Usia 20-an biasanya jadi masa-masa galau bagi perempuan Indonesia yang belum menikah. Dihadapkan pada banyaknya teman sejawat yang sudah menikah plus tekanan keluarga pasti membuat pusing. Tapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari sebagai wanita lajang usia 20-an lho. Ini beberapa diantaranya:

1. Tidak punya pasangan ternyata bukan akhir dunia

Bukan akhir dunia via www.firstcovers.com

Bisa jadi kamu memang sering kesal karena sering ditanya soal kapan menikah. Tidak bisa dipungkiri juga kalau kamu kadang suka iri setiap datang ke pernikahan teman dan bertanya-tanya kapan kamu bisa menyusul. Tapi dibalik semua ketidaknyamanan itu, didalam hatimu kamu tahu kamu tetap bahagia. Dengan atau tanpa pasangan.

2. Kamu bisa menghadapi berbagai masalah sendiri

Menghadapi masalah sendiri via i1.ytimg.com

Seberat apapun masalah yang kamu hadapi, pada akhirnya kamu sadar kalau kamu mampu menghadapi semuanya sendiri. Terkadang waktu sedang menghadapi masalah berat, kamu ingin ada seseorang yang mendampingimu. Anehnya, setelah masalah itu berhasil kamu lalui kamu justru kagum terhadap kekuatanmu sendiri. Kok bisa ya kemarin dirimu bermental baja seperti itu?

3. Hanya karena kamu tidak punya pasangan bukan berarti tidak ada yang sayang padamu

Advertisement

Masih banyak yang sayang padamu via 2.bp.blogspot.com

Pada akhirnya kamu sadar kalau ada berbagai sumber cinta di dunia ini, dan itu nggak hanya datang dari pasangan. Kamu punya keluarga dan teman-teman yang selalu mencintaimu tanpa syarat.

4. Kamu tidak perlu berubah hanya untuk mendapatkan pasangan

Tidak perlu berubah via data2.whicdn.com

Kamu sudah tidak lagi merasa perlu repot-repot merubah gaya dan kepribadianmu agar cowok yang kamu taksir bersedia melirikmu. Kamu nyaman dengan dirimu, dan pasti nanti ada cowok yang mau menerimamu apa adanya kok.

5. Tidak semua cowok yang dekat denganmu bisa berakhir jadi pacarmu

Tidak semua bisa jadi pacarmu via api.ning.com

Ada beberapa cowok yang memang hanya bisa jadi teman, ada pula yang bisa berlanjut ke hubungan yang lebih serius. Kedekatan kasual bukan berati selalu berakhir dengan pacaran.

6. Cara terbaik untuk menarik perhatian laki-laki adalah dengan mengacuhkan mereka

Mengacuhkan via cdn.uproxx.com

Aneh ya, kadang laki-laki baru menyadari perhatianmu saat kamu tidak lagi menunjukkannya.

7. Cara terbaik menghadapi pertanyaan, “Kapan Nikah?” adalah dengan jawaban santai

Kapan Nikah? via www.gaulgelaa.com

Semakin kamu memasukkan pertanyaan itu kedalam hati, justru tekanan untuk segera menikah akan makin membebanimu. Kamu mulai belajar untuk menjadikan pertanyaan itu sebagai bahan lelucon. Jika kamu menjawab pertanyaan itu dengan santai, orang-orang disekitarmu juga akan makin santai padamu. Seperti tips yang pernah Hipwee kasih di 12 alasan untuk tidak menikah muda.

8. Wajah ganteng bukan lagi prioritas

Wajah Ganteng via yt3.ggpht.com

Apa gunanya wajah ganteng kalau pemalas dan gak nyambung diajak ngobrol? Setelah sekian lama sendiri, kamu sadar bahwa hubungan yang baik justru dibangun lewat kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Kamu lebih menghargai cowok yang biasa aja tapi pekerja keras dan baik, dibandingkan cowok ganteng tapi pengangguran. Makanya lebih baik kalau kamu gunakan tips dari Hipwee walau ngga ganteng yang peting terlihat lebih pintar.

9. Kamu mulai mencoba untuk mendaftarkan diri ke situs pencari jodoh

situs perjodohan via kennedyvoice-berliner.com

Yeah, namanya juga nyoba kan….

10. Tapi kemudian kamu sadar, kalau kemungkinan dapat jodoh di situs kontak jodoh itu sangat kecil

Situs cari jodoh gagal via 1.bp.blogspot.com

Setelah sebelumnya kamu sudah mendaftarkan diri di 3 situs kontak jodoh berbeda

11. Apa yang dikatakan oleh keluarga dan teman-temanmu biasanya benar

Kata keluarga via 24.media.tumblr.com

Dulu kamu sering ngotot atas pilihan pasangan. Tapi seiring waktu kamu belajar bahwa insting keluarga dan sahabat-sahabatmu akan calon pasangan biasanya ada benarnya.

12. Tapi terkadang, kamu perlu mendengarkan dirimu sendiri

Ikuti kata hati via s3.amazonaws.com

Terkadang kamu perlu menutup telinga dan mempercayai instingmu. Kemudian terus berjalan dengan keputusanmu.

13. Kamu belajar untuk meluangkan waktu bersama keluarga

Waktu bersama keluarga via timelifeblog.files.wordpress.com

Semakin banyak teman-temanmu yang menikah duluan, kadang kamu jadi kesepian. Kamu mulai menyadari bahwa keluarga adalah satu-satunya tempat dimana kamu nggak akan ditinggalkan. Apapun keadaannya.

14. Kalau seorang cowok tertarik padamu, dia akan menghubungimu. Kalau nggak ya dia nggak akan berusaha.

Dia akan menghubungimu via cs418526.vk.me

Kamu mulai belajar untuk menunggu dan membiarkan dia berjuang. Kalau memang dia suka, dia pasti ada usahanya kok.

15. Kamu belajar meyakinkan dirimu sendiri, “Kalau jodoh gak kemana…”

Kalau jodoh gak kemana via bloggfiler.no

Setiap hubunganmu kandas, kamu mengatakan pada dirimu sendiri: “Kalau dia memang jodohku ya pasti balik lagi”. Kekuatan inilah yang membuat kamu mampu menghadapi perpisahan dan tetap kuat di depan orang lain.

16. Berpikir positif selalu bisa membuatmu jadi orang yang lebih bahagia

Lebih bahagia via 1.bp.blogspot.com

Daripada mencemaskan sesuatu terus menerus, lebih baik yakin kalau pada akhirnya semua akan baik-baik saja.

17. Kesendirian menjadikan kamu lebih mandiri dan lebih dewasa

Be your own hero via data3.whicdn.com

Ketiadaan pasangan menjadikan kamu mampu memecakan berbagai masalah sendiri. Dan lebih bijak dalam menghadapi berbagai masalah.

18. Kamu boleh menangis kalau sakit hati, tapi maksimal 3 hari saja

Menangis via 4.bp.blogspot.com

Berlama-lama tenggelam dalam tangisan nggak akan membuat sakit hatimu berkurang. Toh beberapa bulan kedepan kamu masih akan tetap sakit. Jadi lebih baik simpan tangisan buat hal-hal yang lebih penting.

19. Sayang sama seseorang gak selalu berarti kamu harus bersama dia

Kamu belajar untuk melepaskan dan menerima takdir bahwa ada beberapa hubungan yang memang nggak akan bisa dilanjutkan. Menyayangi seseorang bisa diartikulasikan lewat banyak hal, termasuk mengikhlaskan hubungan kalian untuk sesuatu yang lebih baik.

20. Kamu akan menemukan teman sesama lajang yang bisa menertawakan kejombloan kalian

Teman sesama jomblo via flowerscom.com.br

Jomblo akan menarik sesama jomblo. Seiring waktu, kamu akan punya teman yang juga belum punya pasangan dan dia bisa jadi temanmu untuk menghadapi kesendirian. Kalau lagi bareng kalian bisa menjadikan kejombloan kalian sebagai bahan lelucon.

21. Kamu belajar untuk mengganti lampu dan merakit perabotanmu sendiri

Merakit perabot via i.huffpost.com

Hey, ternyata pekerjaan yang identik dengan laki-laki bisa kamu kerjakan sendiri lho.

22. Kamu punya satu tas kecil yang berisi peralatan make-up andalanmu

Make up pouch via 1.bp.blogspot.com

Jika tas ini tertinggal, kamu akan panik dan merasa hampa seharian.

23. Jangan mengeluh atas pilihanmu sendiri

Stop complaining via chrislocurto.com

Kalau kamu sudah memilih sesuatu, banyak mengeluh akan menunjukkan kalau kamu tidak bertanggung jawab atas pilihanmu. Jalani pilihanmu sebaik-baiknya dan buktikan kalau kamu bisa berhasil.

24. Cara terbaik melupakan seseorang adalah dengan menyibukkan diri

Sibukkan diri via farm3.staticflickr.com

Melupakan seseorang gak akan mudah kalau kamu nggak punya kegiatan. Buatlah dirimu seletih dan sesibuk mungkin, sampai kamu nggak punya lagi waktu untuk membayangkan si dia yang sudah berpisah denganmu.

25. Baterai ponselmu bertahan lebih lama saat kamu jomblo

Nggak ada sms, nggak ada whatsapp rutin, nggak ada telepon setiap jam. Kamu nggak perlu repot harus membawa power bank kemaa-mana. Baterai akan tetap aman.

26. Pergi sendiri, makan sendiri, ke kondangan sendiri — ternyata oke-oke saja.

Pergi sendiri via www.sonhosdecrepom.com.br

Melakukan hal-hal yang identik “harus bersama pasangan” sendirian ternyata tidak semenakutkan itu kok. Kamu mulai menikmati kebebasan untuk menetukan semua hal sendirian.

27. Kamu gak perlu bersama seseorang jika kamu hanya takut sendirian

Takut sendirian via www.waterpololive.gr

Kesendirian nggak sepatutnya jadi alasan untuk memutuskan menjalani suatu hubungan. Ini nggak akan adil buat kamu dan pasanganmu.

28. Kamu harus belajar mencintai dirimu sendiri dulu sebelum mencintai orang lain

Klise sih, tapi memang benar. Gimana bisa orang lain mencintai kelebihan dan kekuranganmu kalau kamu belum bisa mencintai dirimu seutuhnya?

29. Mantanmu bisa jadi mantan karena beberapa alasan

Mantan pacar via i1.ytimg.com

Setiap kamu tergoda untuk balik ke mantan, kamu selalu ingat alasan yang membuat kalian berpisah. Itu membuat kamu berpikir ulang sebelum memutuskan kembali.

30. Setiap orang berhak atas kesempatan kedua, YANG DIBERIKAN DENGAN HATI-HATI

Kesempatan kedua via img3.visualizeus.com

Pasanganmu selalu berhak atas kesempatan kedua. Tapi kamu harus berhati-hati sebelum memberikannya. Sebab gak semua kesalahan bisa ditolerir dan dimaafkan begitu saja.

31. Kalau dia selingkuh sekali, kemungkinan besar dia akan selingkuh lagi

Selingkuh via psn.sdn.si

32. Kamu gak bisa membuat orang mencintai dirimu

Tidak bisa dipaksakan via psn.sdn.si

Kayak lagunya Bon Iver, “Cause I can’t make you love me if you don’t. I can’t make your heart feel something it won’t”. Cinta memang gak bisa dipaksakan. Kalau dia gak mencintaimu, kamu harus terima dan belajar mencintai orang ini tanpa harus memilikinya.

33. Menghabiskan uang untuk hobimu akan membahagiakan dirimu

Membelanjakan uang via images.says.com

Gak salah kok sesekali mengeluarkan uang lebih untuk menyalurkan hobi. Apalagi jika kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Melakoni hobi akan membuatmu lebih bahagia, dan tetap waras menghadapi berbagai masalah di depanmu.

34. Laki-Laki gak akan pernah bisa membaca kodemu

Katakan yang kamu mau via thetfs.ca

Mereka bukan pembaca pikiran yang bisa tahu apa yang kamu mau. Di umur 20-an ini kamu belajar untuk lebih berani mengungkapkan keinginanmu. Kalau kamu nggak ngomong ya dia nggak akan tahu.

35. Cinta dan nafsu adalah dua hal yang sangat berbeda

Love vs Lust via 24.media.tumblr.com

Setelah beberapa hubungan yang kamu jalani, kamu menyadari bahwa cinta dan nafsu bukanlah hal yang sama. Kamu semakin hati-hati menjalani hubungan yang hanya berdasarkan nafsu dan ketertarikan fisik semata.

36. Waktu Sendiri bisa kamu gunakan untuk memantaskan dirimu

Waktu sendiri, memantaskan diri via thoughtcatalog.files.wordpress.com

Gak mau dong, pasanganmu mendapatkan cewek yang biasa-biasa saja? Yang bahkan gak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga yang remeh. Kamu mulai merubah pandangan bahwa waktumu sendiri saat ini sebenarnya adalah kesempatan untuk memantaskan diri agar kelak pasanganmu bisa lebih berbahagia mendapatkanmu.

37. Tidak ada hal baik yang dijalani dengan terburu-buru

Semua hal akan datang pada waktunya. Gak perlu terburu-buru pengen cari pacar karena sudah dipaksa menikah. Seseorang akan datang disaat yang tepat. Sambil menunggu hal itu terjadi, jalani saja hidupmu dengan sebaik mungkin.