Ada yang bilang bahwa cemburu itu tanda cinta. Tanpa ada rasa cemburu yang ditunjukkan oleh pasangan, hubungan cinta malah terasa kurang lengkap. Tapi gak selamanya cemburu itu tanda cinta loh. Kadang cemburu yang berlebihan bisa berbuah petaka bagi hubungan kalian.

Apakah kamu sering merasa selow saat menghadapi pasanganmu yang cemburu? Jangan terlalu santai dulu.

Dia boleh nggak mengungkapkannya. Tapi sebenarnya 8 hal sepele ini jadi pemantik rasa cemburu di hatinya.

Sebenarnya waktu kamu fokus dengan gadgetmu, cemburu itu pasti terjadi dan hanya masalah waktu sebelum pasanganmu ngaku

Kamu lebih asik sama gadgetmu via www.dokonalazena.cz

“Sayang, liat deh. Ombaknya bagus banget, ya?”
“Hmm? Apa sayang?” *Main hape
“Gak papa.”

Advertisement

Ngecek hape sih wajar. Apalagi buat kamu yang emang orang yang punya segudang kegiatan yang gak bisa ditinggalkan. Entah kegiatan organisasi yang lagi ada masalah penting, ada kabar dari kampung halaman atau juga urusan bisnis online yang gak bisa kamu tinggalkan. Tapi kalau keseringan ngeceknya mah siapa yang gak cemburu. Seakan kamu menduakan dia yang sudah menyisihkan waktu untukmu.

Jadi kalau kamu sering ngecek hape pas berdua bersamanya, tinggal nunggu waktu aja sampai dia terus terang dengan kecemburuannya.

Dia bisa kelihatan biasa aja. Tapi melihatmu tertawa nyaman dengan teman lawan jenis menimbulkan riak di hatinya

Cemburu via ibcfm.com

Melihatmu tertawa memang menyenangkan. Saat kamu tertawa bahagia, dunianya serasa lebih berwarna. Bahkan mood yang awalnya kelabu bisa berubah cerah saat kamu tertawa lepas. Tapi tidak kalau tertawamu bersama orang lain. Saat kamu tertawa bersama dengan teman lawan jenis, pikirannya jadi gak karuan. Ditambah lagi kalau kamu dan dia terlihat nyaman tertawa berdua. Malah makin kesal jadinya.

Keluar sama lawan jenis bikin dia nggak sepenuhnya tulus mengijinkanmu. Sesekali ada pikiran nggak enak mampir ke otaknya. Takut kamu ‘nakal’ di belakangnya

Aku cemburu! via www.modernfilipina.ph

“Eh, Dita kemarin jalan ya sama Dion?”
“Kayaknya sih gitu”
“Lah? Yang pacarnya kan elu. Kok dia sama Dion?”
“Dion mah temennya dia dari kecil. Jadi wajar, lah”
“Tapi kan yang pacarnya itu elu, bro.”
“BERISIK, AH!”
*Mulai panas

Kamu pernah ngalamin yang seperti ini? Saat dimana pasanganmu kepergok jalan dengan sahabatnya. Sebenarnya kamu juga sudah tau bahwa status orang tersebut hanya sebagai sahabat dan kamu gak perlu berpikir macam-macam. Toh pasanganmu juga sudah meyakinkanmu bahwa status mereka hanya sekadar teman. Tapi ya tetep aja ada perasaan khawatir dia akan merebutmu. Mau pasanganmu bilang 1000 kalimat yang bisa menenangkan dan meyakinkanmu, tetap saja rasa cemburu itu ada di hatimu.

Males ngetik panjang, kamu balas chat singkat-singkat. Di ujung sana sebenarnya dia menahan gemas!

Ekspresimu ketika dia balesnya singkat dan bikin penasaran via moviespix.com

“Sayang, kamu lagi ngapain?”
“Makan”
“Di rumah?”
“Iya.”
“Oh… Sama siapa emang di rumah?”
“Indra”
*Dalam hati bertanya-tanya ini Indra siapa?!!!!

Pernah kan kamu ngalamin yang seperti ini? Saat dimana pasanganmu hanya bales chat atau sms yang kamu kirim secara singkat dan jelas kayak instruksi jawaban soal SMP dan SMA. Apalagi jika jawabannya mengarah kepada adanya pihak ketiga. Waduuuh… Bisa-bisa kamu makin kesel dan cemburu.

Sebenarnya sih wajar kalau pas makan atau melakukan aktivitas, bales sms atau chat jadi disingkat. Juga dengan fakta bahwa nama yang disebut itu nama saudaranya, tapi kamu bakal terlalu panik karena cemburu sebelum sempat berpikir lurus.

Selain bales sms singkat, chat cuma R doang dan baru dibales beberapa jam kemudian itu bikin pasanganmu mikir macem-macem

Cuman di R doang?! via www.huffingtonpost.ca

“Sayang, kamu lagi dimana ini?”
*Cuman di R doang

Ini juga hal sepele yang sebenarnya bisa berakibat fatal. Mungkin dia sedang kecapekan, atau sedang ada kerjaan yang benar-benar menyita waktu, tenaga dan pikiran. Itulah mungkin penyebab kenapa dia telat bales chatmu. Tapi kamu yang terburu-buru terbakar api cemburu mengira bahwa dia sedang bersama orang ketiga. Meskipun ujung-ujungnya chatmu dibales, tapi selang beberapa jam tersebut cukup untuk membuatnya berpikir kemana-mana.

Terlalu sering comment dan ngelike foto atau status teman bisa bikin pasanganmu penasaran. Bisa jadi dia malah akan cemburu dan kalian marahan

Balesin comment gak penting dari cowok via theindiansailor.com

Biasanya ini terjadi kepada cowok sih. Maklum lah, kadang ada cowok yang suka begitu aja nge-like foto cewek cakep yang menyegarkan mata. Namanya juga pingin cuci mata, wajar lah ya kamu ngelike foto mereka. Kalau cewek, biasanya statusnya sering di comment sama cowok dan comment tersebut diladeni sama cewek dengan alasan biar keliatan friendly. Nah, hal-hal sepele tersebut malah kadang bisa bikin pasanganmu cemburu. Dia bakal cemburu saat kamu keseringan nge-like foto cewek cakep dan bales comment dari cowok-cowok yang isinya juga gak penting. Sepele sih emang. Tapi potensi bikin cemburunya lumayan tinggi loh untuk dua kasus ini.

Pujian memang wajar kamu ucapkan. Tapi terlalu memuji orang lain bisa membuat pasanganmu marah dan cemburu buta

Puji terus aja dia via itstheplug.wordpress.com

“Sayang, si Dina cakep banget, ya?”
“Dina siapa? Anak Tata Busana itu?”
“Iya. Cakep banget kan. Pinter lagi.”
“Iya. Emang”
*Getol dalam hati

Memuji memang hak semua orang. Apalagi jika orang yang dipuji benar-benar punya kualitas dan layak untuk mendapatkan pujian. Tapi kamu tetap harus hati-hati dalam mengucap pujian yang ditujukan kepada orang. Salah-salah malah kamu bisa bikin pasanganmu cemburu dan ngembek. Kalau ingin memuji seseorang, apalagi lawan jenis, kamu harus memperhatikan detail tentang pasanganmu juga. Usahakan pujian yang kamu keluarkan gak menyinggung, ya.

Nebengin temen pulang dengan niat baik sih wajar aja. Tapi kalau keseringan lama-lama dia cemburu juga….

Cuman nebengin pulang doang via commons.wikimedia.org

“Kamu tadi pulang sama siapa?”
“Oh, tadi nebengin Nia. Kasian dia gak ada yang jemput soalnya”
“OH”

Sesuai dengan ajaran kemanusiaan, berbuat baik kepada sesama itu sangat dianjurkan. Apalagi kepada mereka yang sedang kesusahan. Gak ada tumpangan buat pulang misalnya. Kalau kamu bisa, kenapa tidak membantunya dengan memberi tumpangan pulang? Sayangnya, kadang niat tulusmu dalam membantu sesama tak dibaca seperti itu oleh pasanganmu. Kadang karena memang terlalu cemburu, dia hanya melihat bahwa kamu nyari kesempatan buat deket dengan orang lain. Nah, kalau gitu susah kan, ya. Niatmu tulus loh padahal.

Nah, hal-hal tersebut emang sepele sebenarnya. Tapi kamu harus berhati-hati ya agar pasanganmu gak cemburu dan marah-marah. Apalagi kalau sampai hubungan rusak gara-gara hal-hal tersebut. Jangan sampai lah, ya. Semoga hubungan kalian baik-baik saja. 🙂

Kredit feature image: http://stefankunz.tumblr.com/post/74079023649/couple-photoshoot-outdoor-winter-mountain