PDKT adalah momen dimana seseorang mendekatimu dengan niatan menjalin sebuah hubungan yang lebih intens. Setiap orang selalu punya caranya sendiri untuk mencoba membuatmu jatuh hati: memberi perhatian, membelikan makanan kecil atau bahkan mawar, sampai mencoba menolongmu keluar dari masalah pribadi. Tapi saat kamu sudah benar-benar jatuh hati, bukan tak mungkin dia justru undur diri. Dia yang kamu kira serius ternyata hanya mencari teman di saat kesepian. Tak mustahil pula kamu hanya dijadikan cadangan ketika dia sedang memilih-milih pacar.

Kamu perlu tahu apakah dia serius PDKT denganmu atau hanya iseng. Supaya kamu tak tertipu, berikut ini Hipwee akan menjabarkan 12 perbedaan di antara keduanya. Semoga bisa membantumu, ya.

1. Dia yang hanya iseng akan pergi begitu kamu menutup pintu. Tapi, dia takkan menyerah dengan mudah jika benar-benar ingin bersamamu.

Dia gak bakal nyerah begitu saja via www.huffingtonpost.com

Cinta bukan televisi yang bisa dimatikan hanya dengan memencet remote. Jika dia benar-benar punya perasaan padamu, dia tak akan mudah memendamnya. Dia yang benar-benar ingin bersamamu tidak akan menyerah begitu saja ketika kamu menutup pintu. Dia selalu punya cara lain untuk mengambil hatimu. Meski kamu belum memberikan lampu hijau, dia tidak akan lari dan selalu berusaha lagi. Baginya cinta memang terkadang butuh perjuangan, jadi ditolak sekali bukan menjadi alasan untuk undur diri.

Berbeda dengan yang hanya iseng PDKT, baginya sekali ditolak adalah akhir, dia dengan mudah akan balik kanan dan menyerah meninggalkanmu begitu saja. Menurutnya, cintamu tidak perlu diperjuangkan. Nah, jika kamu tak ingin membuang-buang waktu. Maka segeralah lupakan dan jangan mengharap lagi pada dia yang sudah kamu tolak tapi tak mau berusaha lagi.

2. Penting dalam PDKT untuk membuatmu terkesan. Dia yang hanya iseng akan lebih lebih banyak pamer, namun dia yang serius akan tahu pentingnya kejujuran.

Advertisement

Dia akan jujur tentang dirinya via insteftershumbleopinion.wordpress.com

PDKT adalah ajang dimana dia akan berusaha keras untuk membuatmu terkesan. Tapi dia yang serius dan dia yang hanya iseng punya cara yang berbeda. Kamu bisa mengamati perbedaan ini dari sikap mereka.

Dia yang serius ingin menjalin hubungan denganmu akan lebih jujur padamu. Tak hanya sisi baiknya saja yang akan ia tonjolkan, namun juga masa lalunya yang bisa jadi penuh kesalahan. Dia ingin melihat, apakah kamu memang bisa menolerir sikapnya yang asli? Karena toleransi ini adalah hal yang krusial ketika kalian akhirnya menjalin hubungan.

Orang yang hanya iseng tidak akan sejujur itu. Dia akan lebih suka pamer dengan menunjukan kehebatan-kehebatannya padamu. Sebisa mungkin, dia akan menutup-nutupi apa yang tidak kamu suka. Jadi, pastikan kamu tidak salah pilih — bagaimanapun kebohongan bukanlah awal yang baik untuk sebuah hubungan.

3. Percakapan yang iseng biasanya lebih sering diisi basa-basi. Tapi, dia yang memang ingin bersamamu akan tulus ingin tahu hal-hal tentangmu.

Dia ingin tahu lebih banyak tentangmu via funtravel4u.com

Selain sebagai ajang untuk membuatmu terkesan, PDKT juga menjadi cara untuk saling mengenal. Maka, esensi percakapan bisa membuatmu membedakan mana dia yang hanya main-main atau dia yang serius. Bagi dia yang serius ingin jalan denganmu, pasti dia tidak akan bosan untuk mencari tahu seperti apa dirimu sebenarnya, misalnya apa kesukaanmu, apa yang membuatmu takut, seperti apa lingkunganmu. Dia akan mempergunakan momen PDKT sebagai kesempatan untuk mengenalmu lebih dalam.

Namun sebaliknya, dia yang hanya iseng akan lebih suka berbincang tentang hal yang basa-basi. Tak ada pembicaraan tentang masa depan, tak ada usaha untuk saling mencocokkan kepribadian. Dia tidak terlalu tertarik tahu lebih dalam tentangmu, kerena baginya kamu bukanlah akhir yang dia tuju. Dia yang iseng PDKT terkadang hanya memanfaatkan kehadiranmu untuk mengusir kesepianya. Nah, jika kamu tidak ingin dipermainkan, maka gak ada salahnya mulai sekarang kamu lebih teliti siapa yang benar-benar pantas untuk kamu tanggapi lebih jauh.

4. Dia yang hanya iseng tidak akan membiarkan orang lain tahu dia mendekatimu. Namun, dia yang tulus ingin bersamamu akan menunjukan bahwa kamu ada dan sedang diperjuangkannya.

Dia tidak akan menyembunyikanmu via sartorialselectivity.wordpress.com

Proses PDKT memang terkadang memakan waktu yang tidak sebentar, namun ini bukan alasan untuk membuatmu salah jalan. Maka, keterbukaan bisa membuatmu yakin apakah dia serius atau hanya main-main. Biasanya, dia yang benar-benar ingin mendapatkan cintamu tidak akan sungkan untuk menunjukan keberadaanmu di depan teman-temannya. Dia akan lebih percaya diri untuk tampil di depan orang-orang bahwa dia sedang dekat denganmu, karena baginya kamu memang berharga dan layak untuk diperjuangkan.

Sebaliknya, dia yang hanya iseng kerapkali suka menutup-nutupi keberadaanmu. Dia akan merasa canggung jika kamu hadir di tengah-tengah lingkungannya. Gak jarang dia mengelak ketika teman-temanmu atau teman-temannya bertanya tentang niatannya padamu. Nah, jika kamu tidak ingin menjadi korban PHP oleh orang yang hanya iseng, pastikan kau tahu bagaimana sikapnya sekarang.

5. Jujur adalah awal yang baik dalam hubungan. Ketika tahu kekuranganmu, dia yang iseng akan pergi di tengah jalan. Hanya dia yang serius yang akan sudi bertahan.

Dia ingin mencari tahu lebih dalam via www.stocksy.com

PDKT adalah momen dimana kalian akan saling mengenal satu sama lain. Dan gak jarang, kamu memperlihatkan kekuranganmu di tengah jalan. Hal ini bisa kamu gunakan untuk menilai dia yang PDKT serius denganmu atau dia yang hanya main-main. Dia yang hanya iseng akan pergi di tengah jalan dan berhenti begitu saja untuk mendekatimu. Menurutnya, kalian tidak perlu jalan terlalu jauh lagi. Namun berbeda dengan dia yang serius PDKT denganmu. Dia akan lebih mencari tahu seperti apa dirimu, karena baginya kekurangan adalah hal yang wajar bagi setiap pasangan. Jadi kekurangan bukan menjadi alasan untuk berhenti memperjuangan cintamu.

Nah, jelas ‘kan? Jika dia yang langsung mundur ketika tahu sedikit kekuranganmu. Maka kamu tidak perlu buang-buang waktu untuk merasa kegeeran karena dia pernah mendekatimu.

6. Intensitas kalian dalam berkirim pesan bukan satu-satunya indikator keseriusan. Yang tak kalah penting adalah isi pesan yang kalian kirimkan.

Ada saat kamu butuh via www.columbian.com

Gak jarang kamu akan merasa kegeeran ketika seseorang PDKT padamu dengan sering berkirim pesan setiap malam. Tunggu dulu, seringnya berkirim pesan bukan menjadi tanda yang sahih bahwa dia memang serius padamu. Kamu juga harus mempertimbangkan apa saja isi pesannya.

Orang yang benar-banar tulus akan ada di saat kamu butuh bantuan. Mungkin dia memang tidak setiap hari mengirim “selamat pagi” setiap bangun tidur, tapi dia memastikan ada saat kamu butuh pertolongan. Dia bersedia datang disaat kamu sedang sakit, dia suka turun tangan ketika kamu repot sendirian. Berbeda dengan dia yang hanya iseng, biasanya tidak mau peduli dengan apa yang terjadi padamu. Baginya, yang penting kamu ada disaat dia merasa kesepian. Kamu ada untuk menemaninya berbincang setiap malam. Namun dia enggan untuk ikut serta dalam permasalahan hidupmu. Nah, jika kamu tidak ingin merasa disakiti, maka berhentilah berharap pada orang yang hanya suka sapaan ringan tanpa banyak tindakan.

7. PDKT adalah ajang untuk membuatmu jatuh hati. Dia yang serius akan lebih banyak aksi, sedangkan dia yang main-main hanya lebih nyaman berjanji.

Dia lebih banyak aksi daripada janji via www.evoke.ie

Sudah bukan rahasia lagi jika pada momen PDKT seseorang akan berjuang keras untuk membuatmu jatuh hati. Namun, kamu juga perlu cukup teliti siapa yang benar-benar ingin bersamamu dan siapa yang hanya ingin mempermainkanmu. Gak sedikit orang yang ingin membuatmu jatuh hati dengan mengutaran janji. Maka orang yang hanya iseng biasanya lebih suka menjanjikan banyak hal tanpa pernah usaha keras. Baginya, yang terpenting kamu bisa terpesona padanya dan bisa menjadi lebih dekat.

Namun, berbeda dengan dia yang serius ingin memperjuangkan cintamu. Dia tidak akan banyak membual tentang hal-hal yang tidak bisa penuhi. Mungkin dia tidak akan menjanjikan datang di hari ulangtahunmu jika dia masih harus tugas diluar kota. Mungkin dia tidak akan menjanjikan hadiah mewah, tapi dia selalu punya cara untuk membuatmu jatuh cinta dengan kejutan-kejutan yang tidak terduga. Dengan cara ini, dia ingin kamu tahu bahwa dia lebih suka memberi aksi tanpa banyak janji.

8. Ketika kamu mengajaknya bicara hal-hal yang lebih serius, dia yang hanya iseng akan menghindar.

Dia tidak menghindar saat bicara soal masa depan via supplementcoaching.com

Setelah cukup lama PDKT gak jarang kamu mulai memberikan kode untuk membicarakan hal-hal yang lebih serius. Namun, terkadang hal ini tidak berjalan sesuai yang kamu inginkan. Karena biasanya, orang yang hanya iseng PDKT padamu akan selalu menghindar untuk membicarakan hal-hal yang serius. Gak jarang setelah lama merasa dekat, mungkin kamu ingin segera mendapatkan kepastian bagaimana arah hubungan kalian ke depan, apakah kalian akan jadian?

Orang yang hanya iseng akan lebih suka mengulur-ulur waktu dalam memberikan kepastian. Sedangkan dia yang memang serius, pertanyaan inilah yang ditunggu-tunggunya. Dia dengan senang hati akan mengajakmu melangkah ke jenjang yang lebih pasti. Karena baginya, membicarakan hal-hal yang serius adalah cara agar kalian bisa berjalan lebih maju.

9. Prinsip hidup adalah hal yang harus siapapun jaga. Dia yang serius akan mencari tahu dan menghormati pandanganmu, sedang dia yang iseng tak akan punya energi untuk berkompromi.

Dia yang mendukung jalanmu via www.indycatholic.org

Pandangan hidup seringkali menjadi identitas paling krusial bagi seseorang. Jadi seseorang yang mencintaimu pasti akan menghormati prinsip hidupmu. Nah, hal ini bisa kamu jadikan referensi untuk membedakan dia yang serius PDKT denganmu dan dia yang hanya iseng denganmu. Biasanya, dia yang hanya iseng akan lebih suka mencela dan mengoreksi habis-habisan prinsip hidup yang selama ini kamu pegang. Alih-alih membuatmu menjadi lebih baik, dia terkadang hanya ingin membuatmu menjadi seperti dirinya.

Berbeda dengan dia yang serius PDKT padamu, dia akan menghargai prinsip hidupmu selama ini. Pikirannya lebih terbuka, menghormati mimpi-mimpimu, harapanmu ke depan, dan pandangan yang selama ini kamu percaya. Dia yang serius denganmu akan tahu bahwa perbedaan adalah hal yang lumrah. Perbedaanlah yang membuat kalian bisa saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

1o. Dia yang hanya iseng seringkali memaksakan kehendak agar dia merasa puas, sedangkan dia yang serius padamu tahu bagaimana menjaga dirimu. Karena perbedaan adalah inti dari rasa saling melengkapi.

Dia tahu bagaimana membuatmu bahagia via blog.twobrightlights.com

Perbedaan memang seringkali menjadi pemicu perselisihan. Gak jarang seseorang akan memaksakan agar bisa sama. Nah, hal ini bisa kamu gunakan sebagai indikator keseriusan seseorang saat PDKT denganmu. Mungkin selama ini kamu adalah punya mimpi untuk berwirausaha. Maka orang yang hanya iseng mendekatimu akan lebih banyak menceramahimu dan memaksamu untuk merubah keinginanmu menjadi PNS. Gak jarang dia melakukannya hanya agar dia merasa senang tanpa ingin bertanggung jawab. Keegoisan membuatnya merasa ingin menyetir hidupmu.

Sebaliknya, dia yang serius PDKT denganmu akan membuatmu merasa nyaman dengan keinginanmu. Dia akan dengan senang hati membantumu mencari iden dan klien yang bisa diajak kerjasama. Dia tidak akan tinggal diam dan memanfaatkan untuk mendukung rencana-rencana baikmu di masa depan. Karena dia tahu, perbedaan adalah nyawa dari rasa saling membutuhkan antar manusia. Dan dia yakin dengan cara seperti ini, kamu bisa menjadi lebih bahagia.

11. Pandangan mata bisa kamu jadikan kunci. Dia yang serius akan menatapmu dengan tulus. Sedang dia yang hanya iseng dianggapnya semua hal hanyalah abu-abu.

Baca dari matanya via en.prothom-alo.com

Percaya atau tidak, kamu sebenarnya bisa membaca seseorang dari pandangan matanya. Mungkin selama ini kamu masih bimbang, apakah dia serius mendekatimu atau hanya main-main. Nah, gak ada salahnya kamu coba dia ketemuan dan ajak bicara. Mata bisa membuka tabir yang selama ini menjadi keraguanmu. Dia yang serius akan mempunyai pandangan mata yang tulus. Gak jarang, dia akan seksama memperhatikan apa yang kamu bicarakan. Dia juga akan memancarakan energi positif yang bisa membuatmu merasa tenang dan percaya. Sudut matanya akan lebih berbinar saat kalian bicara berdua.

Sedangkan dia yang hanya iseng, terkadang akan mempunyai pandangan mata yang abu-abu, tidak punya keinginan untuk mendengarkanmu dengan perhatian. Mungkin dia tidak akan berani saling menatap mata. Matanya akan bicara, bahwa tidak ada cinta disana.

12. Bagaimanapun, dia yang serius tidak akan membiarkanmu terlalu lama sendirian dan diambil orang. Sedangkan dia yang hanya iseng tidak mau tahu bahwa kamu menunggu.

Dia tidak akan membiarkanmu menunggu via bellophoto.net

Setelah waktu berlalu, gak jarang kamu akan merasa lelah menunggu kepastian yang tidak kunjung datang setelah PDKT terlalu lama. Mungkin kamu galau, bingung apakah dia benar-benar ingin bersamamu atau hanya biasa saja. Percayalah, orang yang serius PDKT denganmu tidak akan membiarkanmu sendirian terlalu lama. Karena jika dia benar-benar ingin bersamamu, maka dia tidak akan membiarkan orang lebih dulu dekat denganmu. Dia akan memperjuangkanmu dengan baik dan tidak membiarkanmu terkatung-katung dengan hubungan yang tidak pasti. Dia akan datang dan menyatakan cinta dengan segara.

Namun, dia yang hanya iseng mungkin kan lebih senang mengulur-ngulur waktu. Mungkin dia hanya menjadikanmu pilihan dari sekian banyak orang. Dan terkadang dia sama sekali tidak peduli dengan waktu yang sudah lama kalian lalui bersama. Dia kurang bisa menghargai kamu yang sudah lama menunggu.

Jika kamu ingin terhindar dari segala bentuk harapan palsu,  maka gak ada salahnya kamu mulai selektif untuk membaca maksud dia yang sedang PDKT denganmu. Apakah dia memang serius ingin mencintaimu atau hanya mengisi luang agar membuatnya senang. Karena dengan begitu, kamu tidak akan membuang-buang untuk segera menemukan cinta sejatimu.

Karena kamu begitu berharga, maka jangan biarkan hatimu hanya dipermainkan oleh perasaanmu sendiri yang sedang merasa kegeeran. Pastikan kamu bisa membedakan ya dia yang serius dan dia yang hanya iseng. Agar cinta yang kamu temukan juga baik.

Semoga segera mendapatkan kepastian dan menemukan cinta sejatimu ya.