Sudah jadi lagu lama, kalau kecuekan cowok sering membuat ceweknya geregetan. Mengingat cewek punya harapan untuk diberi perhatian lebih oleh pasangannya. Paling tidak kalau tak bisa bertemu setiap saat, ada komunikasi yang tak terputus lewat telepon atau chat. Tapi sayangnya, cowok kalau sudah kumat cueknya atau memang sifat dasarnya seperti itu sering kali sulit diajak komunikasi lewat chat. Pasti ada saja hari di mana kamu menanti-nanti balasan chat darinya. Sementara kalau di telepon pun tak mendapat jawaban.

Momen chat yang tak dapat balasan berjam-jam bahkan seharian memang sangat menguji emosi. Tapi, alih-alih disikapi dengan drama seperti ngambek atau marah-marah, bukankah lebih enak kalau kamu mencari solusi untuk membuat dirimu sendiri tenang? Solusinya pun sesederhana, beberapa sikap yang Hipwee Hubungan urakan di bawah ini. Toh balasan chat dari cowokmu akan datang di saat yang tepat, saat dia tak lagi sibuk atau saat ingatannya kembali kalau ada kamu yang menunggu.

1. Berhenti buka tutup ponsel, sebab menatap layarnya saja pasti buatmu terus berharap chat balasan darinya masuk

Berhenti main hp sejenak via www.pexels.com

Menanti sesuatu tak hanya menguras kesabaran, tapi kadang pun memeras fokus pikiran. Sebentar-sebentar kamu melihat layar ponsel bahkan membuka – tutupnya, sekadar memastikan ada chat yang masuk darinya atau tidak. Padahal kamu sendiri sedang sibuk mengerjakan deadline atau kegiatan yang lain. Sampai kadang, saat ada notifikasi masuk pun kamu sudah lebih dulu berharap kalau itu balasan chat darinya. Tapi sayang harapan seperti itu pupus berkali-kali.

Jadi solusi pertamanya, ya kamu harus bisa menahan diri untuk tak membuka tutup ponselmu ataupun sekadar melirik ke arahnya. Biarkan saja ponselmu tergeletak di salah satu sudut meja. Kalau perlu, kamu bisa meletakkannya di tempat yang tak terlihat dari matamu, seperti tas atau laci meja kerjamu.

2. Nggak berasumsi macam-macam, tapi cukup berpikiran “ah, paling dia lagi main game….”

Advertisement

Selow aja lagi via www.pexels.com

Saat khawatir tiba, dan hati rasanya tak bisa diajak bersabar, pikiranmu pasti akan mulai menciptakan asumsi yang macam-macam. Mulai dari ‘jangan-jangan dia marah,’ atau ‘dia mungkin sedang bersama cewek lainnya,’ sampai rasa ragu dengan perasaan sayangnya dia ke kamu. Asumsi yang aslinya tak akan muncul kalau saja kamu belajar menekannya dengan cukup berpikiran, ‘Ah…., paling lagi main game,’  kalau nggak mungkin saja dia sedang sibuk ataupun beristirahat.

 3. Menahan diri untuk tak mengirim chat lagi, setidaknya sampai 24 jam ke depan atau keesokan hari

Jangan di chat lagi via www.pexels.com

Dengan harapan dia akan segera membalas atau menghubungi, jika kamu kembali mengirimkannya chat lagi. Tapi sayangnya harapan seperti ini yang akhirnya membuat kamu merasa lebih dongkol, saat balasan darinya tetap tak datang. Karena itu, biar tak kesal sendiri, kamu memang perlu menahan diri untuk tak terus menghubungi atau mengirimi dia chat sampai paling tidak keesokan hari. Sikap seperti ini aslinya kelanjutan dari usahamu untuk mengurangi intensitas mengecek ponsel tadi.

4. Alihkan perhatianmu dengan menyibukkan diri, bisa jalan-jalan, bahkan tidur seharian

Tidur saja sudah via www.pexels.com

Kalaupun hari ini hari libur dan tak ada tugas yang harus diselesaikan, kamu tetap harus menyibukkan diri di momen seperti ini. Jangan sampai kamu cuma duduk merenung dan terus bertanya-tanya, dia kemana ya? Kok chat aku nggak dibalas juga? Dia sedang apa ya, masa balas chat saja nggak bisa?

Bukankah itu membuatmu tambah resah sendiri? Bukankah lebih baik kamu jalan-jalan, entah bersama teman, keluarga atau sendirian? Tapi kalau tak ingin mengeluarkan uang, kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan tidur seharian di rumah. Lumayan kan, bisa istirahat, sementara hati dan pikiran bisa tenang dengan sendirinya sejenak.

5. Nggak harus curhat sana sini apalagi ke teman cowokmu sendiri tentang kebiasaannya ini

Curhat dengan temannya via unsplash.com

Kebiasaan cewek itu kalau cowoknya tak ada kabar, ya curhat ke sana ke mari. Kalau ke teman atau keluargamu sendiri rasanya tak masalah. Tapi kalau ke teman cowokmu, bukankah ini bisa jadi senjata makan tuan yang justru membuat kamu atau dia bertengkar. Karena belum tentu cowokmu senang dengan sikapmu yang seperti ini. Jadi untuk persoalan yang satu ini, kamu memang harus belajar mengerem hasrat untuk curhat.

6. Bicara langsung baik-baik, biar dia tahu apa yang harus diperbaiki pelan-pelan, sebab sikap cuek pun bisa diluruskan

Dibicarakan baik-baik via www.nessakphotography.com

Kembali lagi ke adab berkomunikasi yang baik dan dewasa sebagai pasangan. Kalau kamu merasa tak suka dengan kebiasaannya telat membalas chat yang kadang sampai seharian penuh, ya dibicarakan langsung. Tanya langsung alasan dia sering seperti itu. Cari juga solusinya, kan siapa tahu dia mau berusaha untuk memperbaiki kebiasaan buruknya itu perlahan-lahan. Karena sikap cuek sama seperti sikap lainnya yang ada di diri manusia, bisa diperbaiki, bisa dilurusi.

Toh pada akhirnya, perasaan sayang dia ke kamu tak bisa juga dipatok dari kesigapannya membalas pesan. Karena masih banyak hal lain yang bisa jadi tolak ukur bagaimana keseriusannya ke kamu. Apalagi kalau cowokmu ini dasarnya cuek sekali.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya