Jodoh itu seperti skripsi yang jelas harus diselesaikan. Dalam hati kita selalu menunggu dia datang. Tapi dia tidak akan mudah tiba sebelum kita berjuang. Apakah kamu juga termasuk salah satu pejuang jodoh yang sedang berusaha?

Sepertinya kamu sudah melakukan semua. Sudah membuka diri ke orang-orang, memperbaiki penampilan, sampai berusaha agar menjadi orang yag lebih menyenangkan. Tapi kenapa jodohmu belum juga datang? Hmmm…bisa jadi 6 hal ini alasannya.

1. Kamu merasa bertemu jodoh itu akhir pencarian. Padahal masih banyak yang harus diperjuangkan

Selama ini fokus usahamu hanya diarahkan ke upaya mencari pendamping saja. Seakan-akan setelah bertemu jodoh duniamu berhenti. Selesai. Tidak ada lagi yang harus diusahakan.

Padahal dunia bukan cuma soal pasangan saja. Selepas bertemu nanti malah makin banyak tantangan yang harus dihadapi. Sebut saja bagaimana kalian harus bekerjasama untuk mewujudkan rumah mungil dengan perpustakaan sampai pintar-pintar berbagi peran.

Disadari atau tidak ini malah bisa jadi penyebab kenapa jodohmu belum juga datang. Kamu terlalu sibuk mencari agar perjuanganmu selesai. Kamu lupa momen setelah menemukannya justru perjuangan baru dimulai.

2. Sudahkah kamu puas dengan pencapaianmu. Bisakah kamu membagi hidup dengan orang baru?

Percaya atau tidak, jodoh sebenarnya bukan cuma soal keberuntungan. Ini soal kesiapan.

Dia yang bisa dengan yakin menjawab bahwa dia sudah puas dengan pencapaiannya dan siap berbagi sisi hidup dengan pendamping di hidupnya — berarti sudah siap menerima orang baru tiba.

Sebelum perasaan puas dan yakin itu kamu miliki — jangan kager jika jodoh belum juga ada di sisi. Berusahalah dulu sampai perasaan yakin pada diri sendiri itu kamu miliki.

3. Melihat teman-teman yang sudah punya pendamping, kamu merasa harus segera mengikuti mereka. Ah, jodoh ‘kan bukan kompetisi sebenarnya….

Sahabat-sahabatmu sekarang sudah mulai punya pasangannya sendiri. Mereka yang dulu jadi rumah tempatmu selalu kembali tidak lagi semudah itu bisa didatangi. Waktu mereka harus dibagi dengan pasangan pilihan sendiri.

Melihat kondisi ini kamu merasa harus segera mengikuti. Semua kesempatan diambil tanpa mempertimbangkan bagaimana kondisi hati. Barangkali ini penyebab utama kenapa sampai saat ini kamu belum juga menemukan dia yang dicari. Karena sebenarnya jodoh ‘kan bukan kompetisi….

4. Menyepelekan urusan hati yang belum selesai juga bisa jadi penyebabnya. Selesaikan. Sembuhkan dulu luka

Kamu bisa merasa sudah move on sepenuhnya. Tidak ada lagi yang tertinggal dan menciptakan kecemasan. Namun jauh di dalam hati ada beberapa sakit yang belum usai. Ada masalah yang sesungguhnya belum selesai.

Masalah macam ini tanpa disadari membuatmu takut untuk memulai lagi. Setiap hendak mengawali, ada rasa bersalah dan sakit yang masih menghantui. Dia yang tepat untukmu bisa sudah datang. Tapi di dalam diri kamu masih terlalu luka. Sembuhkan dulu. Baru nanti kamu bisa menerima.

5. Jodoh buatmu cuma soal usaha. Sementara sebenarnya jodoh itu sudah urusan Tuhan dan semesta

Tidak ada gunanya mengenal banyak orang baru, memperbaiki penampilan, jika tidak menyerahkan semua padaNya. Usaha jelas diperlukan untuk mempertemukan kita dengan orang yang paling tepat. Namun sebenarnya jodoh bukan cuma soal usaha. Tapi restu dari Dia dan semesta.

Mereka yang akhirnya menemukan pasangan yang klik melalui proses yang sama. Berusaha. Membuka hati. Kemudian membiarkan semesta membuka jalannya. Untuk beberapa perkara modal utamanya memang percaya. Jodoh jadi salah satunya.

6. Sesekali jodoh juga soal kemampuan menertawakan diri. Coba ikut kuis ini. Lalu lihat sebenarnya siapa pasangan idaman yang harus dicari

Walaupun membuat hati bimbang, soal jodoh tak melulu harus kita hadapi dengan serius terus-terusan. Sesekali tertawakan saja keadaanmu yang belum bertemu jodohnya. Ikuti kuis yang nggak melulu serius tapi ada benarnya. 

Cuma memasukkan nama dan tanggal lahir saja, kamu sudah bisa tahu siapa jodoh yang paling tepat untukmu. Dari hasil ini siapa tahu bisa jadi inspirasi? Kamu jadi tahu apa kualitas calon jodoh yang harus dicari.

Sudah tahu apa penyebab utama kenapa jodohmu datangnya lama? Jangan berhenti berusaha ya! Dia pasti datang pada masa terbaiknya 🙂