Sebagai mahluk sosial, bersikap ramah pada orang lain mungkin memang menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Tapi, perlu dingat juga kalau sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pun tak baik? Ya, termasuk keramahan cowokmu ini. Karena ternyata keramahan cowokmu pada orang lain termasuk dengan teman ceweknya ini pelan-pelan menimbulkan percik cemburu, apalagi kalau kamu sudah terlalu terbawa perasaan atau baperan.

Nah, kalau memang pasanganmu punya bakat terlalu ramah dengan orang lain, kamu perlu melakukan hal-hal di bawah ini supaya hatimu terasa aman dan nggak gampang baper.

1. Jangan cuma bilang tak suka, tapi kamu perlu beri penjelasan yang masuk akal soal ketidaksukaanmu dengan sikap terlalu ramahnya itu

obrolin aja dulu~ via www.andreaschroll.com

Dalam hal apapun, termasuk hubungan, komunikasi jelas jadi sesuatu hal penting yang harus dilakukan. Dan, perkara keramahan nan berlebihan yang dimiliki pasanganmu tentu harus dibicarakan, dengan kepala dingin tanpa emosi. Di momen ini, jelaskan saja padanya jika sikap ramah dia pada orang lain dan teman ceweknya seringkali membuatmu merasa tak nyaman.

Jangan takut untuk menceritakan apa saja yang jadi ganjalan di hatimu, sebab dia pun perlu tahu kalau ada perasaan yang perlu dijaga dari sikap ramahnya. Nggak hanya itu, kalian pun harus buat kesepakatan bersama batasan-batasan apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat hubungan kalian tetap hangat.

2. Kalau memang keramahannya ini bawaan dari lahir, ikut syukuri dan ambil sisi positifnya, supaya hubungan kalian pun selalu baik

Advertisement

kali aja setelah itu jadi lebih baik… via pixabay.com

Mungkin memang sifat ramah yang dimilikinya sudah jadi sifat bawaan, tapi nggak ada salahnya juga mengajaknya terus berbenah diri dan hubungan ini. Sesekali kamu bisa mengajaknya bernostalgia masa-masa PDKT , atau mengunjungi lagi tempat-tempat favorit kalian berdua. Pastinya jangan lupa memberikan perhatian dengan baik dan sewajarnya, biar dia tak mencari perhatian dengan “ramah” di luar sana. Tapi, ingat perhatianmu pun jangan berlebih dan berubah jadi posesif.

2. Cemburu boleh, tapi jangan lupa tahan emosi dan tak sampai membuat kalian ribut sendiri

kucemburu… via www.logancoleblog.com

Wajar banget kok kalau kemudian kamu merasakan cemburu pada pasanganmu yang terlewat ramah dengan orang lain dan teman ceweknya. Tapi kamu harus bisa mengatasi dan menempatkan rasa cemburu dengan tepat, jangan sampai rasa itu membuat dia merasa terbatasi. Dia bisa jadi memang begitu ramah, tapi bukan berarti dia nggak punya cukup ruang untuk bermain sesuai batasan dengan teman ceweknya. Biar cemburu yang kamu miliki tak jadi alasan yang dibalikkannya sebagai perusak hubungan.

4. Daripada makan hati, memang ada baiknya kamu abaikan atau cueki saja pacarmu ini, biar dia pun bisa intropeksi diri

bukan berarti nggak peduli kok… via www.nessakphotography.com

Mungkin buat kamu yang cuek, mengabaikan keramahan si pacar bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Tapi kamu tetap harus berusaha sedikit demi sedikit mengabaikan keramahannya. Bukan tanpa alasan, semua itu berguna untuk perasaanmu agar lebih tenang dan jauh dari baper. Selain itu, kamu seperti perlu memberikannya ruang untuk berpikir jika keramahan yang dimilikinya sudah mulai mengganggu hubungan. Siapa tahu, dengan kamu sedikit mengabaikan sikapnya, dia bisa mengintrospeksi diri.

5. Sudah memberi tahu, tapi dia masih saja seperti itu, mungkin kamu perlu pikirkan kembali hubungan serta hatimu

pikir lagi dulu deh! via kelascinta.com

Kalau kamu merasa sikap ramahnya dia sudah melewati batas baper-mu dan beberapa usaha sudah kamu lakukan tanpa hasil, agaknya kamu perlu mengambil pilihan yang lebih tegas. Jika memang dirasa sudah kelewatan, memikirkan kembali hubungan yang dijalani rasanya bukan jadi pilihan yang salah. Karena sadar ataupun tidak, dirimu sendiri memiliki banyak hal lain yang perlu diurusi selain sikap ramah pacarmu yang mungkin lama kelamaan mulai menyakiti.

6. Kalau memang kamu memilih untuk bertahan, memberinya sebuah kepercayaan mungkin bisa jadi jalan keluar…

aku percaya kamu kok :3 via shutterstock.com

Saat kamu memutuskan untuk tetap bertahan dalam hubungan kalian, cobalah untuk memberinya sebuah kepercayaan atas pacarmu dan sikap ramahnya. Meski memang sulit untuk percaya, namun bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya, ‘kan? Sebab, dengan rasa percaya yang kamu berikan untuknya, akan ada banyak hal yang bisa sama-sama kalian dapatkan.

Salah satu hal yang bisa kamu dapatkan adalah sebuah ketengan dalam hatimu, karena dengan percaya yang sudah ditanamkan untuknya, kamu nggak akan lagi terlalu khawatir akan apa saja yang akan dilakukannya. Selain itu, percaya yang kamu kasih juga bisa saja menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dirinya untuk berusaha nggak mengecewakan rasa percaya yang kamu punya. Dengan kata lain, saat kamu benar-benar percaya padanya, bisa saja dia sadar untuk bersikap ramah sesuai dengan porsinya.

Dan, ya, itulah dia hal-hal yang kiranya bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasanganmu dengan bakat ramahnya nan berlebihan. Semoga saja dengan hal teersebut nggak ada kata perpisahan dan hubungan kalian bisa terus hangat berjalan. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya