Memiliki pasangan hidup yang lebih cerdas dan berwawasan lebih luas darimu adalah berkah tersendiri. Mereka bisa membuka jalan pikiranmu dan memberikan solusi, tanpa membiarkan emosi menguasai. Hubungan kalian pun bisa menjadi lebih seru, karena dia bisa menempuh berbagai cara yang tak disangka-sangka demi menghiburmu.

Kalau sebelumnya Hipwee sudah membahas tentang untungnya punya pacar traveler, fotografer, dan gamer, sekarang saat yang tepat bagi kami untuk berbagi kenapa kamu harus cari pasangan yang lebih pintar darimu. Tentunya pendapat ini didukung oleh alasan-alasan tertentu. Alasan apa aja sih?

1. Dengan dia yang punya kecerdasan luar biasa, kamu bisa melihat segala hal dari sudut pandang berbeda

Jadi pengguna yang cerdas via the-daily.buzz

Dengan pasangan yang berwawasan lebih luas darimu, berbagai masalah yang sedang dibicarakan di koran atau linimasa media sosial kalian bisa dikupas satu-satu. Nggak hanya itu, dia akan mampu mengupasnya dengan perspektif yang berbeda-beda. Bahkan meski tak semua perspektif itu ia percaya.

Ketika kamu mendengar kasus tentang TKI yang dihukum mati di Malaysia, misalnya, media mungkin akan membuatmu yakin bahwa akar masalahnya adalah posisi tawar Indonesia yang lemah di dunia internasional. Setelah berdiskusi dengan dia sebentar, kamu bisa tahu bahwa sebenarnya posisi tawar itu hampir tak ada hubungannya. TKI yang dihukum mati itu divonis karena ditemukan bersalah oleh pengadilan Malaysia.

Advertisement

Berpasangan dengan cowok atau cewek yang pola pikirnya terbuka bisa membuatmu untuk ikut lebih terbuka. Lewat diskusi dan debat, kamu bisa menjadi orang yang kritis dalam melihat suatu masalah. Dan dengan ini, kamu dan dia pun semakin banyak tahu tentang pola pikir masing-masing, yang pada akhirnya akan membuat kalian semakin memahami pasangan kalian masing-masing.

2. Cinta memang bukan kompetisi. Namun, dia yang cerdas akan membuatmu terpacu untuk selalu menjadi lebih baik lagi

Dia akan mendorongmu menjadi lebih baik via ninerooms.net

Pasangan yang cerdas pasti akan menuntutmu untuk jadi pribadi yang lebih baik. Dia yang pintar adalah penyemangat untukmu menjadi pribadi yang punya daya juang yang tinggi. Misalnya, ketika dia hampir menyelesaikan S2-nya sementara kamu masih belum lulus S1, pasti itu membuatmu terpacu untuk mencapai level yang sama dengan dia. Kamu menjadi berapi-api untuk meningkatkan kemampuanmu.

Pasangan yang kepintarannya di atasmu juga bisa sangat menghormati passion-mu. Berkat wawasannya yang luas, dia tahu bahwa cita-cita “setidak mainstream” apapun sebenarnya valid. Dia akan tersulut melihat semangatmu, dan terus membantumu untuk memelihara semangat itu.

3. Dia adalah “kotak kejutan”. Dengannya, kamu tak akan pernah kehabisan sumber ilmu pengetahuan

dia akan mengajarkanmu apa saja via splatter.com

Orang pintar pasti mengetahui banyak hal. Dari dia, kamu mungkin bisa tahu resep-resep masakan yang sebelumnya tak pernah hadir di kepalamu. Dari dia, kamu tahu bagaimana bijih kopi dan daun teh diolah. Dari dia, kamu akan bisa mendengar cerita tentang sejarah suku Aztec, film-film Werner Herzog, sampai lukisan Eugene Delacroix.

Karena kecerdasannya yang luas, hari-harimu akan diisi dengan berbagai pengetahuan baru. Mentok ngerjain soal Integral? Komputer tiba-tiba ngadat? Nggak tahu cara analisa Mobydick? Bingung apa yang Keats bilang di “Ode to Nightingale”? Tenang, ada dia yang bisa kamu tanyai. Kamu juga pasti bangga, ‘kan, punya pacar pintar?

4. Dalam hal memecahkan masalah, ia selalu bisa diandalkan. Dengannya, kamu tak akan pernah merasa sendirian

Dia bisa diandalkan untuk memecahkan masalah via revistaon.com.br

Seseorang yang cerdas akan mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah. Dia akan bertumpu pada logika dan rasionalitas untuk menganalisa sesuatu. Ini membuatnya bisa memandang masalah dengan jernih, tanpa harus tergerus emosi.

Ketika kamu tak percaya diri, dia akan mampu membuatmu berpikir ulang bahwa secara rasional, kamu tak punya alasan untuk tak mencintai dirimu sendiri. Ketika kamu merasa mentok akan sesuatu, dia akan dengan sabar memberikanmu solusi-solusi brilian. Dia akan punya banyak cara cadangan jika masalah menghadangmu. Dia adalah sumber ketenanganmu.

5. Penampilan bukan hal yang mutlak penting buatnya. Jika kamu tak punya kapasitas berpikir yang baik pula, untuk apa ia repot berusaha?

Yang penting buat dia adalah kamu memahami jalan pikirnya via www.idigitaltimes.com

Penampilan bukannya tak penting buatnya. Dia tetap akan menghargai saat kamu merawat wajahmu, atau memakai baju yang mendukung bentuk badanmu. Tapi baginya, masih ada hal lain yang lebih penting dari itu. Yang terpenting buat dia adalah sifatmu yang pantang menyerah dan haus akan ilmu. Yang terpenting adalah kamu bisa memahami jalan pikirnya, dan dia menghargai cara pikirmu.

6. Kamu dan dia menjadi pasangan yang saling bersinergi: sama-sama berperan di balik kesuksesan masing-masing diri

Endah n’ Rhesa via entertainment.kompas.com

Kamu dan dia bisa jadi sama-sama pintar, meskipun dalam bidang yang berbeda. Dengan ini, kalian bisa saling mendukung dan melengkapi. Kamu tipe cewek aktif dan suka baca, sedangkan dia tipe cowok yang suka bertualang dan genius dalam hal politik-bisnis. Kalian pun bisa dilihat layaknya Michelle dan Barack Obama, Beyoncé dan Jay-Z,  Endah dan Rhesa, Memes dan Addie MS, atau Artika Sari Devi dan Baim.

Kamu dan dia membawa dua elemen yang berbeda ke dalam meja yang sama. Siapa yang tidak senang melihat dua orang yang sama-sama pintar menjalin kasih?

Nah, sekarang semuanya ada di tanganmu. Kamulah yang menentukan pilihanmu. Siapa pun orangnya, pastikan bahwa kamu dan dia punya komitmen kuat untuk menjalin hubungan, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya