Melupakan mantan memang selalu jadi hal terberat untuk siapa pun. Kenangan bersama sebenarnya yang membuat kalian sulit beranjak dari bayangan dia. Banyak hal yang bisa tiba-tiba menghadirkan kenangan, entah di jalan, entah di tempat makan biasa kalian pergi, entah di toko buku, entah di mana pun dan kapan pun.

Kadang hal sepele seperti film atau lagu juga bisa kembali mengingatkanmu padanya. Pokoknya kenangan mantan itu seperti permen karet yang kalau udah nempel susah banget dibersihinnya. Sekiranya mendengarkan lagu-lagu melow bikin tambah baper, mending kamu perbanyak dengar lagu-lagu yang bikin kamu semangat buat ngelupain mantan. Kayak 9 lagu yang sudah Hipwee siapkan ini.

1. I’m Single and Very Happy dari Oppie Andaresta bikin kamu semangat menunggu dia yang datang di waktu dan cara yang indah. Mantan mah sudah lewat masanya ~

Menanti orang yang tepat via dylandsara.com

aku baik baik saja
menikmati hidup yang aku punya
hidupku sangat sempurna
I’m single and very happy

Percuma mengingat-ingat mantan, toh kalau memang sudah nggak berjodoh, kalian nggak akan pernah bisa kembali lagi. Kamu pun nggak perlu merisaukan status jomblomu sekarang. Tuh, kayak kata Oppie Andaresta yang single and happy.

Advertisement

Meski nggak ada lagi dia, dan penggantinya belum lagi tiba, kamu akan baik-baik aja. Daripada galau mantan terus, mending kamu menyibukkan diri dengan hal-hal positif, seperti mengejar impianmu atau membenahi dirimu lebih baik lagi. Tenang dia yang tepat akan datang di waktu dan cara yang indah.

mengejar mimpi mimpi indah
bebas lakukan yang aku suka
berteman dengan siapa saja
I’m single and very happy

2. Udahan ya nangisnya, ikutin kata Andien lewat lagu Move On. Usir jauh-jauh luka masa lalu

Jangan inget-inget kisah masa lalu via dylandsara.com

Menumpahkan perasaan sedih boleh aja, nangis sambil jerit-jerit juga nggak masalah. Asalkan setelah itu kamu akan lebih kuat, dan kembali menatap hari dengan optimis. Persis lagunya Andien yang Move On. Dengan suara khasnya dan pembawaan yang ceria, Andien ngasih semangat ke kamu buat terus melangkah maju ke depan.

Bersama mentari ku bernyanyi

Mewarnai hari-hari

Bersama pelangi ku menari

Menyambut bebasnya hati ini

Tiada lagi yang mampu menghalangi

Aku takkan berhenti melangkah

’cause i’m moving on

3. Menunggu dia yang pergi meninggalkamu itu cuma buang-buang waktu, nggak percaya? Dengerin deh Apalah Arti Menunggu dari Raisa

Nggak usah nunggu dia yang nggak pasti via dylandsara.com

Sekarang aku tersadar

Cinta yang ku tunggu tak kunjung datang

Apalah arti aku menunggu

Bila kamu tak cinta lagi

Namun ku rasa cukup ku menunggu

Semua rasa telah hilang

Satu tahun sudah hampir berlalu, dan kamu masih saja mengingat dia yang sudah lalu. Duh, mau sampai kapan nih? Emang kamu nggak capek, nunggu hal yang udah pasti nggak akan datang. Udah ya, sekarang kamu harus sadar, menunggu dia cuma buang-buang waktumu. Kalau belum sadar juga, mending kamu dengar lagu Apalah Arti Menunggu dari Raisa ini.

4. Mata Hati Telinga dari Maliq & D’essential ngajak kamu berhenti mikirin urusan cinta aja. Karena masih banyak hal penting yang harus dipikirkan

Buka mata, hati, dan telinga via dylandsara.com

Buka mata hati telinga
Sesungguhnya masih ada yang lebih penting dari sekedar kata cinta ooo..
Yang kau inginkan tak selalu
Yang kau butuhkan mungkin memang yang paling penting
Cobalah untuk membuka mata hati telinga

Biar bisa lupa sama mantan, ada baiknya kamu pun berhenti memikirkan urusan cinta. Toh, di kehidupanmu masih banyak hal lain yang perlu dipikirkan, seperti karir atau cita-citamu yang lain. Biar usahamu berjalan lancar, resapi deh lagu dari Maliq & D’essential yang berjudul Mata Hati Telinga. Semangat ya, membuka mata, hati, dan telinganya untuk hal yang lainnya.

5. Melupakan mantan ternyata ada caranya. Kamu harus belajar dari Tangga lewat lagu Ajari Aku Rahasiamu!

Ajariku cara melupakanku
Agar kutetap kuat tanpa perlukanmu
Agar terbiasa kudapat jalani hidup tanpa cintamu
Ajari aku rahasiamu

Kalau kata Tangga ternyata melupakan memang ada rahasianya. Kira-kira apa ya rahasianya? Belajar deh dari lirik lagu Ajari Aku Rahasia ini. Hehe..

6. Kamu harus segera putuskan buat berhenti meratapi mantan! Kayak Proses Melupakanmu dari Abdul and The Coffe Theory

Rabu aku menunggu kabar dari dirimu

Tangisku coba mencarimu

Namun kau tak tahu di mana

Jumat aku putuskan ini hari terakhirku

Bagiku untuk meratapi kamu

Jadi kapan mau memutuskan buat lupa sama mantan?

7. Mengawali Hari dari Nosstress perlu kamu dengarkan, supaya kamu bisa terus jalani dan nikmati hari-hari tanpa ada bayang-bayang mantan

Nggak ada lagi bayang-bayang mantan via dylandsara.com

Pagi telah datang semua siap hadapi dunia

Pagi yang datang haruskan kita untuk berfikir

Dengan petikan gitar yang dipadu okulele dan suara mendayu-dayu, Bli-Bli kece dari Bali ini mengajak kalian untuk mengawali hari dengan merenung agar nantinya bisa menghadapi dunia. Dan, kalau dipikir-pikir lagi melupakan mantan sebenarnya sama dengan mengawali hari. Kamu harus berpikir dan berpikir secara matang. Jangan lupa juga buat, Lihat ke depan… Perlu sedikit senyuman…

8. Melupakan mantan memang lelah, tapi bukan berarti kamu terus berkeluh kesah. Nih dengerin Hidup Itu Indah dari Sore biar nggak mau repot-repot mikirin mantan lagi

Hidup bisa lebih indah via dylandsara.com

Jalankanlah hidupmu yang indah
Jangan pernah kau berkeluh kesah
Walau kadang engkau lelah

Hayati boleh lelah, tapi jangan berkeluh kesah ya! Sore Band meminta kamu untuk nggak terus mengeluh meski hatimu sedang lelah sekali dengan kenangan-kenangan mantan. Nah, udah tahu mikirin mantan bikin lelah, kenapa masih dipikirin? Jangan repotin diri kamu dengan dia yang sudah bahagia di sana. Kamu pun harus bahagia, hidup yang indah ini terlalu sia-sia jika dijalani dengan keresahan cinta.

9. Udah nurut aja sama pesannya Sheila on 7, tetap Lapang Dada yaaa~

YUk lapang dada via dylandsara.com

Kau harus bisa

Bisa berlapang dada

Kau harus bisa

Bisa ambil hikmahnya

Karena semua

Semua tak lagi sama

Walau kau tahu dia pun merasakannya

Sheila on 7 memang paling bisa membuat kamu semangat. Dengan kata-kata sederhana lewat lagu Lapang Dada, Duta dan kawan-kawan mengajak kamu untuk nggak putus asa. Buat perkiraan mantanmu salah, karena kamu bisa melupakannya dengan hati yang lapang. Tenang, Tuhan akan mengisi kelapangan hatimu dengan sesuatu yang lebih indah, yang pastinya tak pernah kamu duga-duga. Semangat!

Bagaimana, masih ada yang belum bisa lupa dari kenangan mantan juga? Atau malah sudah ada yang lupa dan punya gebetan? Wah, dinikmatin aja ya prosesnya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!