Komunikasi akan selalu jadi hal penting di setiap hubungan. Jadi penentu bagaimana hubungan ke depannya, langgeng kah, saling mendewasakan kah, atau sesederhana membuat kalian semakin mengenal pasangan lebih dalam dan menumbuhkan ikatan yang lebih kuat lagi. Tapi komunikasi dalam setiap hubungan punya cara yang berbeda-beda. Contoh besarnya seperti yang pacaran satu kota dengan yang beda kota. Pacaran satu kota, ada masalah sedikit bisa langsung ketemu, begitupula saat sedang kangen-kangennya. Sementara yang berbeda kota atau pacaran jarak jauh alias LDR-an bagaimana?

Ada yang bilang LDR-an itu mahal modal komunikasinya. Mending kalau LDR-annya cuma beda kota dan masih satu negara. Bagaimana dengan mereka yang beda negera plus benua? Tapi nyatanya komunikasi kalian yang jarak jauh itu selalu mahal, asalkan kamu dan pasangan menerapkan beberapa tips yang Hipwee sengaja rangkum untuk kalian.

1. Memanfaat fasilitas wifi gratis, entah di kantor, perpustakaan umum atau di mana pun untuk bisa video call dengan pacar

kerja sambil video call diam-diam via unsplash.com

Memanfaatkan waktu istirahat makan siang, atau saat pekerjaanmu sudah selesai dan menunggu jam pulang, sah-sah saja kalau kamu mengajak pacarmu yang di sana untuk video call dengan memanfaatkan wifi kantor. Beruntungnya lagi, wifi gratis pun sekarang nggak cuma ada di kantor. Tapi bisa kamu temui di tempat umum, seperti perpustakaan kota asal kamu ngobrolnya jangan berisik ya.

2. Telepon di malam hari atau pagi-pagi sekali, nggak cuma biaya-biaya yang lebih murah, kadang ada bonus kuota atau pulsa

sengaja bangun tengah malam via unsplash.com

Advertisement

Nggak cuma kata orang, tapi kenyataannya di jam-jam tengah malam atau subuh tarif telepon atau internet hampir di semua operator itu lebih bersahabat. Kadang ada juga yang terang-terangan memberi bonus pulsa telepon atau internet yang memang hanya bisa digunakan pada jam-jam tertentu. Agak berat memang mengajak matamu berkompromi untuk sekadar berbincang lewat telpon dengan pacar yang jauh. Tapi bukankah membangun sebuah hubungan itu perlu perjuangan, di antaranya ya dengan begadang atau bangun pagi-pagi buta.

3. Kalau LDR-annya beda kota atau pulau aja, ya cukup pakai operator telepon yang sama

operatornya samaan via www.pexels.com

Sebenarnya pakai operator yang sama nggak cuma berlaku untuk yang LDR-an, tapi kadang yang satu kota pun menerapkan hal seperti ini. Tapi alasannya nggak cuma untuk pengiritan saja, melainkan supaya terlihat lebih manis saja. Apalagi kalau yang punya nomor hampir sama yang hanya beda di dua digit terakhir. Tapi yang pasti untuk kamu yang LDR-an masih satu kota hal ini wajib diterapkan.

4. Sehari-hari cukup dengan sms atau chat aja, sementara telepon bisa seminggu sekali misalnya

Sehari-hari cukup chat atau sms via www.pexels.com

Chat atau sms saja memang tak cukup untuk mendamaikan rindu. kamu atau dia kadang pun ada rasa-rasa ingin sekali mendengar suaranya, sebagai pengganti karena tak bisa melihatnya langsung. Tapi mengingat telepon beda kota saja mahal. Apalagi yang beda negara, pulsa berpuluh-puluh mungkin hanya cukup membuatmu mendengar suaranya beberapa menit. Jadi harusnya kamu dan dia lebih bersabar lagi, memberi pengertian ke dirimu sendiri untuk cukup sms atau chat saja sehari-harinya. Sabar ya…. 🙁

5. Atau cari operator telepon yang royal, yang tarif semua layanannya tak mahal

Telepon pakai WA sepuasnya via www.pexels.com

Di dunia ini yang kejam bukan cuma persaingan cinta, tapi juga dalam hal bisnis dan salah satunya ya operator telepon yang entah kenapa royal sekali ke pelanggannya. Bukankah ini sasaran empuk kamu untuk melanggengkan urusan kabar dengan dia yang berada di ribuan kilometer jauhnya darimu? Kamu tak punya alasan untuk tak memilih operator telepon yang seperti ini. Karena setidaknya urusan telepon bersama dia bisa dilakukan sesering mungkin. Biar kamu dan dia tak harus rindu melulu.

Jadi, masih percaya sama omongan orang kalau pacaran jarak jauh itu mahal?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya