Bagi pasangan yang menjalani hubungan, tentu mengharapkan agar hubungan tersebut bisa bertahan hingga ke jenjang pernikahan dan langgeng sampai maut memisahkan. Dan tentunya nggak sedikit yang harus melalui jalan panjang untuk bisa naik ke level selanjutnya. Harus melalui beberapa tahun dahulu agar bisa naik ke pelaminan.

Tapi kenyataannya, banyak harapan yang tak sampai. Bahkan tak sampai bilangan tahun, hubungan yang dijalani kandas dengan mudahnya. Jika hubungan yang kamu jalani hanya bertahan dalam hitungan bulan, mungkin hal-hal ini bisa menjelaskan kenapa kamu tak bisa mencicipi rasanya punya hubungan yang bisa langgeng bertahun-tahun lamanya.

1. Memulai hubungan bukan karena saling ada rasa, tapi hanya karena kasihan dan tak tega menolaknya

Hanya karena nggak tega menolaknya via dylandsara.com

Hal ini rasanya nggak tepat dijadikan alasan kamu memulai sebuah hubungan. Karena kamu nggak tega menolak dai yang ingin menjadikan kamu kekasihnya, bukan berarti kamu tetap menerima dan kalian akhirnya menjalani hubungan. Keterpaksaan itulah yang membuat hubunganmu ringkih. Tak diawali dengan rasa yang ingin ditumbuhkembangkan, wajar aja sih kalau kamu dan dia hanya bisa bertahan dalam hitungan bulan aja.

2. Menjadikan dia sebagai pelarian, hanya untuk meredam luka di hubungan yang lalu

Hubungan hanya sebuah pelarian via www.logancoleblog.com

Advertisement

Mungkin salah satu di antara kalian juga menjadikan hubungan ini sebagai pelarian. Hubungan sebelumnya yang menorehkan luka, membuatmu membutuhkan seseorang untuk meredam rasa sakitnya. Ini tentu bukanlah hal yang baik ‘kan untuk memulai sebuah hubungan baru? Karena pada akhirnya hanya akan menumbuhkan luka baru.

3. Ketidakpercayaanmu terhadap pasangan akhirnya mengikis rasa sayang dan cinta yang awalnya kalian tanamkan

Hubunganmu tak berlandaskan kepercayaan via www.logancoleblog.com

Kalau cuma mengandalkan perasaan, sebuah hubungan pasti nggak akan bisa bertahan. Agar hubunganmu bisa langgeng, kepercayaan adalah salah satu pondasinya. Mungkin saja kamu atau pasangan tidak menaruh kepercayaan satu sama lain. Misalnya hal seremeh sering ngecek semua chat pacar. Dan tanpa sadar, ketidakpercayan itulah yang membuat hubunganmu berakhir dengan mudahnya.

4. Hubungan tersebut hanya sebagai ajang balas dendam, ingin menunjukkan pada dia yang pernah menyakitimu bahwa kamu bisa mendapatkan yang lebih baik darinya

Kamu ingin balas dendam pada mantan via www.logancoleblog.com

Masih menaruh rasa sakit hati pada mantan, membuatmu atau pasangan ingin balas dendam. Kamu ingin membuatnya menyesal karena telah meninggalkanmu. Hal inilah yang mendasarimu membangun sebuah hubungan baru. Kamu ingin membuktikan padanya bahwa kamu juga bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik dari mantanmu. Kalau udah gini, hubungan yang kamu lalui sekarang ini nggak akan bisa bertahan lama.

5. Tak ada komitmen sejak awal hubungan mau dibawa kemana, makanya kamu dan dia merasa hubungan ini sekadar main-main aja

Pacaran hanya untuk main-main via www.logancoleblog.com

Nggak ada komitmen sejak awal tentang mau dibawa kemana hubungan yang kalian jalani juga hanya membuat hubungan itu akan berakhir sia-sia. Hubungan mampu berjalan dalam waktu yang lama karena sama-sama punya keinginan kuat untuk mempertahankan dan mewujudkan komitmen yang dibuat sejak awal. Jika komitmen itu yang nggak ada, apa yang membuat hubungan itu bisa berjalan dan bertahan?

6. Dia tak seperti yang kamu ekspektasikan, dan akhirnya membawamu pada kekecewaan yang kamu bangun sendiri

Ekspetasi terlalu tinggi via dylandsara.com

Harapanmu yang terlalu tinggi terhadap pasangan juga bisa memicu hubunganmu hanya bisa bertahan sebentar. Ekspektasimu tentang dia akan memperlakukanmu seperti apa, atau perhatiannya harus selalu tertuju padamu bahkan sebelum hubungan itu dimulai, pada akhirnya membautmu kecewa sendiri. Kamu merasa dia bukanlah orang yang selama ini kamu inginkan. Padahal sebuah hubungan harusnya saling menyempurnakan, bukan?

7. Hubungan kalian posesif dan banyak aturan, yang berujung pada perasaan nggak nyaman

Hubungan yang kamu jalani tak pernah nyaman via www.logancoleblog.com

Siapa sih yang tahan dengan berbagai aturan yang mengekang sebuah hubungan? Ketakutanmu jika suatu saat dia direbut oleh seseorang atau menyukai orang selain kamu, membuatmu membatasinya dengan banyak aturan. Kamu menjadi pasangan yang posesif. Dan hal ini udah pasti bukan sebuah hal yang baik ‘kan untuk sebuah hubungan? Mungkin inilah yang membuat hubunganmu dan dia berakhir padahal baru beberapa bulan saja.

Sebuah hubungan tentu dipertanggungjawabkan oleh dua orang. Kamu dan dia. Jika kamu bertanya-tanya kenapa hubungan yang kamu bangun hanya seumur jagung, saatnya kamu introspeksi. Coba bicarakan ya, agar hubungan kalian juga bisa langgeng dan bisa berakhir di pelaminan.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!