Mungkin sebagian dari kamu menganggap kalau menggenggam tangan pasangan adalah sesuatu yang biasa saja untuk dilakukan dan jauh dari kata romantis. Atau bahkan menggenggam tangan pasangan bagimu hanya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika kamu tengah berjalan kaki bersamanya dan hendak menyeberang saja, misalnya. Ya, jika kamu memang menganggap sebuah genggaman tangan nggak lebih romantis daripada pelukan dan sangat biasa untuk dilakukan, maka kamu harus mengubah pikiran itu sekarang.

Sebab, menggenggam tangan si kesayangan ternyata memiliki banyak manfaat untuk hubungan yang kalian jalani bersama-sama. Nggak hanya untuk bertukar kemesraan, menggenggam tangan pasanganmu pun ternyata punya manfaat baik bagi hati dan juga kesehatan. Nah, agar kamu nggak lagi ragu untuk menggenggam tangan pasanganmu, coba deh simak beberapa hal di bawah ini.

1. Nggak hanya untuk membimbingnya menyeberangi jalan, menggenggam tangan pun ampuh menghilangkan stres yang melanda pikiran

Nggak cuma berguna saat mau nyeberang saja kok. via elizabethwellsphoto.com

Siapa bilang kalau menggenggam tangannya hanya bermanfaat untuk membimbingnya ketika menyeberangi jalan. Nyatanya diketahui dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. James Coan, seorang psikolog dari Universitas Virginia, menggenggam tangan dia yang kamu sayang akan bisa membantunya keluar dari rasa stres yang dirasakannya.

Pada penelitian tersebut ditunjukkan jika efek pegangan tangan nggak hanya ditimbulkan oleh jari saja, tapi juga oleh otakmu. Untuk itu, kalau dia tengah mengeluhkan kalau dirinya sedang stres, maka kamu nggak usah bingung dan ragu lagi untuk melakukan apa. Cukup ambil tangannya dan genggamlah dengan lembut.

2. Mau romantis nggak perlu nunggu tempat sepi atau membuainya dengan kata-kata indah, karena genggaman tangan sudah cukup mewakili

Advertisement

romantisnya :3 via www.kindseymhire.com

Kamu pun bisa jadi romantis tanpa perlu menunggu tempat sepi atau membuainya dengan gombalan-gombalan manis. Yap! Dengan menggenggam tangannya, kamu bisa jadi seorang yang menunjukkan romantisme-mu untuk pasangan. Bahkan, cukup dengan menggenggamnya kamu pun bisa tetap romantis tanpa perlu mengumbar kemesraan yang berlebihan di muka umum.

Jadi, biarkanlah jari-jari tanganmu dan dia saling berkait satu sama lain. Dan, agar lebih terbangun suasana romantis di antara kalian, kamu boleh kok menyelipkan senyuman manis atau sekadar kerlingan matamu. Bohong deh rasanya kalau suasana romantis itu nggak terasa.

3. Rasa aman dan nyaman juga sudah pasti bisa kamu berikan dengan genggaman tangan

sayang…. via www.unsplash.com

Kenyamanan yang dirasakan tiap pasangan bisa saja terasa karena banyak hal. Nah, bicara soal kenyamanan tersebut, menjadi hal yang wajar terjadi rasanya kalau pasanganmu tiba-tiba saja merasa nggak nyaman karena sesuatu yang dia sendiri nggak tahu apa alasannya. Nah, kalau memang dia tengah uring-uringan seperti itu, coba deh langsung gerak cepat untuk menggenggam tangannya. Sebab, dijamin dia akan langsung diam dan merasakan kembali kenyamanan bersama dengan kamu.

Dan, dengan menggenggam tangannya juga, secara otomatis dia akan merasa aman dari rasa takut yang bisa jadi sedang dirasakannya. Saat kamu menggenggamnya, dia pasti akan merasa jika kamulah tempat yang tepat untuk bersandar dan melepaskan rasa takutnya.

4. Kehangatan juga jadi hal yang bisa dirasakannya kala kamu dengan ikhlas menggenggam tangannya

hangat, yang! via lieschenscoffee.tumblr.com

Jika cuaca turut mendukung dengan hawa dinginnya, nggak salah kok jika kamu langsung ambil sikap untuk segera menggenggam tangannya. Meski nggak diminta, mungkin itulah yang sebenarnya dia harapkan juga. Pasalnya, saat dingin seperti itu, kecil kemungkinan untuk dia menolak merasakan kehangatan dari jemarimu yang ikhlas menggenggamnya. Yakinlah jika dengan genggaman yang kamu berikan, dia akan merasa begitu hangat sampai ke dalam hatinya. 🙂

5. Hanya dengan saling menggenggam tangan rasa-rasa tak menyenangkan pun bisa hilang seketika

jangan sedih lagi, ya! via www.newhdwallpaper.in

Saat kamu tahu dia sedang merasakan sebuah kesedihan di hatinya, nggak usah ragu untuk segera menggenggam tangannya. Karena dengan kamu menggenggam tangannya dia akan bisa merasakan kembali jika dirinya tengah dikuatkan olehmu. Alasannya pun sederhana, karena secara nggak langsung dia akan merasa rileks. Iya, rasa rileks itu ada dari jemarimu yang masuk ke dalam tubuhnya hingga ke otak.

So, sebagai langkah awal mengembalikan keceriaannya, genggamlah dengan kuat tangannya. Selanjutnya, kamu bisa melakukan hal lain yang mungkin bisa berguna untuk mengembalikan senyum manisnya yang bisa jadi selalu kamu tunggu.

6. Kamu juga bisa menunjukkan sebuah bentuk keseriusan dalam hubungan dari sebuah genggaman yang ada

serius sama kamu 🙂 via elizabethwellsphoto.com

Ketika kamu memegang tangannya di depan umum dan kalian merasa nyaman, artinya memang kamu nggak lagi segan menunjukkan kasih sayangmu untuknya dalam bentuk kontak fisik yang tetap santun dan nggak vulgar. Hal ini pun bisa jadi sebuah ajang pembuktian kalau kamu nggak perlu pakai cara yang rumit dan berlebihan untuk menunjukkan kasih sayangmu, juga bisa berguna untuk menunjukkan keseriusanmu.

Kamu hanya cukup genggam tangannya dengan erat dan lembut, maka dia pun akan bisa merasakan tanda-tanda kasih sayang yang kamu punya untuknya adalah rasa yang tulus dan ikhlas. Dan, itu bisa kamu lakukan hanya dengan menggenggam tangannya.

7. Dan tahukan kamu, selain membuatnya senang, bergenggaman tangan pun membuat kamu dan dia sehat serta panjang umur, lho….

Genggaman tangan sehat via redsheepphotocinema.com

Menurut studi dari Psychosomatic Medicine, bergandengan tangan dengan si dia yang kamu sayang bisa menurunkan tekanan darah dan juga bisa menghindarkan kamu dari penyakit jantung. Selain itu, para ilmuwan di John Hopkins University juga menyatakan jika rasa sakit yang dialami seseorang bisa berkurang dengan memberikan tekanan ringan di daerah tangan, antara ibu jari dan telunjukmu.

Jadi, kalau kesayanganmu sedang sakit berikanlah genggaman yang akan membuatnya merasa lebih baik. Dan… Kalau kamu ingin terus hidup dengan sehat dan berumur panjang, cobalah rutin menggenggam tangannya dengan baik.

Gimana, apa sekarang kamu masih nggak mau menggenggam tangannya dengan erat? Toh, saling mengenggam satu sama lain akan membuat kalian tetap bahagia dan semakin sehat. Yuk, saling menggenggam! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya