Mantan (k.b.): yang dulu selalu menyapa tiap pagi, tapi sekarang nggak mungkin lagi dimiliki.

Apa sih yang terlintas di benakmu ketika mendengar atau membaca kata itu? Perih? Sakit hati? Dendam? Itu manusiawi. Mungkin rasa sakit dari cerita masa lalu belum tuntas sepenuhnya, dan sampai sekarang kamu masih menyimpan luka.

Namun, ada juga yang merasa biasa saja dan menganggap bahwa mantan adalah cerita usang yang gak perlu lagi dikenang. Memang ada benarnya, namun tetap saja kehadirannya pernah begitu berarti. Dan apapun yang pernah berarti dalam hidup kita sesungguhnya memberikan pelajaran tersendiri. Jika sampai saat ini kamu masih diliputi rasa dendam atau gak mau tahu tentang dia lagi, sebenarnya ada 6 hal baik ini yang secara tanpa sadar telah diajarkan mantan. Apa saja?

Berterimakasihlah pada rasa sakit yang pernah ditorehkannya. Kamu justru tertempa menjadi pribadi yang lebih tangguh daripada sebelumnya.

terima kasih mantan via dylandsara.com

Bisa dipastikan bahwa perpisahan yang terjadi antara kamu dan mantan akan membawa luka tersendiri. Meskipun kamu dan dia berpisah secara baik-baik, namun tetap saja ada rasa sakit yang terbawa. Memang dia merupakan sumber rasa sakit yang kamu rasakan selama beberapa waktu lamanya. Namun, tanpa disadari dia pula yang membuatmu menjadi pribadi yang lebih tangguh daripada sebelumnya.

Advertisement

Tanpa ada luka yang didapat dari mantan, tentunya kamu gak akan kuat seperti sekarang. Kamu yang sudah pernah dilukai menjadi pribadi yang tangguh dan selektif dalam menentukan pelabuhan hatimu yang selanjutnya. Tanpa sadar kamu sanggup menamengi diri sendiri supaya gak mendapat luka yang serupa. Bukankah semua hal baik ini disebabkan karena luka yang pernah diberikan oleh mantan?

Karena sakit hati, kamu terpaksa ‘jadi’ mandiri. Mau tak mau kamu belajar menyembuhkan luka sendiri.

terima kasih mantan via dylandsara.com

Rasa sakit yang didapat karena sosok mantan membawa manfaat sendiri untukmu. Kamu terbentuk menjadi pribadi yang mandiri. Makin ke depannya kamu jadi tahu dan lihai dalam menyembuhkan luka hati yang sedang kamu rasakan. Kamu sudah hafal apa saja yang mesti dilakoni supaya luka yang sedang kamu rasakan segera sembuh. Entah itu menyibukkan diri dengan pekerjaan, melakukan hal-hal yang kamu gemari, hingga mencari kegiatan baru yang belum pernah kamu lakukan sendirian. Berterimakasihlah padanya, dari dia kamu bisa menjadi sosok tegar yang bisa menyembuhkan luka seorang diri.

Mungkin memang kalian sudah berbeda jalan, namun tetap ada nilai hidupnya yang bisa kamu jadikan pelajaran.

terimakasih mantan via dylandsara.com

Sekarang ini mungkin kamu dan dia sudah tak lagi bersama karena berbeda jalan. Namun tetap saja ada nilai hidupnya yang bisa dijadikan pelajaran. Misalnya saja, dari dia kamu belajar bagaimana lebih bersabar. Bahkan, kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan jika menghadapi orang yang memiliki watak sama seperti mantanmu.

Selain itu, ada nilai positif dari dirinya yang bisa kamu jadikan contoh baik. Kamu bisa meniru sikap dewasa yang tersemat padanya atau mengadopsi sikap tenangnya ketika sedang dihadapkan oleh permasalahan. Bukan bermaksud untuk menolak move on, namun daripada mencacinya bukankah lebih baik kamu mencari sudut pandang yang lebih positif sehingga bisa menyerap pelajaran baik dari sosoknya?

Pertemuan dan perpisahanmu membawa pelajaran. Dari sini kamu belajar menghadapi kenyataan.

terimakasih mantan via dylandsara.com

Perpisahan yang terjadi tentu sangat menyakitkan. Namun, sebenarnya ini merupakan cara supaya kamu dipaksa untuk menghadapi kenyataan. Lewat perpisahan yang terjadi antara dirimu dan mantan kamu jadi paham bahwa rasa sakit yang kamu rasakan adalah nyata dan kamu dituntut untuk bisa berhasil melaluinya. Pada akhirnya setelah berhasil melewatinya, kamu jadi tahu bahwa selalu ada kebaikan yang datang di balik perpisahanmu dengan sang mantan.

Sekarang kamu menjadi pribadi yang baru, tanpa bertemu dengannya kamu gak akan menjadi dirimu yang seperti sekarang.

terima kasih mantan via dylandsara.com

Pertemuan dan perpisahan yang pernah terjadi dengan dirinya tentu bisa menjadi bekal tersendiri untuk kamu bawa di masa depan. Pada akhirnya setelah berpisah dengannya, kamu menjadi pribadi yang baru. Bagaimanapun juga, sakit yang pernah dirasakan membuatmu lebih tegar dan lebih selektif dalam memilih pasangan ke depannya. Bukankah hal baik ini tak akan kamu dapatkan jika kamu gak sakit hati dengan mantan?

Berterimakasihlah kalian pernah bertemu. Kamu jadi tahu bahwa ada seseorang yang lebih baik dari dia yang sedang menunggumu.

terima kasih mantan via dylandsara.com

Sungguh, kamu perlu mengucapkan terimakasih kepada mantan di masa lalu. Pertemuan dan perpisahan yang terjadi di antara kalian membuatmu mengetahui satu hal pasti. Kamu jadi paham bahwa mantan merupakan perhentian sementara. Tujuanmu yang sebenarnya bukan dia dan ada seseorang yang lebih baik dari dia yang sedang menunggumu di luar sana. Jika sudah begini, bukankah lebih baik pertemuan dan perpisahan yang terjadi dengan mantan layak untuk disyukuri?

Semoga kamu gak lagi mendendam ya. Sebaliknya, berterimakasihlah pada kehadirannya.