Masa PDKT (pendekatan) adalah momen krusial yang menentukan arah kedekatan kalian. Mungkin selama ini dia selalu menawarkanmu bantuan, sering menanyakan kabar, bahkan menemanimu makan malam. Perhatian lebih yang kamu rasakan darinya akan membuatmu bertanya-tanya:

“Sebenarnya dia suka sama aku gak sih?”

Alih-alih bahagia karena akhirnya dia jadi kekasihmu, kadang kamu malah sakit hati karena dia melenggang pergi dan selama ini kamu hanya merasa kegeeran. Nah, sebelum kamu menjadi korban ekspektasimu sendiri alias korban PHP, kamu wajib tahu tanda-tanda orang yang tulus mendekatimu. Sebelum kamu berharap terlalu tinggi, alangkah baiknya kamu pahami “kisi-kisi” dari Hipwee ini!

1. Baginya, kehadiranmu adalah kebahagiaan. Senyuman tulus tak akan hilang dari wajahnya tiap perjumpaan.

Dia akan sering tersenyum saat bertemu denganmu via www.natcom.org

Seseorang yang tertarik padamu akan selalu berusaha tersenyum saat berada di sekitarmu. Entah karena dia senang berada di dekatmu atau dia hanya sedang berusaha terlihat manis di depanmu. Senyuman juga bisa kamu jadikan tanda untuk melihat apakah seseorang tertarik padamu dari pandangan pertama. Jika ada lawan jenis yang memperhatikanmu kemudian tersenyum manis, bisa jadi dia ingin mencoba berkenalan denganmu. Nah, jika ada seseorang yang berusaha mendekatimu dan nampaknya kamu tertarik padanya, jangan terlalu jual mahal ya. Cobalah membuka diri dan biarkan dia mengambil hatimu dengan cara yang lebih.

2. Jatuh cinta tak hanya membuatnya merasa senang, sesekali dia juga tersipu-sipu malu di depanmu.

Advertisement

Dia akan tersipu-sipu malu via imgkid.com

Tersipu-sipu bisa jadi tanda yang jelas kalau orang itu sedang berusaha mendekatimu. Setiap kamu berada didekatnya dan berusaha memulai percakapan, muka dan badannya tiba-tiba berubah jadi merah.

Hubungan antara dia tersipu-sipu dan sedang berusaha mendekatimu sudah terbukti secara psikologis. Secara ilmiah, tersipu adalah bentuk respon terhadap kejadian di luar tubuh yang membuatmu malu atau cemas. Rasa malu dan cemas ini menimbulkan reaksi pada tingkat adrenalin dan detak jantung, yang kemudian berakibat pada kencangnya aliran darah di tubuh. Bagian tubuh yang paling sering terlihat memerah saat tersipu adalah pipi dan leher. Bagi beberapa orang yang kulitnya sangat terang bahkan warna merah tersebut bisa menyebar ke seluruh badan. Jadi, gak ada salahnya kamu coba perhatikan dari sekarang.

3. Dia yang tertarik padamu, tidak akan jelalatan saat kalian berbincang. Dia justru akan melihat matamu dengan dalam dan penuh perhatian.

Dia akan menatap matamu dalam via activerain.trulia.com

Orang yang benar-benar ingin dekat denganmu akan memandang matamu dengan tegas saat kalian berbincang. Seakan kamu jadi pusat perhatiannya, sementara apapun yang terjadi di luar sana tak penting lagi untuk dilihat. Hal ini dikarenakan melihat langsung kedalam mata adalah respon psikologis yang menunjukkan kalau mereka memang tertarik dan ingin memberikan perhatian padamu. Jika kamu bisa melihat matanya dari jarak dekat, kamu juga bisa amati pupil matanya. Jika pupil matanya membesar, itu tandanya dia memang sedang mendekatimu dan tertarik dengan sungguh-sungguh.

4. Pria yang bertolak pinggang bukan berarti sombong, dia hanya ingin kamu tertarik dan melihat sisi maskulinnya.

Orang PDKT seirng bertolak pinggang via kara-suma.tumblr.com

Selain mata, kamu juga bisa mengamati gestur tubuhnya untuk tahu apakah dia benar-benar tertarik denganmu atau tidak. Buat kamu para cewek, cobalah perhatikan dimana gebetanmu meletakkan tangan mereka saat berdiri. Jika dia meletakkan tangan di sekitar pinggang, maka besar kemungkinan dia menyukaimu. Karena survey membuktikan bahwa pria yang meletakkan tangan mereka di pinggang sebenarnya sedang ingin membuat diri mereka lebih terlihat. Bahasa tubuh yang satu ini juga menunjukkan sisi maskulin dan kejantanan pria. Maka, bisa di simpulkan dengan melakukan gerakan tubuh satu ini, artinya pria itu menunjukkan bahwa dia siap melakukan tindakan asertif untuk mendekatimu.

5. Mengamati tanda cewek tertarik padamu itu mudah. Jika dia mengarahkan telapak kakinya ke arahmu itu tandanya dia benar-benar memperhatikanmu.

Tanda kaki orang PDKT via freemyfeet.com

Well, ini gak cuma berlaku buat perempuan sih. Tapi posisi duduk perempuan lebih memungkinkan kita melihat tanda satu ini. Jika kamu duduk bersama seorang gadis yang terlihat tertarik padamu, jangan segan untuk memperhatikan arah telapak kakinya.

Secara psikologis (penjelasan bisa dilihat disini) arah telapak kaki menunjukkan kemana kita ingin pergi. Saat seseorang mengarahkan telapak kakinya padamu, itu tandanya dia ingin lebih dekat padamu. Alam bawah sadar seseorang akan membuat dia mengarahkan telapak kakinya ke orang yang paling ingin dia tuju.

6. Rasa ketertarikan juga bisa terlihat dari dia yang mencari-cari kesempatan untuk menyentuhmu secara kasual.

Tanda PDKT dia akan mencari-cari kesemapatan untuk menyentuhmu via www.dailymail.co.uk

Orang yang benar-benar ingin dekat denganmu akan berusaha menemukan alasan untuk dapat menyentuh tubuhmu secara kasual. Tak melulu soal pelukan atau pegangan tangan, sentuhan ini terkadang hanya diekspresikan lewat tepukan di bahu, dorongan di pinggang saat kalian sedang mengantri bersama, atau saat dia mencoba menolongmu naik ke atas. Keinginan untuk menyentuh tubuh menunjukkan ketertarikan fisik dan kenyamanan untuk membuka diri agar bisa saling mengenal lebih jauh. Jadi, gak jarang dia akan memanfaatkan kesempatan-kesempatan kecil untuk menyentuhmu dengan lembut.

7. Jika dia menganggapmu orang yang penting, maka dia tak akan lupa untuk menghadap ke arahmu saat berbincang.

Tanda PDKT, dia akan menghadapmu via www.stocksy.com

Satu lagi bahasa tubuh yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar tertarik padamu atau tidak. Saat kalian bicara, apakah dia menggerakkan badan agar tubuhnya mengarah padamu? Jika iya maka kemungkinan besar dia memang tertarik padamu dan sedang berusaha mendekatimu.

8. Mata adalah bagian di mana kamu bisa melihak kejujuran seseorang. Jika dia menaikkan atau membesarkan bola mata saat berbincang, besar kemungkinan dia tertarik padamu.

Tanda PDKT dia buka mata dan menaikkan alis via background-pictures.picphotos.net

Salah satu bahasa tubuh yang harus diperhatikan untuk menujukkan bahwa seseorang mendekatimu adalah matanya. Gak jarang pria akan menaikkan mata untuk menarik perhatian lawan jenis ke wajah mereka, agar mereka dapat melakukan pendekatan selanjutnya. Sementara saat wanita menaikkan alis dan membesarkan mata itu justru pertanda dia menunjukkan tindakan submisif kepadamu. Tindakan ini menimbulkan reaksi dari otak laki-laki untuk “menerkam” wanita yang terlihat lebih lemah. Penjelasan tentang perubahan besar mata dan alis juga bisa kamu lihat di sini.

9. Gugup sesekali akan dia rasakan, jadi wajar tangannya tidak akan bisa diam saat berbincang.

Memilin rambut via i.huffpost.com

Cara lain untuk mengamati apakah seseorang tertarik padamu, cobalah perhatikan gerakan tangannya. Kalau tangannya selalu terlihat gugup dan terus bergerak saat kalian berdekatan, itu tandanya dia sedang melawan rasa deg-degan. Mungkin dia suka memainkan rambutnya atau mungkin memainkan kukunya. Cara ini efektif untuk menutupi rasa gugupnya dan ingin tampil sempurna. Jadi, inilah cara agar kamu tetap terkesan tanpa tahu bahwa dia sebenarnya deg-degan.

10. Selain dari mata dan tangan, kamu juga bisa memperhatikan perubahan kecepatannya berbicara.

Tanda PDKT yang bisa kamu amati via www.sheknows.com

Untuk tahu bahwa dia tertarik padamu, kamu bisa mengatami caranya berbicara. Apakah saat bicara denganmu nada bicara dan kecepatannya berubah? Jika iya, ini bisa jadi tanda yang bagus. Seseorang akan cenderung merubah nada bicara mereka menjadi lebih lembut dan manis saat berhadapan dengan orang yang disukai. Selain itu, perubahan kecepatan dalam bicara juga bisa jadi tanda kalau dia sedang gugup saat berada di depanmu. Gugup atau tidaknya seseorang bisa kamu amati dari cepat atau lambatnya orang tersebut dalam menyelesaikan kalimat. Serta kata-kata seperti “Uuuum, hmmmmm.”

11. Secara tak sadar, dia rela melakukan hal sama seperti yang kamu lakukan agar kamu merasa terkesan.

Menirukan yang kamu lakukan via buildingboys.net

Secara tidak sadar, seseorang akan menirukan bahasa tubuh orang yang dia sukai. Jika kamu tertawa, maka paling tidak dia akan tersenyum. Saat kamu menoleh ke suatu arah, beberapa saat kemudian dia akan mengikuti arah pandangmu. Hal tersebut juga bisa merupakan taktik agar kamu memperhatikan apa yang dia lakukan dan mempertimbangkannya untuk jadi pasanganmu. Cara ini juga dimaksudkan agar kamu terkesan.

12. Pria yang menyukaimu tak akan buru-buru dalam berjalan, dia justru menyeimbangi langkahmu yang pelan.

Tanda PDKT dia menemani langkahmu via www.flickr.com

Sebagian perempuan terkadang kesulitan untuk menyesuikan langkah mereka dengan langkah-langkah pria yang lebih panjang. Hal ini tidak akan terjadi apabila kamu berjalan dengan pria yang sedang berusaha mendekatimu.

Riset membuktikan bahwa pria memang akan menyesuaikan langkah saat berjalan dengan wanita yang disukainya. Pria cenderung menurunkan kecepatan jalan mereka hingga 7% saat berjalan dengan seorang wanita yang memiliki ikatan romantis dengannya. Sementara saat dia berjalan dengan wanita yang tidak disukainya, pria tidak akan menurunkan kecepatan jalannya.

13. Dia yang tak sungkan untuk menghubungimu duluan bisa menjadi tanda kalau pintu telah terbuka untukmu sekarang.

Tidak keberatan menghubungimu via splatter.com

Salah satu tanda yang jelas kalau sedang mendekati wanita adalah saat kamu menemukan kalau dia gak keberatan menghubungimu duluan. Wanita punya kadar gengsi yang lebih tinggi yang kerap membuat mereka enggan menghubungi lawan jenis terlebih dulu. Kalau cewek yang kamu suka sudah berani menghubungimu duluan, itu tandanya dia memang benar-benar membuka pintu untuk hubungan yang lebih lanjut denganmu.

14. Tanpa perlu menunggu momen spesial, dia akan ringan tangan memberimu bingkisan atau kejutan ringan.

Dia tak sungkan memberikan bingkisan via true-love.in

Seseorang yang menyukaimu dan sedang berusaha mendekatimu akan memberikan kejutan-kejutan kecil untuk membuat harimu lebih indah. Seorang wanita bisa saja tiba-tiba membawakan kue hasil masakannya untukmu. Atau bagi pria, bisa saja tanpa ada angin apapun dia memberimu gantungan ponsel lucu yang membuatmu tertawa.

Itu merupakan bentuk perhatian yang berupaya mereka tunjukkan. Jika kamu tertarik dengan orang itu, jangan ragu untuk menunjukkan terima kasih atas perhatian kecil mereka.

15. Tanda cinta juga bisa kamu lihat dari wajahnya yang murung saat melihatmu dengan yang lain.

Dia cemburu ngeliat kamu sama yang lain via www.hollywoodchicago.com

Tanda lain yang bisa kamu meyakinkanmu kalau dia benar-benar ingin mendekatimu adalah kalau dia terlihat bete dan ngambek saat kamu menjalin hubungan dekat dengan lawan jenis selain dirinya, maka bisa dipastikan kalau orang itu memang menyukaimu. Hal ini membuktikan dia tak ingin kamu lebih dulu dimiliki yang lain.

16. Jika dia menganggapmu spesial, maka dia akan memperlakukanmu berbeda dari caranya bersikap dengan orang lain.

Dia akan memperlakukanmu dengan berbeda via galleryhip.com

Mungkin selama ini ditengah teman-temannya dia dikenal sebagai orang yang selalu bercanda dan gak pernah serius. Nah, saat dia mendekatimu maka kamu akan menemukan versi dirinya yang berbeda. Dia bisa berubah 360 derajat, yang biasanya konyol, dia menjadi sangat manis dan bisa diajak bicara dengan serius. Atau mungkin dia biasanya keras, padamu menjadi orang yang lembut.

17. Membuatmu terkesan adalah PR utama, maka dia tak segan menunjukan keahlian agar kamu terpana.

Berusaha membuatmu kagum via res.ent.ifeng.com

Orang yang menyukaimu dan sedang berusaha mendekatimu akan mencoba menarik perhatianmu dengan berbagai cara. Misalnya dia akan menunjukkan kebisaannya di depanmu, memperlihatkan kehebatan yang bisa dia lakukan di depan matamu. Nah, jika kamu memang ingin dekat lebih jauh dengannya, hargailah upayanya itu dengan ungkapan kagum dan pandangan mata berseri.

18. Tak ada angin tak ada hujan, dia tiba-tiba follow semua akun sosial mediamu.

Dia follow akun media sosialmu via www.birminghammail.co.uk

Tiba-tiba dia jadi pengikutmu di hampir semua akun sosial media. Gak cuma sering nge-favorite tweet dan memberi tanda love di Path aja, dia juga menjadikan ocehanmu di media sosial sebagai bahan pembicaraan. Sesekali dia akan menarik perhatian dengan menuliskan sesuatu yang “menjurus” ke hubungan kalian. Hmmm… emang bisa aja ya orang yang lagi PDKT.

19. Saat kamu dirundung masalah, dia tak segan untuk menjadi pembela paling setia.

Dia akan menjadi pembela via 1ms.net

Saat kamu sedang terlibat masalah, dia akan menjadi pembelamu paling setia. Dia tidak keberatan mendengar cerita dari sudut pandangmu dan mendorongmu agar kuat menghadapi masalah. Bahkan, dia tidak keberatan mendatangi orang-orang yang menyakitimu dan mengatakan kalau mereka harus berhenti menyakiti orang yang dia sayang. Jika dia melakukan ini padamu, sudah jelas dia peduli dan ingin menjadi orang penting bagimu.

20. Dia tak segan untuk membuat lelucon konyol agar senyummu segara nongol.

Dia akan membuatmu tertawa via galleryhip.com

Orang yang sedang berusaha mendekatimu akan dengan senang hati membuatmu tertawa. Bahkan walau upaya untuk menciptakan senyummu membuat dirinya harus mengeluarkan lelucon bodoh. Kalau kamu sedang sedih dan menemukan dia berusaha menghiburmu dengan ekspresi muka jelek dan lelucon-lelucon konyol, kamu bisa cukup yakin kalau orang ini memang sedang berusaha mendekatimu.

21. Alih-alih tampil sekedarnya, sesekali dia akan tampil terbaik agar kamu tertarik.

Selalu tampak cantik via thelane.com

Dia yang sedang berusaha mendekatimu akan selalu menjumpaimu dengan penampilan terbaiknya. Seorang wanita yang tertarik padamu akan membubuhkan bedak dulu untuk menyapu minyak di wajahnya. Sementara lelaki yang tertarik padamu akan selalu wangi dan rapi saat bertemu denganmu.

22. Tak perlu memintanya berubah, tiba-tiba saja dia menjadi sangat “pria” dan sangat “wanita” untukmu saja.

Dia akan berubah menjadi perhatian via brendanhay.blogspot.com

Seseorang yang jatuh cinta dan berusaha mendekatimu akan berusaha memperlihatkan sisi terbaik dari dirinya. Maka jangan heran kalau dia menjelma jadi pria macho dengan membukakan pintu dan menarikkan kursi untukmu. Jangan kaget juga jika wanita yang tertarik padamu akan berusaha memasakkanmu sesuatu. Atau bahkan menjahitkan kancing bajumu yang hampir copot. Hey, mereka hanya sedang berusaha menjadi versi pendamping terbaik untukmu.

23. Tugas dan pekerjaan bukan penghalang untuk memperhatikanmu, sebisa mungkin dia akan melungkan waktu.

Selalu ada untukmu via 8tracks.imgix.net

Ketertarikan seseorang dapat kamu lihat dari upayanya untuk menciptakan waktu bagi kepentinganmu. Kalau dia menyapamu lewat pesan singkat beberapa kali sehari, menyempatkan waktu untuk bertemu denganmu ditengah kesibukannya maka bisa dipastikan kalau orang ini ingin lebih dekat denganmu.

24. Dia tak segan untuk membuka hal-hal pribadi saat ingin menjalin hubungan yang lebih serius lagi.

Dia akan membuka pribadinya via loveizlyf.blogspot.com

Orang yang sedang berusaha membawamu ke level hubungan lebih lanjut akan membuka diri atas hal-hal pribadinya. Ini dia lakukan agar kamu nyaman melakukan hal yang sama. Maka jangan heran kalau dia menceritakan rahasia masa kecilnya kepadamu. Atau bahkan berbagi masalah keluarganya denganmu.

25. Dia yang biasanya pelit berkomentar menjadi sering memuji agar kamu merasa dihargai.

Dia tak segan memuji via unfoldinglove.com

Orang yang menyukaimu akan memiliki mata tambahan untuk melihat kelebihan dalam pribadimu. Dia tak segan-segan untuk memuji kelebihanmu itu. Mungkin selama ini orang mengejekmu karena rambutmu yang merah seperti keseringan panas-panasan main layangan, tapi dia justru tak segan untuk memujimu “rambut kemerahanmu nampak cantik”.

26. Kode keras bisa kamu tangkap saat dia tak ragu mengenalkanmu pada keluarganya.

kamu diajak ketemu keluarga via howibecametexan.com

Dia mengenalkanmu kepada teman-temannya saat kalian tidak sengaja bertemu. Seakan dia bangga sedang berjalan denganmu dan tidak keberatan memperkenalkanmu pada dunia. Bahkan, dia bisa membawamu ke keluarganya jika memang sudah sangat yakin padamu.

Agar kamu tak keburu berekspetasi tinggi dan sakit hati di akhir cerita, maka gak ada salahnya kamu kenali tanda-tanda orang yang benar-benar ingin dekat denganmu. Kamu bisa menggunakan 26 tanda ini sebagai panduan menilai apakah dia mendekatimu karena ini jadi kekasihmu atau hanya ingin jadi teman saja. Nah, dengan paham tanda-tanda ini dari awal, maka kamu bisa terhindar dari PHPan.

Semoga berhasil ya.