Perkara jodoh untuk kamu yang sudah memasuki usia 25-an adalah perkara sensitif untuk dibahas, wajar jika kamu merasa perlu berbuat sesuatu saat jodohmu tak kunjung ketemu. Mulai dari ikhtiar hingga doa rela kamu lakukan agar segera didekatkan dengan jodoh.

Namun kamu tetap harus ingat bahwa jodoh yang tepat bagimu tak akan datang begitu saja. Kamu harus memegang teguh 6 hal ini agar jodohmu segera mendekat.

1. Tak perlu terburu mencari jodoh, sebelum kamu benar-benar memahami dirimu sendiri dulu

Pahami dulu dirimu sendiri via revelwallpapers.net

Sebelum kamu terburu dengan pencarian jodoh yang tak kunjung datang, sebaiknya pastikan kamu sudah mengenal dirimu dengan baik dulu. Menjalin hubungan dengan orang lain, berarti mengharuskan memiliki kerelaan untuk selalu berkompromi. Level kompromi tanpa drama hanya bisa dilewati oleh kamu yang sudah khatam mengenal diri sendiri.

Untuk itulah, sebelum kamu dituntut untuk mengerti pasangan, ada baiknya kamu mengerti dirimu sendiri. Hal ini juga bisa tetap menjagamu nantinya. Agar kamu tak kehilangan dirimu sendiri, ketika nanti sudah bersama orang lain. Hubungan yang baik adalah hubungan yang bisa membuat kamu tetap menjadi diri sendiri dengan versi yang lebih baik. Bukan yang mengubahmu menjadi orang lain.

2. Yakini bahwa jodohmu akan datang di saat yang tepat. Jangan memaksanya datang dalam kurun waktu yang terlalu cepat

Advertisement

yakini dia datang di waktu yang tepat via dylandsara.com

Jodoh bukanlah ilmu pasti yang bisa diukur dengan tepat kapan datangnya. Kapan bisa bertemu jodoh, tak akan bisa diperhitungkan. Semesta tak akan setega itu mempercundangimu soal jodoh. Dia yang nantinya ditakdirkan bersamamu, akan didekatkan di waktu yang tepat.

Toh bukankah jodoh memang sederhana. Tapi dari sana selalu ada hal yang tak terduga. Dia bisa orang yang sudah lama mengenalmu atau bisa jadi orang yang benar-benar kamu kenal. Tak ada yang tahu pasti.

3. Pengembangan diri jangan pernah ditunda. Biar jodoh yang mendekat juga punya kualitas sama

Biar dia yang mendekat punya kualitas sama via www.dustincantrellphotoblog.com

Kata orang, jodoh adalah cerminan diri. Semakin berkualitas dirimu, semakin berkualitas juga jodoh yang akan dikirim Tuhan untukmu nanti. Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki diri. Usahakan untuk selalu mengoreksi dirimu dan berusaha untuk berkembang selalu. Dengan begitu, jodoh yang datang kepadamu bukanlah sembarang orang.

4. Berani membuka lebar pergaulan, jangan menutup diri untuk orang baru. Bukankah yang penting kenalan dulu?

Jangan menutup diri dengan orang baru via www.dustincantrellphotoblog.com

Nggak ada yang salah dengan kenalan saja dulu sekarang. Dekat nanti juga tak masalah. Yang penting kamu sudah berusaha membuka diri dengan orang-orang baru dan membuat pola pikirmu bisa lebih berkembang lagi. Kesempatan tak pernah datang berkali-kali. Bisa saja kali ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk mengenal calon jodohmu yang meski sampai sekarang belum kamu ketahui sosoknya.

Kesempatan yang datang kepadamu tidak dengan cara dinanti, tapi dicari. Buka kesempatan bagi dirimu lebar-lebar, sisanya biarkan semesta yang merencanakan.

5. Jangan sia-siakan waktumu dengan berharap pada satu hati. Mulailah membuka hati pada kemungkinan lain yang akan datang

Jangan berharap pada satu hati saja via www.dustincantrellphotoblog.com

Akan menjadi kesalahan yang kamu sesali nantinya jika kamu hanya menghabiskan waktumu untuk berharap pada satu hati. Apalagi jika dia yang kamu harapkan tak memberi sinyal positif soal kemungkinan hubungan kalian. Daripada fokus pada satu hati yang seperti itu, lebih baik kamu memberanikan dirimu untuk membuka hati untuk orang lain. Jangan pernah menutup pintu hatimu untuk kemungkinan-kemungkinan jodoh yang bisa jadi datang bukan dari dia yang sudah jadi incaran.

6. Belum bertemu jodohmu, bukan berarti kamu kesepian. Ini juga jadi saat yang tepat untuk kamu menuntaskan impian

Kejar impian dulu via www.helenaandlaurent.com

Bagi kamu yang merasa masih punya mimpi yang belum dituntaskan, maka sekarang dirasa jadi waktu yang tepat untuk meneruskan prosesnya. Dalam perjalanannya, mungkin akan banyak hal yang tak terduga akan terjadi. Termasuk kehadiran jodohmu yang bisa hadir secara tiba-tiba.

Kamu tak perlu merasa kesepian. Memegang erat pada mimpi yang kamu miliki, akan membantumu menjalani hidup ini lebih gigih lagi.

Jodoh tak bisa jika hanya ditunggu. Harus ada usaha yang dilakukan. Selanjutnya baru tunggu rencana Tuhan yang tak pernah terduga, namun indah.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me