Artikel ini dipersembahkan untukmu oleh Ultra Mimi. Susu yang bisa mengembalikan kehangatan dan perhatian khas Ibu

Udah pernah bawa pacar ketemu Ibu? Kalau belum,mungkin melakukannya justru bisa baik untuk hubungan kamu. Pengalaman beliau bertahun-tahun membina rumah tangga dan bertemu orang berbagai macam rupa tentu sudah melatih instingnya dalam menentukan cowok mana yang baik buat kamu. Apalagi, dia juga luar-dalam mengenalmu.

Tapi sebelum membawa pacar ke hadapan Ibu, ada baiknya kamu tahu dulu trik-trik beliau dalam menyeleksi calon jodohmu. Apa aja sih yang Ibumu perhatikan dari dia saat kamu mempertemukan mereka? Siap-siap tahu, ya!

1. Sebelum bertemu di dunia nyata, Ibumu bisa jadi kepo media sosial dia. ‘Jagain’ pacarmu supaya gak posting aneh-aneh, ya 🙂

Hati-hati sama postingan medsos! via photobucket.com

Sebelum mereka ketemu beneran di dunia nyata, Ibumu bisa jadi udah kepo duluan sama pacar kamu. Profil Facebook-nya beliau scroll ke bawah sampai postingan awal banget dari tahun 2008. Foto profilnya, status-status lama, sampai laman ‘About Me’-nya aja beliau kepoin. Beliau benar-benar mau tahu, makhluk macam apa sih yang tiap hari lebih sering di-SMS anaknya dibandingin dia?

Makanya, ‘jagain’ pacarmu supaya dia gak posting yang aneh-aneh di media sosial ya. Salah-salah, Ibumu ilfeel lagi sebelum ketemu di dunia nyata.

2. Penampilannya pun jadi hal utama. Ini yang akan Ibumu ‘inspeksi’ pertama kali di dunia nyata

Perhatikan penampilan via lookbook.nu

“Si Bayu kok pakai kaos terus sih, Ngel? Masa’ ke kantor pakai kaos?”

“Ya iyalah Ma, dia ‘kan emang kantornya bebas. Tenang aja, kerjaannya gak aneh-aneh kok.”

Penampilan apa yang beliau sukai tergantung banget sama siapa Ibumu, sih. Kalau beliau tipe yang konservatif, kemeja plus jeans panjang adalah penampilan paling aman. Lebih keren lagi kalau ditambah sepatu kulit yang sopan. Tapi bukan gak mungkin kamu punya Ibu yang ‘gaul’. Kalau di mata beliau, cowok ngecet rambut atau tatoan sih gak masalah — keren, malah!

“Ah, penampilan sih gak penting, Teh. Yang penting hatinya…”

Rasanya hampir gak mungkin Mamamu bilang kalimat macam di atas. Pacarmu memang gak harus ganteng, tapi kalau ketemu Ibumu pakai baju dari karung goni, bisa-bisa hubungan kalian gak direstui! 😉

3. Jangan heran pula kalau di pertemuan pertama, beliau udah nanya pacar soal keluarganya

Sudah tanya soal keluarga! via dianlee.tumblr.com

“Papa kerja di mana? Kalau Mama? Kamu anak keberapa? Hmmm…”

Namanya juga Ibu. Beliau selalu mau yang terbaik buat kamu. Pasangan yang bisa diandalkan sampai bertahun-tahun nanti, bukan bocah kecil yang cuma mau senang-senang saat ini.

Makanya Ibu bakal kepo soal latar belakang keluarga pacarmu. Dari jawaban pacar, beliau akan menyimpulkan apakah keluarganya dan keluarga kamu memang cocok jadi besan. Hehe, jangan dipikir kalau nanti yang nikah kalian berdua aja! Sebenarnya, keluarga kamu juga akan menikah dengan keluarga dia. Jadi jelas dong, kenapa Ibu kepo banget soal keluarganya?

4. Karakter pacar juga bakal beliau gali lewat pertanyaan kecil. Misalnya aja, “Mas suka makan apa?”

Suka susu, nggak Mas? via favim.com

“Mas Ragil bisa makan pedes? Tante sih kalau masak di rumah pedes terus, soalnya Oom doyan sambel…”

Jangan salah, pertanyaan semacam ini bukan basa-basi. Dari makanan dan minuman favorit pacarmu, beliau benar-benar bisa melakukan seleksi.

“Loh, Mas Ragil nggak suka susu? Tapi nanti kalau punya anak tetep dikasih susu ya. Kan biar tetep sehat. Repot lho kalau anakmu sakit, percaya deh sama Tante!”

5. Mungkin kamu nggak mengira. Tapi diam-diam, Ibu juga menilai pacar kamu dari gerak-gerik kecilnya

Ibu juga menilai dari gerak-gerik kecilnya via tumblr.com

Saat kalian makan bareng di luar, apakah pacarmu cukup sopan untuk menunggu makanan Ibumu datang sebelum mulai makan?

Saat kalian memasuki toko atau bangunan, apakah pacarmu akan menahan pintu untuk Ibumu dan kamu?

Kadang, karakter seseorang justru paling terlihat dari gerak-gerik kecilnya. Seberapa sopan sih dia di depan kamu dan ibumu? Seberapa berinisiatif dia menawarkan pertolongan kecil pada ibumu? Seberapa ramah sih gaya bicaranya ke waiter dan waitress di restoran? Ah, Ibu sih memang paling tahu. Soal meneliti karakter sebenarnya dari pacarmu, dia gak akan gampang tertipu.

6. Yang terakhir, Ibu akan melihat cara pacar memperlakukanmu. Dari pandangan matanya sampai bagaimana ia menghormatimu

“Kapan putus sama Randi?”

“Ih, Mama. Kok gitu sih Ma?”

“Lho, Mama serius. Abis menurut Mama dia nggak ngehormatin kamu gitu.”

Ada kalanya kamu nggak setuju pada penilaian Ibu tentang pacarmu. Tapi entah kenapa, waktu membuktikan bahwa penilaian beliaulah yang benar. Mau nggak mau, kamu pun harus mengakui bahwa Ibu punya insting yang nggak terkalahkan.

Mungkin kamu tidak menyadari, tapi Ibulah yang berperan menyeleksi jodohmu selama ini. Intervensinya yang menghindarkan kamu dari menjalin hubungan fatal lebih jauh lagi. Dan jika beliau sudah memberi lampu hijau, hampir bisa dipastikan kamu sudah bertemu pacar yang berkualitas tinggi 🙂

Ah, sudahkah kamu berterima kasih pada Ibu yang sudah membantu menyeleksi jodohmu? Kalau belum, tunggu apa lagi? Beliau pasti terharu!