Soal pasangan, banyak orangtua yang menginginkan anaknya mendapatkan jodoh yang terbaik. Dewasa, mapan, dan bertanggung jawab adalah sekian dari kriteria yang diinginkan orangtua sebagai jodoh anaknya. Tapi sayangnya, kadang apa yang baik menurut orangtua belum tentu menurut anak baik juga.

Ketika kamu mulai memperkenalkan pacarmu ke orangtua dan malah mendapat 8 kode ini, maka bersiaplah menghadapi hubungan pacaran yang nggak mudah. Karena kamu dan dia harus ekstra keras berusaha meluluhkan hati orangtuamu.

1. Mau sampai kapan?

Tak banyak orangtua yang akan ikhlas kalau anaknya pacaran sama orang yang memiliki keyakinan yang berbeda. Jadi nggak heran ketika kamu memperkenalkan pacarmu yang berbeda agama, respon orangtuamu akan seperti ini.

2. Strata pendidikan juga seringkali dipertanyakan

Strata pendidikan pasangan sering menjadi topik perselisihan antara kamu dan orangtua. Kalau pacarmu tak punya  pendidikan tinggi, tak jarang orangtuamu jadi ragu. Di pikiran mereka, di zaman seperti ini mau jadi apa kalau pendidikan tidak tinggi. Apakah pacarmu akan mendapatkan pekerjaan yang layak? Dan bisa bertanggung jawab penuh atas kamu? Tentunya kekhawatiran ini yang orangtuamu pikirkan.

Tugasmu adalah tinggal bagaimana kamu meyakinkan orangtuamu, bahwa pacarmu ini memang orang yang bertanggung jawab. Namun sebelum itu, pastikan juga dia memang orang yang tepat.

3. Orangtua kadang juga nggak setuju sama satu profesi tertentu

Advertisement

Selain jenjang pendidikan, orangtua jelas peduli dengan pekerjaan yang digeluti pacarmu sekarang. Bagi mereka, ada beberapa profesi yang terlihat tidak menjanjikan. Sehingga kamu pun sering diwanti-wanti untuk berpikir ulang jika punya pacar dengan profesi yang terlihat tidak menjanjikan menurut orangtua.

4. Inget bibit bebet bobot ~

Perbedaan suku dan budaya masih menjadi perselisihan hangat. Masih ada dan banyak yang percaya bahwa suku A tidak boleh menikah dengan suku B. Suku C tidak boleh berjodoh dengan suku D. Hal ini merupakan kode keras dari orang tuamu yang masih percaya pada hal-hal ini. Hm, namanya juga orangtua.

5. Dengan kata lain orangtua mau bilang, pacar kamu kok nggak perhatian

Kalau udah kayak gini, ini tanda-tanda awal orangtuamu mulai kehilangan simpatinya ke pacar kamu. Orangtuamu tidak melihat kepedulian yang pacarmu berikan, bahkan saat kamu terpuruk karena sakit. Kalau jadi cowok nggak peduli gini, gimana bisa menjadi calon suami yang baik?

6. Ini kode orangtuamu nggak lihat keseriusan dia

Memang sih, nggak semua orang berani langsung ketemu orangtua pacarnya. Tapi dengan pertanyaan diatas, itu menandakan bahwa keberanian pasangan kamu dipertanyakan. Orangtua akan berpikir bertemu dengan orangtua pacar saja tidak berani, bagaimana bisa mengajak kamu untuk hubungan yang lebih serius lagi?

7. Lagi-lagi masalah finansial yang jadi kekhawatiran orangtuamu

Orangtuamu mengganggap bahwa pacarmu sekarang terlalu fokus sama dunianya sendiri. Sehingga tidak fokus pada hubungan kamu dan dia. Masalah masa depan juga seakan digampangkan sama pacarmu ini. Itulah mengapa orangtuamu mulai khawatir.

8. Pernyataan orangtua paling singkat, namun paling bikin kamu berasa ketampar

Kalau ini sih tanpa perlu penjelasan panjang lebar, jelas orangtuamu nggak setuju sama pacarmu. Sama sekali.

Sebenarnya tergantung kamu dan pacarmu sih mau menyikapi nya gimana. Tapi satu hal yang pasti, kamu sudah tahu mengapa orangtuamu ragu pada pacarmu. Dan layak juga memikirkannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya