Salah satu langkah krusial dalam hubungan adalah saat kamu mengenalkan pasanganmu pada orang-orang terdekat. Entah itu orangtua, kakak, adik, atau mungkin pada sepupu-sepupumu yang agak gila. Bagaimana tidak krusial? Saat inilah orang-orang terdekatmu bisa memberikan penilaian mereka. Sinyal-sinyal setuju atau lampu merah bisa terlihat.

Sebagai proses yang penting tentu jalannya nggak bisa sembarangan. Harus dipersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya. Mulai dari menyiapkan obrolan sampai memastikan penampilan.

Nah, biar kesan pertama pasanganmu oke di mata mereka, hal-hal ini harus kamu pastikan dulu sebelum orang tua dan pasangan bertemu untuk pertama kalinya. Mana tau orang tua kamu sreg sama dia, dan bisa direstui nantinya untuk naik level ๐Ÿ˜‰

1. Pastikan kamu udah pernah bahas atau menyinggung soal pasanganmu sebelumnya dalam pembicaraan keluarga

Omongin dulu biar nggak kaget via dylandsara.com

Nah, sebelum ngajak pasanganmu datang ke rumah, pastikan dulu kalau kamu udah pernah membahas atau sekadar menyinggung tentang dia saat ngobrol sama orang tua. Jadi mereka nggak kaget tiba-tiba kamu bawa pasangan ke rumah. Atau malahan pas kamu bawa pasanganmu, mereka lagi ada acara. Padahal โ€˜kan mau dikenalin dan diajak ngobrol.

2. Dia udah tahu kebiasaan dan etika di rumahmu, biar nanti nggak salah langkah

Advertisement

Biar nggak salah bertingkah via www.pexels.com

Jangan lupa, hal ini juga harus kamu jelasin sama pasangan sebelum dia dibawa ke rumah. Tentang kebiasaan, etika, dan tata krama setiap keluarga tentu beda. Ada yang santai, ada pula yang tegas. Kamu harus menjelaskan seperti apa keluargamu, apa saja batasan-batasan atau larangan yang nggak boleh dilakukan. Jangan sampai nanti pasanganmu salah sikap dan bikin orang tua kamu nggak suka.

3. Pasanganmu udah tahu tentang pekerjaan orangtuamu, kesukaan mereka, dan hal-hal lainnya agar nanti punya topik pembicaraan saat bertemu keluarga

Biar nanti nggak canggung via www.pexels.com

Sebelum bertemu dengan keluargamu, tentu lebih baik dipersiapkan topik apa yang kira-kira dibahas. Nah, pasanganmu harus tahu seputar pekerjaan orang tuamu, hobi mereka, dan lain sebagainya. Biar nanti pas ngobrol nggak canggung dan kehabisan bahan obrolan. Ini juga bisa jadi strategi buat mengambil hati orang tuamu, mana tahu direstui jadi mantu ๐Ÿ™‚

4. Penampilan adalah kesan pertama saat bertemu. Jadi siapkan hal itu dari jauh-jauh hari

Penampilan adalah kesan pertama via dylandsara.com

Penampilan itu cerminan pertama. Makanya pasanganmu harus sebisa mungkin memberikan yang terbaik. Bukan berarti berlebihan ya. Yang penting memberikan kesan bersih dan rapi. Jadi kalau biasanya pasanganmu suka acak-acakan, pas ketemu orang tuamu harus lebih rapi. Biar nggak ninggalin kesan negatif juga.

5. Jangan sampai dia menunjukkan kemesraan saat berada di depan orangtuamu. Ingat, kalian belum halal

Jangan mesra-mesraan via cdn.phillymag.com

Kalau udah berdua, kadang kalian bisa lupa gimana caranya bersikap. Nah, ini harus diingat-ingat olehmu dan pasangan. Jangan sampai di depan orang tuamu nanti kalian bermesraan kayak biasanya. Kalian belum halal lho, jadi jangan pegang-pegangan, apalagi peluk-pelukan. Nanti dicap nggak bisa bersikap sesuai tempatnya.

6. Karena ini baru pertama kali, nggak perlu buru-buru membicarakan masa depan hubunganmu. Kenalan aja dulu

Nggak usah ngomongin hubungan yang serius dulu via dylandsara.com

Berhubung ini adalah pertama kalinya kamu bawa pasangan ke rumah, jangan terlalu terburu-buru ya ngomongin masa depan hubunganmu dan pasangan mau dibawa kemana. Anggap aja pertemuan ini sebagai perkenalan antara keluargamu dan pasangan. Nanti kalau orangtua kamu setuju dan kamu juga udah siap, baru deh ngomongin masalah keseriusan ๐Ÿ™‚

7. Jangan sampai pasanganmu pamer kelebihannya dan seakan sok tahu tentang segala hal. Itu bisa bikin orangtuamu nggak suka

Jangan pamer atau bersikap sok tau ya via www.logancole.com

Kamu juga harus ngingetin pasanganmu untuk bersikap biasa. Jangan sampai demi menarik perhatian orang tuamu atau pengen ngambil hati keluargamu, dia malah jadi pamer kelebihannya, atau bersikap sok tahu tentang segala hal. Nanti malah orang tua kamu merasa digurui dan nggak dihargai. โ€˜Kan bisa jadi panjang urusannya kalau udah ngerasa gitu.

8. Ingatkan pasanganmu untuk nggak sibuk dengan gadgetnya selama bertemu dan berbincang-bincang dengan orang tuamu

Ingetin pasanganmu biar nggak pegang gadget via www.psychologies.co.uk

Ketergantungan terhadap gadget saat ini emang susah untuk dihilangin sih. Kadang secara nggak sadar tiba-tiba kamu udah megang gadget aja. Nggak ada kerjaan, langsung otak atik handphone. Nah, kebiasaan ini jangan sampai kebawa-bawa pas ketemu orang tuamu nanti. Karena canggung atau gugup, tiba-tiba dia sibuk dengan gadgetnya โ€˜kan keliatan nggak sopan.

Jadi sebelum pertama kali mengenalkan pasangan pada orang tuamu, pastikan dulu hal-hal ini ya. Namanya juga pertama kali ketemu, tentu kesan pertama sangat penting bagi orang tuamu. Mudah-mudahan mereka suka ya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!