Ada yang bilang punya saudara cewek itu menyenangkan, sebab dia bisa sangat perhatian dengan keluarganya. Ada juga yang berpendapat jika saudara cowok lah juaranya, selain bisa tetap perhatian, tapi pasti selalu jadi andalan dalam segala situasi maupun kondisi. Sementara kehadiran saudara cewek atau cowok sebenarnya tetap punya kelebihan dan kekurangannya. Toh hubungan antara kamu dengan kakak serta adikmu ini pun tergantung dari komunikasi kalian sehari-hari. Jadi mau kamu anak sulung, tengah, atau bungsu, beberapa goals dalam hubungan kalian ini pasti sudah khatam dialami atau dirasakan olehmu.

Goals ini juga yang jadi bukti bahwa ikatan saudara sampai kapanpun tetap ada, sekalipun kalian saling cuek-cuekan atau tak lagi tinggal sama-sama.

1. Waktu kumpul seringnya bertengkar, sementara kalau tak bertemu justru saling mencari-cari

Berantem, tapi bisa saling kangen via www.theodysseyonline.com

Bu, Mas Ojik ke mana? Kok rumah sepi banget dari kemarin.

Kalau nggak ada aja dicariin, tapi kalau ada udah kayak Tom and Jerry.

Kadang tak hanya orangtuamu yang hafal dengan tingkah laku kamu dengan saudara-saudaramu. Tapi juga orang-orang terdekat kalian yang lain. Mereka tahunya kalian senang sekali bertengkar seperti beradu pendapat atau sekadar ledek-ledekan. Sementara saat kamu atau kakak – adikmu ini tak ada, pasti salah satu dari kalian ada yang bertanya-tanya. Diam-diam kalian merasa seperti ada yang kurang. Meski kalian sendiri kadang tak ingin mengakui kalau diam-diam pun saling merindukan.

2. Tanpa diminta orangtua, kalian pasti saling membantu saat salah satu sedang mengalami kesulitan

Advertisement

sini aku bantuin via www.pexels.com

Lagi ngapain dek?

Ini Mas, masa laptopnya nggak bisa di-charge. Kenapa ya?

Sini, Mas coba lihat….

Tak perlu menunggu sampai ibu memanggil-manggil salah satu dari kalian untuk membantu saudaranya yang kesulitan. Tapi terkadang kalian punya kesadaran sendiri, atau biasanya ya memang kamu atau saudaramu tak enggan untuk meminta tolong langsung. Paling tidak kamu serta saudaramu ini mengerti makna persaudaraan. Sekalipun rasa-rasa malas atau cuek sesekali menghampiri kalian.

3. Berbagi tak hanya soal materi, tapi juga setiap hal yang dilalui sehari-hari sampai candaan yang receh sekali

Berbagi apapun via www.pexels.com

Ada alasan kenapa kamu memerlukan saudara, baik kandung, tiri ataupun hanya sepupu. Sebab kamu sebagai makhluk sosial memang tak bisa hanya hidup sendiri atau dengan orangtua saja. Ada saatnya kamu butuh teman sepantaran atau yang usianya tak terpaut jauh untuk bercerita, bercanda, bermain sesuatu seperti congklak dan monopoli atau sekadar berbagi makanan yang dipunya. Mengingat kadang orangtuamu sendiri punya kesibukan yang tak sama denganmu, atau kadang ada momen di mana kamu dengan orangtuamu ini tak sejalan dalam sesuatu hal.

4. Setelah bertengkar kalian tak lantas saling benci, justru ini buat kamu atau saudaramu saling mengerti lagi

Kalian jadi saling mengerti via www.pexels.com

Namanya hubungan, kesalahpahaman atau ribut-ribut pasti akan ada saja. Bisa saja sesepele, kamu yang tak terima saat kakakmu berkomentar mengenai pacarmu yang jauh dari ekspektasimu. Bisa juga saat kamu dengan polosnya masuk ke kamar adikmu lalu memberantakinya. Menyebalkan memang rasanya, tapi dari hal seremeh itu pula kakakmu jadi bisa mengerti bagaimana seleramu dalam memilih pasangan. Sementara kamu bisa mengerti kebiasaan rapi adikmu, bahkan sampai seberapa ingatnya dia dengan detail letak barang-barang pribadinya di kamarnya sendiri.

5. Biarpun sering saling menyalahkan, tapi kalian tetap punya inisiatif untuk mengatasi masalah yang muncul di keluarga

bisa saling menguatkan juga via dylandsara.com

Lho kok aku? Tadi aku pakai masih baik-baik aja.

Iya tapi ‘kan intinya kita sama-sama pakai hari ini. Jadi kalau rusak masa cuma aku aja yang disalahin.

Dih, tapi ‘kan Mbak yang terakhir pakai.

Terkadang kalian tak ada yang mau disalahkan. Kamu menganggap kakakmu yang salah. Sementara kakakmu sendiri tak ingin jika dirinya saja yang disalahkan. Membuat ayah atau ibumu bingung sampai gregetan pastinya. Tapi biarpun sering saling lempar kesalahan, kalian tetap punya inisiatif yang besar untuk sama-sama mengatasi masalah yang muncul dalam keluarga. Malah kadang kamu atau saudaramu berlomba-lomba untuk mengatasinya. Sekalipun masalahnya sesederhana, saat ibumu sedang sakit dan tak bisa menyelesaikan pekerjaan rumah. Kamu dan kakakmu lah yang tiba-tiba jadi rajin, sampai dulu-duluan dan banyak-banyakan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

6. Mau saudaramu cewek atau cowok, kamu tetap saja bertukar barang dengan suka-suka

pinjam kemeja kakak via juliagenevieveleung.blogspot.co.id

Mas, kayaknya kamu punya sepatu lari yang udah kekecilan deh.

Buat apa emangnya?

Buat adek pakai lah.

Lah, itu ‘kan sepatu lari buat cowok dek.

Kamu nggak lihat kaki adekmu gede gini kayak cowok!

Kadang kamu juga tak sungkan memakai jaket, kaos, atau celana pendek kakakmu yang cowok. Sebab kadang kamu dan kakakmu ini punya selera yang hampir sama untuk memilih barang-barang. Atau kamu sebagai adik sudah terbiasa dapat barang bekas dari kakakmu ini. Ya, namanya juga saudara, jadi kan harus saling berbagi dalam semua hal ‘kan ya. Hehehe….

7. Kejahilan-kejahilan yang menyebalkan tapi justru jadi cara jitu untuk lebih mendekatkan kalian

Dek bau nggak? via www.youtube.com

Dek, cium tangan Mas deh….

Ih, apaan tuh baunya kayak kecut-kecut gitu?

Hahaha, wangi ‘kan keringet ketiaknya Mas….

Entah sudah seberapa sering ibumu berujar, “Mas/Mbak jangan usilin adeknya terus dong,”. Rasanya memang menyebalkan sekali. Apalagi kalau kamu sendiri sedang tak ingin diganggu alias sedang tak bisa diajak bercanda. Tapi percaya saja, kejahilan ini justru jadi cara paling juara untuk membuat ikatan persaudaraan kalian lebih lekat dan kuat. Kelak kejahilan ini yang biasanya akan dirindukan oleh kalian.

Kalau kamu dan saudaramu sendiri, kira-kira sudah khatam dengan yang mana nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya