Hampir semua perempuan memiliki keinginan untuk menikah di waktu yang tepat. Meskipun begitu, menikah bukanlah hal yang sepele. Dibutuhkan banyak persiapan agar kita semakin mantap untuk melenggang ke jenjang pernikahan.

Modal pernikahan juga bukan cuma perkara materi semata, tapi juga butuh modal-modal lain untuk  bisa menjadi seorang istri yang baik, termasuk skill dan kualitas diri kita. Nah, sekarang Hipwee akan membeberkan tips buat kamu yang ingin menjadi istri idaman. Simak yuk!

1. Kamu harus bisa menciptakan kecocokan dengan pasangan

Ciptakan kecocokan

Ciptakan kecocokan via www.amore-tarocchi.com

Rasa kecocokan ini adalah salah satu kunci agar kamu dan suamimu nanti bisa membangun sebuah rumah tangga yang harmonis. Sebuah kecocokan itu nggak bisa tiba-tiba muncul, tapi kamu harus menciptakannya dengan cara meningkatkan kualitas hubunganmu dengannya.

Kalaupun dulunya kamu udah lama pacaran dengan pasangan bukan berarti ketika menikah nanti kamu bisa langsung cocok sebagai suami istri. Kamu tetap harus menciptakan rasa kecocokan itu terus menerus, dengan berbagai cara. Mulai dari memperbaiki kualitas komunikasi sampai menjaga kemesraan setiap harinya. Jika kamu dan dia sudah sama-sama cocok, maka kalian berdua bisa jadi sepasang suami istri yang benar-benar saling melengkapi.

2. Kamu harus bisa terbuka padanya

Advertisement
Kamu harus bisa terbuka padanya

Kamu harus bisa terbuka padanya via woodyallenwednesday.com

Terbukalah pada pria yang menjadi tambatan hatimu nanti. Seorang pria akan merasa nyaman dan percaya pada perempuan yang terbuka pada dirinya. Jangan berbohong dan tertutup, karena itu akan membuatnya curiga. Sebuah hubungan yang sukses adalah hubungan yang dilandasi oleh rasa saling percaya di antara kedua belah pihak.

Jangan takut untuk berbagi cerita bersamanya. Buatlah dia yakin padamu bahwa kamu akan selalu ada di samingnya apapun yang akan terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa terus mempertahankan komunikasi yang baik di antara kalian berdua.

3. Jangan Gengsi Untuk Menunjukkan Rasa Sayangmu

Tunjukin rasa sayangmu

Tunjukin rasa sayangmu via www.svadbeivjencanja.ba

Kadangkala kita memiliki rasa gengsi untuk menunjukkan rasa sayang ke pasangan kita. Mungkin saja kita melakukannya karena malu dan sedang berusaha untuk tidak mengumbar kemesraan di depan umum. Tapi sebaiknya kamu harus tahu kapan saatnya harus gengsi dan kapan saatnya kamu harus menunjukkan rasa sayangmu.

Kamu tidak harus menunjukkan rasa sayangmu itu dengan kata-kata, tapi tunjukkan dengan perhatian dan perlakuan. Jangan pernah menyembunyikan rasa sayangmu, karena pasanganmu bukanlah pembaca pikiran. Dia tidak akan pernah tahu kamu benar-benar sayang atau tidak kalau kamu enggan menunjukkannya.

4. Jangan jadi pasangan yang posesif

Jangan posesif

Jangan posesif via horoszkopelemzes.hu

Kamu harus sadar bahwa setiap orang punya kehidupannya masing-masing. Meskipun kamu nanti sudah menikah dan hidup bersama, bukan berarti semua sisi kehidupannya bisa kamu atur-atur. Bagaimanapun juga kamu harus memberinya ruang tersendiri. Selain kamu, dia juga punya orang-orang lain dalam hidupnya seperti keluarga dan teman-temannya.

Protektif pada pasangan itu bagus, tapi jangan berlebihan karena itu akan membuatnya merasa terkekang. Berilah dia kebebasan untuk melakukan apa yang ingin dia lakukan dan jangan pernah membatasi ruang geraknya selama semua itu adalah hal yang wajar.

5. Jadilah perempuan yang berkualitas

Punya kualitas yang baik sebagai seoarang istriT

Punya kualitas yang baik sebagai seoarang istriT via www.meltyfashion.fr

Kalau ingin jadi istri idaman, wajib bagimu untuk jadi perempuan yang memiliki kualitas bagus. Kualitas bagus disini bukan berarti memiliki paras cantik dan tubuh yang seksi, tapi yang dimaksud adalah hati dan perilaku.

Seorang pria pastinya menginginkan seorang istri yang berperilaku positif. Kamu harus bisa menjadi seorang perempuan yang bisa diandalkan oleh suamimu nanti. Semua hal-hal positif yang ada pada dirimu akan membuatnya merasa sangat nyaman berada di sampingmu.

6. Kamu juga harus handal soal mengurus rumah

Handal soal rumah

Handal soal rumah via www.kakprosto.ru

Seorang istri udah wajib bisa mengurusi soal rumah tangga, seperti memasak dan bebersih rumah. Jangan menganggap kalau seorang istri yang baik itu sama halnya jadi seorang pembantu. Peran seorang istri yang paling utama adalah mengurusi suami dan keluarganya. Dan rumah adalah tempat dimana keluargamu tinggal, oleh karena itu kamu wajib untuk bisa mengurusinya.

Meskipun kamu bisa menyewa pembantu, tapi jauh lebih baik kalau kamu juga bisa melakukannya sendiri. Kamulah yang bertanggung jawab untuk bisa menciptakan suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sehat bagi keluargamu.

7. Jangan lupa untuk memberi kejutan

Jangan cuek. Beri dia kejutan

Jangan cuek. Beri dia kejutan via pcgmitarbeiter.blogspot.com

Kamu juga harus tahu cara-cara untuk membuat suamimu nanti nggak merasa bosan denganmu. Berusahalah untuk bisa membuat hubunganmu dengan suami lebih berwarna. Salah satunya adalah dengan memberinya kejutan-kejutan kecil.

Berilah dia kejutan ketika ulang tahun, atau buatkan masakan spesialmu untuk menyambutnya pulang dari kantor. Meskipun hanya kejutan kecil, dia pasti akan menyukainya, karena dia akan merasa spesial dan senang diperlakukan seperti ini.

8. Bisa menjaga penampilan

Berpenampilah cantik untuk suamimu..

Berpenampilah cantik untuk suamimu.. via www.nattstad.se

Kalau udah sayang sih mau berpenampilan seperti apapun juga bakalan tetep sayang.  Tapi bukan berarti kamu jadi langsung nggak perduli dengan penampilanmu di hadapannya. Meskipun saat menikah nanti kamu akan bertambah gendut dan bentuk badan nggak sebagus dulu lagi, tapi setidaknya kamu masih bisa menjaga penampilanmu agar tetap terlihat menarik di mata suamimu nanti.

Ini juga bisa mencegah agar dia nggak berpaling pada perempuan lain yang terlihat lebih cantik di hadapannya. Meskipun kamu percaya dia adalah laki-laki yang setia dan nggak mungkin selingkuh, tapi nggak ada salahnya bukan kalau kamu berpenampilan cantik untuk suamimu sendiri?

9. Jangan terlalu cerewet

Jangan terlalu cerewet

Jangan terlalu cerewet via www.p4.no

Cerewet mungkin jadi salah satu sifat dasar perempuan, terutama seorang istri atau ibu-ibu. Mungkin sebagian besar laki-laki pun sudah memakmulinya. Tapi tetap saja, sebenarnya mereka sangat malas ketika harus mendengarkan ocehan dan omelan pacar atau istrinya. Jangan terlalu cerewet kepada pasanganmu karena itu sangat mengganggunya.

Ketika kamu hendak memberi masukan, kamu bisa mengubahnya dengan cara yang lebih santai dan lembut. Kalau kamu sedang marah padanya, lebih baik kamu menahan emosimu dulu hingga reda, baru berbicaralah padanya. Kecerewetanmu itu bisa-bisa membuat suasana menjadi semakin kacau.

10. Kamu juga harus bisa menjaga diri sendiri

Menjaga diri sendiri

Menjaga diri sendiri via www.theunlost.com

Seorang perempuan yang mandiri adalah idaman bagi semua pria. Meskipun saat menikah nanti pria berkewajiban untuk melindungi dan menjaga istrinya, tapi seorang istri juga harus bisa menjaga diri sendiri. Menjaga diri disini juga termasuk menjaga kesehatan dan berusaha menyelesaikan masalah personal.  diri sendiri. Dengan cara ini secara tidak langsung kami akan meringankan beban suamimu kelak.

11. Jangan pelit untuk memberi pujian padanya

Pujian membuatnya senang

Pujian membuatnya senang via academy-of-photography.com

Semua orang pasti senang jika hasil usahanya diapresiasi. Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan pujian pada suamimu setiap kali dia melakukan tugasnya sebagai seorang suami. Memberikan pujian akan membuatnya senang dan memberikannya rasa dihargai. Meskipun sepele, ini sangat perlu untuk kamu lakukan nanti.

12. Menjaga romantisme

Menjaga kermantisan itu perlu

Menjaga kermantisan itu perlu via intermedia.ge

Penting bagimu untuk memiliki keahlian untuk menjaga romantisme dalam hubungan. Kamu pasti ingin menikah sekali dalam seumur hidup, jadi kamu harus tahu cara-cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Rasa bosan dengan pasangan seringkali hinggap dalam sebuah hubungan yang sudah berjalan lama. Melakukan hal-hal romantis pada pasangan akan membawa atmosfer yang baru juga pada hubungan yang tengah dijalani.

13. Belajar untuk selalu memprioritaskannya

Jadikan dia prioritasmu

Jadikan dia prioritasmu via www.taryncoxthewife.com

Kalau dulu kamu hanya memprioritaskan diri sendiri, kamu harus mulai belajar untuk memprioritaskan suamimu juga. Sebagaimana tanggung jawab seorang istri yang harus meladeni suaminya. Biarkan dia tahu bahwa dia adalah orang terpenting di dalam hidupmu.

14. Jangan mencoba untuk mengubahnya

Jangan mengubahnya

Jangan mengubahnya via www.lulabelleblog.com

Meski pasangan memiliki kepribadian yang bertolak belakang denganmu, jangan mencoba untuk mengubah dirinya. Mengajak pasangan untuk menuju ke arah yang lebih baik memang sangat patut untu dilakukan. Tapi jangan mencoba untuk mengubahnya ketika itu benar-benar membuatnya merasa tidak nyaman dengan perubahan tersebut. Terimalah dirinya dan berusahalah untuk berdamai dengan itu.

15. Berterus teranglah dengan apa yang kamu mau

Jangan selalu menuntut untuk terus dimengerti, dan jangan biarkan dia selalu menerka-nerka apa yang kamu inginkan. Ini memicu timbulnya miss communication. Jangan berpikir karena dia udah menjadi pasanganmu dalam waktu yang lama, lantas dia pasti tahu apa yang kamu suka dan inginkan. Sebelum terjebak dalam kesalah pahaman, alangkah lebik baiknya jika kamu berbicara padanya secara blak-blakan tentang apa yang kamu inginkan.

16. Belajar untuk selalu percaya padanya

Percayalah padanya

Percayalah padanya via www.goziyan.com

Seperti yang udah Hipwee katakan tadi, bahwa sebuah hubungan yang baik adalah hubungan yang dilandasi oleh rasa saling percaya. Belajarlah untuk selalu pempercayainya sebagai kepala rumah tanggamu, dan biarkan dia tahu. Mempercayainya sama halnya dengan memberinya dukungan untuk bisa menjadi seorang kepala rumah tangga yang bertanggung jawab.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi seorang istri idaman, ada baiknya jika kamu terus memperbaiki diri dengan hal-hal di atas. Peran seorang istri itu sangat penting bagi seorang suami, oleh karena itu kita harus sadar diri agar kita bisa menjadi seorang istri yang  hebat bagi suamimu kelak. Seperti kata orang-orang, “Dibalik seorang pria yang sukses, ada wanita hebat di sampingnya.”