, jangan sok pintar dan membangun topik di luar kemampuan dan minat calon mertua…

9. Nggak ada salahnya juga ngobrolin hal-hal yang belum kamu pahami dari pasanganmu ini, entah sikap, sifat atau kebiasaannya sehari-hari

Nggak nyangka banget, Om… saya kira dia pendiem… via www.pexels.com

Orang tua pasti tahu aib-aib nyeleneh pasangan yang belum kamu paham. Kamu bisa tanyakan ke orang tua pasanganmu itu, sekadar becandaan biar suasana nggak tegang. Nggak usah ngobrolin hal yang serius, karena orang tua pacar juga belum begitu paham dengan dirimu.

10. Namanya juga orangtua, obrolan sembako pasti membuat mereka antusias

Di tempatku garam naik hampir 100% harganya, kasihan yang jualan makanan juga kan, Tante… via unsplash.com

Jangan anggap remeh pengetahuanmu tentang sembako, itu berharga buat kamu kalau suatu waktu bertemu dengan orang tua pasangan. Basa-basi dengan bahan yang ringan seperti ini bisa membuat orang tua pacar tertarik, karena mereka pasti peduli dan paham dengan sembako, dan kebutuhan pokok lain. Simpel dan tentunya nggak sulit, kan?

Nah, beberapa gaya basa-basi di atas mungkin nggak bisa menyelamatkanmu dari ketakutan, tapi kamu bisa coba sekadar untuk membangun topik yang menarik perhatian mereka. Kamu bisa coba cara lain, tapi yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah pahami latar belakang orang tua pasangan. Sejutek-juteknya calon mertua kalau kalian tahu celahnya, mereka pasti membuka hati dan hubunganmu dengan pasangan pasti aman

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya