Perpisahan dalam hubungan memang kadang tak bisa dihindari. Setelah terus-menerus saling curiga atau berkelahi, kamu dan dia pun sadar bahwa hubungan itu memang tak dapat diselamatkan lagi. Masing-masing dari kalian menyandang gelar ‘mantan’. Lalu dimulailah babak baru: babak untuk saling melupakan.

Lalu bagaimana kamu tahu bahwa kamu benar-benar telah melewati babak itu? Apa tandanya ketika kamu sudah benar-benar siap membuka episode baru di hidupmu?

Sebenarnya ada beberapa hal yang akan kamu rasakan ketika sudah tak lagi berada di bawah bayang-bayang mantan. Yup — kamu yang sudah merasakan hal-hal di bawah ini layak mengklaim diri tak galau lagi.

1. Bukannya kamu sudah tidak lagi memikirkan mantan. Hanya saja, memikirkan dia takkan mampu membuatmu merasa rindu atau ingin berbaikan

tidak ada pikiran tentangnya yang terlintas di kepala via favim.com

Mantan pasangan adalah orang yang pernah berbagi kehidupan denganmu di masa lalu. Wajar saja jika sosoknya sudah begitu terpatri di kepalamu. Bahkan setelah kalian resmi berpisah, suara tawa atau senyumnya masih sekali-sekali mampir di bayanganmu.

Advertisement

Hanya saja, kamu tidak lagi merasa rindu pada sosoknya yang jauh itu. Tak ada pula hasrat untuk mendapat perhatiannya, menjadi “korban” kejahilannya, atau menggenggam tangannya seperti dulu. Semua ini karena kamu tak lagi merasa hampa dalam hatimu.

Boro-boro merasa kosong, kamu sadar bahwa masih banyak hal penting lainnya yang menjadi fokus dalam hidupmu. Ada beban pekerjaan yang harus dituntaskan, ada sekolah yang masih harus dipertanggungjawabkan… Dengan semua kesibukan ini, bayangan mantan hanya menjadi semacam “rutinitas kosong” dalam kepala. Muncul sewaktu-waktu, namun akan selalu kamu biarkan berlalu.

2. Sebagai manusia yang punya hati, kamu tentu berharap ia baik-baik saja. Namun, sudah tak ada lagi impuls untuk rutin mencari tahu kabarnya

tidak ada lagi pertanyaan yang berkecamuk di dalam dada via rosemales.com

Kamu pun juga tidak lagi ingin begitu tahu tentang kondisi dirinya saat ini. Membuka akun media sosialnya demi memantau kegiatannya tiap waktu adalah hal yang begitu asing di telingamu kini. Pun, tidak ada lagi aktivitas bertanya kepada kawan dekatnya mengenai keadaannya yang terkini. Itu semua karena kamu sudah tak begitu peduli. Bukan kepadanya kamu berlabuh, hatimu sudah menarik jangkarnya dan siap untuk mencari pelabuhan yang baru.

3. Kamu tidak jijik, marah, atau melankolis saat dihadapkan pada kenangan. Perasaanmu biasa saja ketika menemukan lagu, film favorit, serta barang pemberian mantan

mendengarkan lagu kenangan tidak membuatmu gentar via quoteimg.com

Ketika lukamu masih basah dan belum pulih benar, maka hal-hal yang sarat kenangan bisa jadi cuka yang membuatnya semakin perih. Namun ketika kamu sudah mati rasa, semua kenangan yang berwujud barang, lagu, maupun film kesayangan kalian bukanlah hal yang memiliki andil besar. Kamu sudah biasa saja, bahkan melihat barang pemberiannya dan mendengarkan lagu kenangan bisa kamu nikmati tanpa terselip rasa pedih maupun sakit hati.

4. Kamu juga sudah berani menapakkan kaki ke tempat-tempat yang sarat dengan memori

kamu sudah berani menapakkan kaki ke tempat sarat memori via imgarcade.com

Hatimu bebas, sebebas kemanapun kakimu melangkah. Tidak ada lagi tempat yang dihindari karena keangkerannya yang membawa sejuta kenangan bersama mantan. Pergi ke tempat yang dulu pernah kamu hindari tidak akan membawa pengaruh apapun kepada dirimu sekarang ini. Bagimu, kenangan akan mantan bukan lagi hal yang menyulitkan dan perlu untuk dipikirkan. Dia hanyalah bagian dari kenangan yang telah habis masa berlakunya.

5. Namanya bukan lagi kata ampuh yang bisa menghangatkan batinmu. Namanya biasa-biasa saja, layaknya nama miliaran manusia lainnya di dunia

namanya hanyalah nama biasa via driverlayer.com

Ketika kamu belum siap melepas dia yang dulu pernah menjadi pusat semestamu, mendengar namanya saja akan dengan mudah menggoyahkan duniamu. Namanya bisa dengan ampuh membawa rasa sakit hati serta kenangan lawas. Berbeda ketika kamu sudah siap melangkah ke masa depan dan meninggalkan mantan di belakang, namanya hanyalah sebuah nama. Bahkan kamu akan dengan entengnya bercanda dengan kawan-kawan seperjuangan dengan melibatkan namanya serta keadaanmu bersama dirinya di masa lalu tanpa ada tendensi apapun.

6. Kamu bisa menikmati apa yang sedang kamu lakukan saat ini. Harimu tidak terasa kosong karena kamu asyik menggeluti hobi

kamu menikmati apa yang kamu lakukan via favim.com

Dengan atau tanpa dia, kamu menikmati segala hal yang kamu geluti sekarang ini. Kegiatanmu terasa ringan dan tidak ada sesuatu yang memberatkan ketika kamu teringat akan mantan. Kamu menyadari penuh bahwa kamu dan dia memang harus berpisah jalan dan menekuni dunia masing-masing demi kebaikan.

7. Bukan dia lagi yang menjadi topik perbincangan dengan teman-teman. Entah dari rumah, sekolah, pekerjaan, atau bahkan sesuatu yang kamu lihat di jalan — kamu selalu punya cerita lain untuk dibagikan

banyak hal lain yang bisa diperbincangkan bersama sahabat via beatlesgirl89.wordpress.com

Ketika kamu belum benar-benar bisa berpaling darinya, mantan bisa menjadi topik yang selalu diangkat dan diperbincangkan bersama sahabat. Namun, ketika semuanya dirasa telah usai dan rasa yang kamu miliki tandas tak berbekas, dengan sendirinya kamu juga akan berhenti membicarakannya. Kamu akan lebih memilih untuk berbicara mengenai hal-hal baru yang saat ini sedang menarik minatmu dan ingin diitumpahkan serta diperdengarkan kepada para sahabat.

8. Tidak ada rasa cemburu atau pilu saat melihatnya bersama dengan gandengan baru

tidak ada rasa pilu maupun cemburu via messycyrus.tumblr.com

Hatimu sudah bebas karena segala tindak tanduk mantan tak lagi memegang kendali. Segala tingkah lakunya tidak akan membawa efek yang berarti pada kehidupanmu maupun suasana hatimu sekarang ini. Termasuk ketika dia sudah membawa serta gandengan barunya. Hatimu tidak diliputi rasa cemburu maupun pilu, karena kamu sudah menyadari bahwa hatimu memang sudah tak lagi menganggapnya sebagai poros hidupmu.

9. Kamu pun sudah mengerti betapa sia-sianya menyimpan dendam. Jika harus berhubungan kembali, kamu pun siap menjadi seorang rekan

kamu sudah bisa membuka hati via www.gopixpic.com

Selain tidak menyimpan rasa cemburu, kamu juga sudah tak lagi mendendam. Segala kekecewaan dan sakit hati sudah melebur dan meluruh. Kamu menganggapnya sebagai bagian dari masa lalu yang sudah memberikan banyak pelajaran berharga bagimu. Bahkan, kamu mampu membuka hati dan menjalin hubungan baik dengannya sebagai seorang rekan.

10. Segala hal kamu lakukan karena menyenangkan, bukan karena kamu butuh pelarian

kamu sudah tidak sibuk mencari pelarian via funny-pictures.picphotos.net

Berusaha sesegera mungkin mencari sosok pengganti dirinya bukan merupakan tanda bahwa kamu siap untuk berpindah ke hati yang baru. Hal ini justru makin menunjukkan bahwa sebenarnya kamu belum siap melepas mantan bersama segala kenangan. Jika memang kamu sudah siap melepas segala kegalauan yang selama ini menyelimuti hatimu, kamu tidak akan cepat-cepat terfokus pada pencarian sosok pendamping yang baru. Lukamu belum sembuh benar dan makin terlihat rapuh jika hanya mencari sosok pengganti supaya kamu terlihat kuat dan tegar dari luar.

11. Kamu tak akan mencari sosok mantan dalam diri pacarmu yang sekarang — karena memang tidak ada!

kamu tidak akan mencari sosok mantan di dalam diri pacar barumu via wywypam.freeiz.com

Memiliki pacar baru tidak menjamin bahwa kamu sudah benar-benar siap berpindah ke rumah dan hati yang baru. Luka hatimu baru bisa dinyatakan pulih ketika kamu tidak mencari pacar baru yang secara fisik mirip dengan mantanmu, atau punya sifat-sifat jelek yang sama dengan sifatnya. Kamu pun tidak membandingkan keduanya maupun tidak mencari sosok mantan di dalam diri pacarmu yang sekarang ini. Hal itu adalah ciri utama bahwa kamu memang sudah siap melepas segala hal yang berhubungan dengan mantan.

Jadi, sudah siapkah kamu melangkahkan kaki ke masa depan dengan tidak turut serta membawa kenangan akan dirinya yang dulu pernah ada di pelukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya