Kehadiran teman adalah salah satu alasan yang menjadikan hidupmu berbahagia. Dia sering menemanimu jalan-jalan, membantumu saat susah, jadi tempatmu berkeluh kesah; banyak hal yang membuktikan bahwa keberadaannya dalam hidupmu begitu penting.

Teman-teman seperti apa sih yang sebaiknya kamu punya? Tentu bukan mereka yang memberi pengaruh buruk dan membuatmu merugi, ‘kan? Nah, di artikel kali ini Hipwee sudah menyiapkan 8 tipe teman yang sebaiknya kamu punya agar hidupmu lebih baik dan berbahagia. Simak, yuk!

1. Si Baik Hati yang Mau Menerima Kelebihan dan Kekuranganmu

menerma kelebihan dan kekuranganmu via oporta-chaves.blogspot.com

Masing-masing orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Meskipun punya sifat yang perhatian, terkadang kamu mudah marah atau tersinggung. Bahkan, tak jarang sifatmu yang pemarah menyebabkan terjadinya salah paham diantara kamu dan temanmu.

Namun, seorang teman yang baik tak akan sampai hati menghakimi, tapi sekedar mengajakmu bicara dari hati ke hati. Dia menyadari bahwa sifat baik dan buruk yang kamu punya adalah apa adanya dirimu. Ikatan pertemanan yang terjalin diantara kalian menjadikannya lebih banyak bersabar dan memaklumi apa yang jadi kurangmu.

2. Si Petualang, Dia yang Selalu Mengajakmu Merayakan Kehidupan

Advertisement

dia yang mengajakmu berpetualang via slowbuddy.com

Ada kalanya rutinitas kuliah atau pekerjaan membuatmu lalai menikmati hidup. Setelah hari-hari kerja yang kamu tandaskan di kantor, akhir pekan pun memaksamu melanjutkan pekerjaan di rumah. Padahal, selayaknya kamu bisa lebih menyayangi dirimu sendiri dengan memilih beristirahat atau berlibur saat punya waktu luang.

Dia yang gemar berpetualang akan buru-buru mengingatkanmu. Memaksamu beranjak dari depan layar komputer untuk segera berkemas dan pergi piknik saat akhir pekan bersamanya. Baginya, hidupmu tak layak dilewatkan begitu saja tanpa menikmati hal-hal baru yang sudah pasti membuatmu lebih berbahagia.

3. Si Mulut Pedas yang Tak Takut Berkata Jujur Demi Kebaikanmu

berkata jujur demi kebaikanmu via fckyeahcutecouples.tumblr.com

Teman atau keluarga seringkali enggan memberikan kritik atas kekurangan atau kesalahanmu lantaran merasa tak enak atau takut kalau-kalau kamu sakit hati. Meskipun bisa melihat dan merasakan kesedihanmu, mereka tak lantas menegurmu yang bertahun-tahun bertahan dalam hubungan yang tidak bahagia.

Namun, dia yang berani berkata jujur bisa dengan keras memperingatkanmu. Bahwa pilihan yang terbaik adalah putus dari ikatan yang tidak membahagiakan. Dia pun lantang menjelaskan betapa selama ini kamu terlihat lebih banyak mengalah pada pasanganmu yang sering bersikap kasar dan egois.

4. Teman yang Bijaksana, Punya Pemikiran Matang, dan Bisa Jadi Panutan

sikapnya yang bijaksana membuatmu banyak belajar via becuo.com

Sesekali masalah datang menghampiri demi menempamu jadi pribadi yang lebih baik. Namun, mengambil hikmah dari kemalangan yang kamu alami tentu bukan perkara mudah. Misalnya, saat nilai-nilai ujianmu tak cukup memuaskan, kamu merasa stres dan justru memilih menyalahkan diri sendiri. Padahal, kamu selayaknya bisa instrospeksi; “apa sih yang membuat nilai ujianmu jelek?”

Nah, teman yang bisa bersikap bijak akan membantumu menyadari bahwa dibalik setiap kegagalan pasti ada alasan yang mendasarinya. Dia dengan pemikirannya yang cenderung matang bisa jadi inspirasi buatmu. Dia pula yang mengajarkanmu untuk selalu optimis menjalani hidup dan tetap berpikir positif dalam kegagalan.

5. Teman yang Datang dari Latar Belakang Budaya yang Berbeda. Dia yang Bisa Membuat Hidupmu Terasa Lebih “Kaya”

dia yang menjadikan hidupmu lebih kaya via pagesix.com

Hidup akan terasa lebih monoton ketika hanya bergaul dengan teman-teman yang itu-itu saja. Selayaknya, kamu bisa memperkaya pergaulanmu dengan teman dari latar belakang yang berbeda. Teman dari suku, ras, atau agama yang berbeda denganmu sudah pasti mengajarkanmu jadi pribadi yang lebih terbuka. Kamu pun bisa memupuk sikap toleransi dan menghargai berbagai perbedaan yang ada di sekitarmu.

6. Kawan yang Sifatnya 180 Derajat Berlawanan, Kalian Justru Bisa Saling Menggenapkan

dia punya sifat yang berlawanan denganmu via www.tumblr.com

Perbedaan memang selayaknya tidak menjadikan dua orang bermusuhan. Perbedaan yang kamu dan temanmu punya justru bisa saling melengkapi. Kamu yang punya sifat serius dan dewasa bisa jadi cocok berteman dengannya yang cenderung konyol dan kekanak-kanakan. Ketika hidup jadi terlalu melelahkan untuk dijalani dengan serius, keceriaan dan kekonyolan temanmu bisa jadi sumber kebahagiaanmu.

7. Si Murah Hati, Dia yang Selalu Mengulurkan Tangan untuk Membantumu Tanpa Pamrih

teman mau membantu tanpa pamrih via imgkid.com

Tak ada yang lebih membahagiakan selain dianugerahi seorang teman yang murah hati. Dia yang biasa menyuguhkan segelas teh dan sekaleng kue saat kamu berkunjung ke rumahnya. Dia pun tak lupa membelikanmu oleh-oleh ketika pergi liburan ke luar kota. Bahkan, dia pula yang ikhlas merawatmu saat terbaring sakit di kamar kos.

Punya teman yang murah hati tak menjadikanmu merasa beruntung karena bisa memanfaatkan kebaikannya. Kamu justru semakin menyayanginya dan berusaha menjaga hubungan kalian baik-baik. Dari dia pula kamu belajar menghargai kebaikan-kebaikan kecil di sekitarmu dan berusaha untuk bisa melakukan hal yang sama.

8. Di Tengah Kesibukan, Kamu Juga Perlu Punya Rekan Kerja “Gila” yang Bisa Menceriakan Harimu

Lebih dari 8 jam berada di kantor setiap harinya sudah pasti membuatmu merasa jenuh. Demi menangkisnya, kamu butuh seorang teman yang tak hanya menyenangkan tapi juga ‘nyambung’ denganmu.

Di tengah jam kerja yang melelahkan, kamu dan temanmu bisa menyelinap ke pantry kantor untuk menikmati teh hangat sambil sejenak mengobrol demi mengusir lelah dan bosan. Saat makan siang, kalian pun bisa duduk satu meja sambil berdiskusi tentang tugas-tugas kantor yang sulit untuk dituntaskan.

Hubungan ini tidak hanya berhenti di kantor. Dia juga cukup seru untuk diajak bergaul di luar jam kerja. Kalian bisa janjian nonton, jalan-jalan di akhir pekan, bahkan bikin acara belanja bersama. Dia adalah orang yang bisa diandalkan dalam pekerjaan, tapi tetap bisa diajak bersenang-senang.

Nah, dari 8 tipe teman dalam artikel ini, kamu tentu sudah punya salah satu atau bahkan semuanya, ya! Yang pasti, hari-harimu tak akan lebih berbahagia tanpa kehadiran teman-teman yang selalu bisa menggenapkan hidupmu. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya