Kalau bahas masa lalu, biasanya rasa malas atau kesedihan langsung menyelimuti. Hal ini nggak lain karena masa lalu dianggap banyak memiliki kenangan pahit yang harus dilupakan. Padahal, dari hal-hal menyakitkan tersebut dapat kamu ambil sisi positifnya lho. Misalnya aja untuk kehidupan percintaanmu di masa depan. Tentu pengalaman pahit itu akan menjadi guru terbaik kehidupanmu bersama pasangan di kemudian hari.

Nah, salah satu cara agar masa lalumu bermanfaat ini dengan membuat the breakup journal. Di dalamnya kamu bisa menuliskan kisah bersama para mantan. Bukan bermaksud memutar memori yang udah lama usang, tapi ini demi kualitas percintaanmu di masa depan. Yah misalnya aja supaya kesalahan-kesalahanmu di masa lalu nggak terulang, kamu pun patut mencatatnya dalam the breakup journal.

Apalagi ya kira-kira yang dituliskan dalam the breakup journal? Hipwee udah merangkumnya nih, langsung simak yuk!

1. Bukan bermaksud mengenang masa lalu, tapi menulis apa yang terjadi dahulu bisa mengingatkanmu tentang kesalahan yang pernah dilakukan.

coba deh menuliskan via www.yourtango.com

Sebagai manusia, tentu kamu nggak pernah terlepas dari kesalahan. Mulai dari hal-hal kecil hingga besar telah kamu lakukan. Misalnya aja sikap alami yang udah ada sejak lama dalam dirimu ini, seperti cemburuan, egois, dan cuek. Awalnya mungkin ini biasa aja, tapi lambat laun menjadi prahara yang bersumber dari kesalahanmu. Oleh karena itu, hal satu ini jangan sampai luput ditulis ya. Hitung-hitung sebagai pengingatmu tentang kesalahan dulu yang dilakukan kepada mantan agar saat menjalin hubungan di masa depan nggak kamu ulangi lagi.

2. Kamu pun bisa menuliskan karakter dia – yang pernah berhubungan denganmu. Agar dirimu dapat mempelajari bagaimana sikap menghadapi pasangan seperti itu.

Advertisement

tuliskan karakternya via www.pinterest.com

Sejatinya kepribadian orang itu berbeda dan cara menghadapinya pun demikian. Makanya, nggak ada salahnya nih pengalamanmu bersama para mantan dituangkan ke dalam tulisan. Seperti apa karakter mantanmu itu dan bagaimana kamu menyikapinya, tuliskan aja deh. Dengan begitu, ketika nanti kamu memiliki pasangan yang karakternya nggak jauh berbeda dengan mantan, kamu udah paham harus berperilaku seperti apa. Atau kamu juga bisa tahu hal-hal apa yang seharusnya nggak dilakukan terhadap orang yang berkarakter seperti itu.

3. Sikap seperti apa yang kamu lakukan terhadap pasangan di masa lalu juga gak boleh terlewat. Yah, hitung-hitung supaya kamu tahu mana sikap yang tepat dan yang bukan.

ingat-ingat lagi ya via www.dailymail.co.uk

Kamu coba deh mengingat kembali seperti apa sikap yang kamu lakukan terhadap mantan. Bukan hanya kesalahan aja, tapi juga perilaku positif yang pernah membuat mantan bahagia. Yah, siapa tahu sikap dahulumu ini bisa kamu terapkan juga kepada teman hidup selamanya nanti. Selama sikap tersebut positif dan membahagiakan dirinya ya kenapa nggak? ;D

4. Catat juga tentang rasa sakit yang kamu rasakan karena dia. Biar kamu tahu gimana rasanya kalau harus mengulang proses yang sama.

kesedihanmu coba diingat kembali via www.pinterest.com

Siapa hayo yang mau mengalami rasa pahit yang sama? Tentu inginnya lebih baik dari sebelumnya dong. Nah, salah satu cara untuk menyadarkanmu tentang percintaan yaitu dengan mencatat seperti apa rasa sakit yang pernah kamu alami dulu. Memang menyakitkan dan malas untuk mengenang kembali rasa sakit yang telah menusuk. Tapi, itu nggak menjadi masalah karena kamu dapat mengetahui hal apa aja yang harus dihindari supaya nggak merasakan proses yang sama.

5. Alasan kenapa kamu dan dia putus pun jangan sampai terlewat! Kalau kamu merasakan hal ini lagi, dirimu dapat berpikir kembali.

bisa saja hubunganmu kandas secara baik-baik via www.pinterest.com

Penyebab hubungan kandas banyak macamnya. Bisa karena saling bosan atau salah satu ada yang selingkuh. Bahkan, pendapat orang-orang sekitar juga memengaruhi kandasnya hubungan lho. Atau bisa juga karena masalah-masalah lain yang udah terpendam lama telah menumpuk dan akhirnya menjadi penyebab putus kalian deh.

Oleh karena itu, kalau kamu menuliskan penyebab kalian putus nih, dapat menjadi hal yang bermanfaat. Saat nanti bersama pasangan masa depan mengalami gejolak yang serupa, kamu dapat mempertimbangkan kembali supaya nggak cepat mengambil langkah untuk menyudahi. Kamu bisa memikirkan lagi secara baik-baik dan jernih.

6. Dari hubungan yang pernah terjalin dulu, kamu punya bayangan pasangan seperti apa yang diidamkan.

Nunggu dilamar kamu~ via indowarta.com

Pengalaman menjalin hubungan dengan orang berbeda membuatmu jadi punya bayangan tentang pasangan impian sesungguhnya. Misalnya tipe orang dewasa yang sebelumnya menjadi favoritmu, eh ternyata setelah pernah mengalami dengan orang yang seperti itu kamu pun memiliki pandangan lain. Makanya, tipe atau kriteria lawan jenis idaman seperti apa yang sebenarnya kamu inginkan, perlu banget ditulis ya. Saat membuka the breakup journal, kamu jadi punya banyak referensi.

7. Jangan lupa akan masa depanmu. Tulislah harapan-harapan yang gak hanya tentang percintaan, tapi juga lainnya.

tuliskan harapan-harapanmu ya via womenpla.net

Karena hidup itu terus berjalan, tentu keadaanmu harus lebih baik dari sekarang. Makanya, menulis tentang harapanmu di masa depan itu penting. Bukan hanya harapan percintaan aja ya, tapi juga hal lainnya. Meski sederhana, tapi ketika menuliskannya kamu harus dilandasi rasa ingin yang besar dan kemauan untuk meraihnya ya!

Masa lalu memang menyakitkan, tapi nggak ada salahnya kalau kamu ambil positifnya. Dengan menuangkan kisah masa lalu pada the breakup journal, banyak hal yang bisa dipelajari dan sebagai pengingat saat kamu menjalin hubungan di kemudian hari. Akan banyak pengingat dan hal-hal positif yang dapat menjadi peganganmu dalam the breakup journal. Biar hubunganmu lebih berkualitas dan lebih baik dari sebelumnya.