Serba salah

Kira-kira seperti itu keluhan kebanyakan cowok saat menghadapi ceweknya yang sedang ngambek atau marah. Cewek mau cowoknya peka dan lebih pengertian lagi. Sementara cowok sendiri seringnya kesulitan memahami maunya cewek hanya dari kata-kata, terserah, nggak apa-apa atau pikir saja sendiri. Karena memang cowok pun maunya, cewek menjelaskan duduk perkaranya dengan baik dan jelas, supaya dirinya tahu harus bersikap seperti apa.

Tapi sebenarnya, cewek saat merah atau ngambek itu maunya cuma satu, dibaik-baikin saja terus. Membuat cowok harus lebih sabar memang. Dan membaik-baikin cewek yang sedang sensitif, kira-kira seperti apa sih? Semoga nggak ada kata ‘serba salah’ lagi setelah membaca uraian Hipwee Hubungan kali ini.

1. Tetap dihubungi tapi jangan terlalu sering dan jangan ikut marah-marah sih

Tetap hubungi atau diajak berkomunikasi via www.pexels.com

Nggak usah hubungin aku dulu!

Advertisement

Cowok jangan lantas menuruti perkataan ini. Karena kenyataannya cewek tetap berharap dihubungi sebagai wujud usaha dari cowoknya. Setidaknya usahakan ada jeda untuk sms atau telepon ke cewek untuk bertanya lebih jelas mengenai kekesalan hatinya. Dan yang paling penting cowok tak perlu ikut emosi menghadapi ceweknya yang sedang tak jelas maunya seperti apa. Dihubungi saja terus perlahan-lahan, dan bahas juga hal-hal remeh temeh seperti, sekadar mengingatkannya untuk makan siang. Pastinya harus tetab sabar ya.

2. Turuti saja apa yang cewek inginkan, selama itu masih wajar dan nggak menyusahkan

Turuti maunya via elizabethwellsphoto.com

Jadi meluluhkan hati cewek yang sedang panas memang perlu dengan sikap mengalah sedikit saja. Turuti saja dulu maunya seperti apa. Toh selama maunya itu masih wajar dan tak menyusahkan, seperti saat cewek bilang jangan ikut pergi nongkrong. Kan kalau menuruti pun memberi untung, setidaknya uang buat beli kopi bisa tersimpan dengan baik. Tapi kalau ditanya maunya apa cewek cuma bilang terserah. Di sini ini kamu harus punya inisiatif untuk terus bertanya mau sebenarnya apa.

Karena di balik kata terserahnya cewek ada banyak keinginan yang tertunda.

3. Pastikan cowok jadi pendengar yang baik sebelum mengajak ceweknya berbicara dengan baik-baik juga pastinya

Jadi pendengar yang baik dulu via elizabethwellsphoto.com

Ada juga cewek yang kalau sedang ngambek atau marah itu jadi lebih cerewet. Cowok daripada menyahuti terus semua yang diucapkannya, yang justru membuat titik temu sulit didapatkan. Harusnya memang didengarkan saja dulu semua ucapannya. Baru setelah cewek selesai dengan uneg-unengnya dan mulai sedikit tenang, ajak berbicara baik-baik juga. Utarakan apa yang memang harus cowok sampaikan untuk meluruskan kesalahpahaman.

4. Menawari sesuatu yang disukai cewek, seperti es krim mungkin

tawari apa yang disukai via www.hipwee.com

Kamu laper nggak Yang? Mau makan pizza nggak? Atau es krim gitu….

Jangan menyerah kalau dia bilang, “Aku nih lagi marah.” Sebab cewek gengsinya juga besar pada dasarnya. Tawari saja pelan-pelan apa yang disukainya, sampai benar-benar hatinya jadi lebih lunak. Namanya juga cewek, yang aslinya marahnya itu cuma butuh perhatian yang lebih besar lagi.

5. Diusap kepalanya atau dirangkul pundaknya, biar hatinya kembali tenang

Dirangkul saja pundaknya via dylandsara.com

Masih ingatkan kekuatan dari usapan kepala atau rangkulan di pundak yang bisa membuat hati cewek berantakan? Jadi sekalipun pikiran atau perasaannya dipenuhi emosi, tetap saja ada bagian dari dirinya yang tak bisa menolak usapan lembut di kepala atau rengkuhan di pundak. Bagian dari dirinya yang dengan sigap menghasilkan hormon oksitoksin yang membuat dirinya kembali percaya dan tenang ada di sisi orang yang dia sayangi ini. Jadi tak masalah kalau hatinya yang kesal itu mendadak berantakan setelah diusap kepalanya. Karena setelah berantakan itu akan hadir ketenangan yang buat cowok pun ikut lebih tenang.

6. Kadang semua selesai dengan, “Iya, aku minta maaf ya,”. Kalau memang kamu yang salah

Aku minta maaf ya via dylandsara.com

Ya udah, aku minta maaf ya, kalau aku salah.

Toh kalau memang kamu salah, meminta maaf justru jadi kunci dari segala persoalan sebelum dibicarakan secara detailnya lagi. Jadi alih-alih menutupi kesalahan saat sudah tahu salah, dan itu malah membuat cewek kesal. Cowok harus berjiwa besar terlebih dulu dengan mengakui kesalahannya. Meski harusnya cewek pun seperti ini ketika dirinya salah. Jangan hanya membawa pedoman, “Cewek selalu benar dan cowok selalu salah.”

Hubungan itu soal komunikasi, jadi saat bertengkar pun usahakan tetap ada komunikasi yang baik. Setidaknya harus ada yang mengalah, demi kebaikan bersama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya