Kesalahpahaman atau ribut-ribut kecil dalam hubungan itu hal yang biasa. Kadang penyebabnya pun sepele sekali, seperti sosial media. Tak perlu kaget kalau sosial media sangat berpengaruh di dunia nyata. Bahkan bukan hal yang mustahil juga, kalau sosial media bisa menghancurkan sebuah hubungan.

Sekalipun kalian rutin bertatap muka, dan bertukar kabar lewat telepon atau pesan. Tapi, kira-kira hal apa aja sih dari sosial media yang bisa membuat kamu dengan cowokmu salah paham? Hal yang kalau dipikir-pikir sebenarnya tak perlu dipermasalahkan.

1. Saat kamu ingin momen berdua diunggah ke sosmednya, sementara dia tipe yang tak suka mengumbar status hubungan

Saat kamu mau mengunggah foto liburan kalian, tapi dia bilang jangan via dylandsara.com

Mungkin kamu salah satu orang yang cukup terbuka dengan kehidupan pribadimu termasuk hubungan di dunia sosial media, selama itu pun masih wajar-wajar saja. Sementara cowokmu sendiri termasuk orang yang tak suka kalau privasinya diketahui orang. Karena pasti cowokmu punya alasan tersendiri.

Mungkin cowokmu tak ingin kalian jadi bahan pembicaraan kalau sebentar-sebentar posting foto berdua, atau sekadar mention dengan tulisan “Aku sayang kamu,”. Mungkin juga dia menganggap, buat apa mengumbar status hubungan di dunia maya, kalau teman-teman bahkan keluarganya sudah kenal dengan dirimu.

Advertisement

Tapi namanya juga cewek, kamu sudah berpikir macam-macam terlebih dulu. Mulai dari menganggap dia malu punya pacar sepertimu, sampai tuduhan seperti ada cewek lain yang dia taksir. Padahal ya emang setiap orang punya cara juga untuk menggunakan sosial media

2. Rasa-rasa iri sekaligus cemburu, ketika postingan temannya di-like atau dikomentari sedangkan postinganmu tidak

Sementara like, emoticon, atau komen bukan segalanya bagi cowokmu via www.bloomberg.com

Kenapa sih postinganku nggak pernah kamu like? Padahal aku lihat kamu sering banget like foto atau status temanmu. Foto aku jelek ya? Tulisan yang aku share nggak bermutu ya?

Kalau saja yang sering di-like atau dikomentari itu temannya yang cewek, komplainmu pasti lebih panjang dari ucapan di atas. Seolah kepedulian bahkan rasa sayang ditentukan dari seberapa banyak dan sering dia menge-like dan mengkomentari. Padahal bisa saja cowokmu ini memang tak menemui posting barumu di timeline akun pribadinya. Jadi, bukan karena malas atau nggak peduli lho ya….

3. Ada temannya yang cewek yang selalu merespon postingan cowokmu dan dia menanggapinya dengan santai sekali

Cewek itu siapa sih

Nisa itu siapa sih? Kok kayaknya sering banget komentar di postinganmu. Kamu juga kayaknya akrab banget balas komentarnya, kenapa gitu?

Cuma temen Yang….

Masa temen sampe sarajin itu komentar?

Cemburu memang kadang tak masuk di akal dan seringnya terlihat berlebihan. Jadi memang ada baiknya saat sudah punya pasangan, baik kamu atau dia belajar membatasi diri berkomunikasi dengan teman yang lawan jenis di sosial media. Sebab mungkin cewekmu pun merasa risih dan kepikiran sendiri dengan pertanyaan, “Apa kata orang ya saat lihat cowoknya akrab dengan cewek lain di sosial media?”.

4. Komentarmu yang tak juga dibalas. Sementara komentar dari temannya sudah

Meminta dia membalas komentarmu via dylandsara.com

Bukan cuma chat yang harus dibalas dengan tepat waktu. Tapi komentarmu di sosial media pun harus demikian. Apalagi saat kamu tahu dia sudah sempat membalas lebih dulu komentar temannya. Diam-diam rasa iri dirimu pun kembali terpancing. Kamu bertanya-tanya kenapa komentarmu tak dibalas. Kamu juga menghardiknya dengan ucapan, “Komentar aku nggak penting ya?! jadi nggak kamu balas.”

Padahal mungkin saja dia memang baru sempat membalas sebagian. Atau bisa jadi dia tak sengaja melewatkan komentarmu ini. Tapi harusnya sih komentar di FB atau IG tak perlu dipermasalahkan sekali, selama dia masih mudah untuk dihubungi.

5. Meskipun dia sudah melihatnya, tapi mention-mu ini tak mendapat respon apa-apa

Bikin status, tapi mention akau nggak dibalas via www.pexels.com

Sebenarnya satu hal juga yang harusnya kamu pahami, kalau tak semua mention bisa segera atau harus selalu direspon. Apalagi kalau cowokmu ini tipe orang yang cukup berhati-hati dalam berbicara di sosial media. Kadang mentionmu hanya dibalas dengan emot saja. Kadang juga dibalas dengan jawaban singkat dan padat. Karena memang membalas semua mentionmu justru akan menimbulkan banyak omongan di teman-teman kalian.

6. Mention foto dari temannya, dan cowokmu terlihat dekat dengan teman cewek yang tak kamu kenal

Abis berantem gara-gara foto di sosmed via unsplash.com

Kemarin katanya cuma pergi sama Ojik, kok itu di foto ada cewek juga? Duduknya di samping kamu lagi!

Itu temannya Ojik, Yang. Kemarin kebetulan ketemu.

Sebenarnya ini salah satu hal tak terduga yang ada di sosial media. Bukan cuma bisa terjadi di cowokmu, tapi juga di kamu sendiri. Kadang kamu tak pernah bisa membatasi teman-temanmu yang ingin membagi foto-foto kalian. Sementara di foto-foto itu kadang juga ada hal yang ternyata tak disuka oleh pasanganmu.

Jadi urusan sosial media harusnya bisalah disikapi lebih bijaksana sedikit. Kamu tak perlu menjadikannya alasan untuk kalian bertengkar. Toh selama komunikasi kalian secara langsung baik-baik saja, bukankah sosial media hanya pelengkap?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya