Patah hati memang nggak ada enak-enaknya. Saat patah hati melanda, semua hal-hal bagus di dunia ini rasanya lenyap entah ke mana. Pizza yang biasanya enak juga bisa terasa hambar dan menyebalkan. Bukan dunia yang salah, tapi kamu yang sedang berada dalam rasa yang salah. Seharusnya hatimu sudah melepaskan, tapi ternyata namanya tertanam begitu dalam.

Untuk kamu yang sedang patah hati, quote-quote ini bukan hanya akan membuatmu semangat untuk bangkit lagi, tapi juga membuatmu kosa kata bahasa inggrismu bertambah. Meski patah hati parah, biarkan ilmu juga bertambah.

1. Seburuk apapun patah hati yang kamu rasakan, dunia tidak pernah berhenti untuk kesedihanmu – Faraaz Kazi

no matter how bad via www.pinterest.com

Dari quote ini kamu bisa belajar bahwa: separah apapun kamu patah hati, dunia tidak akan berhenti untuk kesedihanmu. Jadi jangan biarkan kesedihanmu berlangsung terlalu lama, karena banyak hal yang bisa kamu lewatkan dan sia-siakan.

Notes: Dalam konteks kalimat di atas, grief bisa diartikan kesedihan.

2. Biarkan air matamu keluar, biarkan ia menyirami jiwamu – Eileen Mayhew

Advertisement

let your tear come via www.pinterest.com

Patah hati memang sakit. Nggak ada yang bilang patah hati itu menyenangkan. Karena itu, menangis saat hatimu terluka bukan hal yang tak wajar. Biarkan kesedihamu mengalir bersama air mata, siapa tahu bisa sekaligus membasuh luka, dan menyirami hatimu.

Notes: Water memang artinya air. Tapi di sini, water bisa berarti menyirami.

3. Awal yang baru sering tersembunyi dalam akhir yang menyakitkan – Lao Tzu

New beginnings via www.feelthereliefstore.com

Menurut Lao Tzu, sebuah awal yang baru bisa saja tersembunyi dalam akhir yang menyakitkan. Terkadang kita hanya terpaku pada kesedihan saat putus cinta, tapi lupa bahwa ada awal baru yang sudah siap untuk kita mulai.

Notes: Jangan lupa ya, disguised adalah verb kedua dari disguise yang artinya tersembunyi atau tersamar.

4. Terkadang sesuatu yang bagus harus berakhir supaya hal yang lebih baik bisa datang – Marlin Monroe

Belajarlah dari quote Marlin Monroe ini. Nggak perlu sedih lama-lama. Percayalah bahwa patah hati bukan akhir segalanya. Di depan sana, hal yang lebih baik sudah menunggumu.

5. Kesedihanmu akan segera berlalu bersama waktu – Jean de la fonaine

Sadness via m.wishafriend.com

Kesedihanmu akan segera berlalu bersama waktu. Percaya saja bahwa waktu akan menyembuhkan segala jenis luka. Kamu hanya perlu tabah dalam menjalaninya.

6. Dia yang terluka begitu dalam adalah dia yang bisa mencintai begitu besar – Joyce

Loving greatly via quotesgram.com

Dari quote ini kamu bisa belajar bahwa seseorang yang begitu dalam terluka, adalah orang yang bisa mencintai begitu dalam. Karena luka yang dalam pasti disebabkan oleh cinta yang begitu besar.

7. Jangan Pernah Menyesal. Jika hasilnya bagus, itu menakjubkan. Tapi bila berakhir buruk, jadikan pengalaman saja – Victoria Holt

Never regret via personalexcellence.co

Jika berakhir bagus, rasanya akan menakjubkan, tapi jika buruk, cukup dijadikan pengalaman. Victoria Holt mengajari kita untuk selalu berani mengambil risiko. Karena segala yang kita rencanakan selalu punya dua kemungkikan antara berhasil atau gagal. Kamu bukan orang satu-satunya.

8. Penolakan adalah cara Tuhan untuk mengatakan ‘kamu salah jalan’

Saat kamu begitu putus asa karena merasakan sakitnya luka, ingat quote di atas. Ada kalanya kamu sudah berusaha begitu keras, tapi hasilnya tetap gagal, itu berarti memang bukan jalanmu.

9. Sebuah hati yang kosong jauh lebih buruk, karena hati yang patah selalu bisa disembuhkan

broken heart can always be mended via www.jarofquotes.com

Semua orang pernah patah hati. Itu wajar dan sudah menjadi hal yang biasa. Justru bagus, karena artinya hatimu masih berfungsi merasakan cinta dan luka.

Notes : Mended berasal dari kata mend yang artinya memperbaiki. Untuk kata kerja betuk duanya, mended, artinya jadi diperbaiki.

10. Jangan biarkan seseorang menjadi prioritasmu sementara dia hanya menjadikanmu opsi semata – Mark Twain

your priority via www.thequotepedia.com

Jangan lama-lama menangisi kepergian seseorang yang memang nggak layak untuk kamu pertahankan. Ingat, bahwa di luar sana ada orang yang bersedia menjadikanmu prioritasnya.

Notes : Sudah tahu artinya option kan? Pilihan, dalam kata benda. Kalau kata kerja, kamu bisa memakai choose yang artinya memilih atau memutuskan.

11. Menangis. Memaafkan. Belajar. Move On. Biarkan air matamu menyirami benih-benih kebahagiaan masa depanmu – Steve Maraboli

cry, forgive, learn, and move on via www.quotes-central.com

Setiap kehidupan ada tahapannya. Seperti bagaimana kamu lahir, tumbuh, dewasa, dan mati, begitu juga patah hati. Saat ini mungkin rasanya sakit sekali. Tapi anggap saja ini adalah bagian dari pendewasaanmu. Di depan sana kebahagiaan sudah menunggu.

Notes : seeds sendiri artinya benih atau bibit?

12. Aku merindukanmu, meski tidak selalu berarti aku ingin kamu kembali. Terkadang itu hanya berarti bahwa kamu muncul di pikiranku, dan kuharap kamu baik-baik saja

i miss you via quotesgram.com

Melupakan dia yang perna memberikan kebahagiaan memang nggak mudah. Terkadang kamu merindukan dirinya, dan segala tentang kenangan tentang kalian. Bila ini terjadi, cepat-cepatlak yakinkan dirimu sendiri, bahwa rasa rindu itu bukan karena kamu ingin dia kembali. Kamu hanya penasaran dengan keadaannya dan berharap baik-baik saja.

Notes : Crossed my mind berarti terlintas di pikiranku.

Sebenarnya hidup ini bisa disimpulkan dalam kalimat sederhana: it goes on. Dunia tidak akan berhenti berputar saat kekasihmu pergi meninggalkanmu. Hidup terus berjalan dan menunggumu untuk kembali berjuang. Jangan terlalu terpaku pada luka. Ingat saja bahwa seiring berjalannya waktu, badai hidupmu itu pasti akan berlalu.