Apakah kamu sedang merasa ada hal yang kurang bebas? Ada rasa terbelenggu yang kadang bikin hubungan nggak lancar? Masalah datang seringkali karena kebebasan yang tak terkendali, namun tak sedikit juga masalah datang karena belenggu dan kekangan. Dalam hal yang mungkin dilakukan untuk merubah arus hubungan yang itu-itu saja, keterbatasan yang membatasi keluwesan dalam hubungan.

Bukan berarti mengamini kebebasan yang terlalu liar, tapi ada kalanya hal-hal di bawah ini terlalu kejam jika terlalu dibelenggu. Cowok harus ambil sikap, cewek juga nggak boleh ketinggalan mengambil sikap untuk mencerminkan kebebasan. Hal utama yang harus dilakukan sebelum kalian saling membebaskan adalah adanya pengertian yang sama. Bayangin kalau kebebasan-kebebasan di bawah ini nggak dilengkapi dengan pengertian yang dalam? Bisa jadi malah tambah bermasalah.

1. Tetap bisa berkumpul, berkomunikasi dengan teman-teman bahkan mengenal orang baru, biar dunia tak milik berdua melulu

Teman pasti bikin suasana nyaman dan menghilangkan segala keresahan dalam hubungan… via unsplash.com

Punya banyak teman jelas bikin kita memiliki banyak keuntungan meskipun nggak jarang juga kita salah pilih. Bagaimanapun dalam sebuah hubungan kadang masalah pertemanan bikin kecemburuan pasangan. Padahal jika disikapi dengan benar, teman-teman yang mengisi kehidupan pasangan punya banyak manfaat yang nggak bisa didapatkan dari kamu.

2. Pekerjaan tak hanya menyangkut masa depan tapi juga pembangkit gairah hidup, karena itu urusan karir tak perlu dikekang

Pekerjaan yang menyita waktu dan melelahkan juga menyimpan kebaikan untuk masa depan… via unsplash.com

Advertisement

Jangan jadikan demi kebaikan masa depan sebagai embel-embel untuk membatasi pilihan pekerjaan pasangan. Sekalipun pekerjaannya bukan di tempat yang bergengsi dan bergaji tinggi, kamu tak berhak mematahkan mimpinya ini. Selama pasangan nyaman dengan apa yang dia pilih, harusnya kamu terus memberi dukungan. Begitupula dia harus bersikap yang sama ke dirimu.

3. Bebas mengekspresikan perasaan, entah kesal atau sedih, walaupun caranya pun harus dengan baik-baik

Setelah kekesalan bebas dikeluarkan akhirnya ada kehangatan… via unsplash.com

Kadang karena takut mengungkapkan kekesalan, kita jadi sering salah paham. Niat hati menjalankan hubungan dengan terbuka, kita malah jadi diam-diam memendam perasaan. Harusnya satu sama lain bebas mengekspresikan kekesalan, biar semua tambah jelas dan nggak ada yang sakit hati, nggak harus dengan kemarahan kok.

4. Di luar pekerjaan, tetap punya kesempatan melakukan kesibukan yang lain, seperti jadi volunter atau bakti sosial bersama teman-teman

Boleh bebas sibuk-sibuk ria asal bermanfaat dan nggak ganjen…. via unsplash.com

Kadang kesibukan pasangan yang berlarut-larut dan seolah nggak ada habisnya memang mengesalkan. Cewek sering banget jadi korbannya, sering ditinggal-tinggal  tanpa ada kabar. Banyak hal yang mungkin dikerjakan bagi cowok atau pun cewek, masaing-masing pasangan harus mengerti bahwa kesibukan adalah kebebasan mencapai cita-cita, semoga kalian saling mengerti.

5. Bebas berpenampilan dan berdandan selama itu baik juga buatnya nyaman, toh kebebasan berekspresi jadi hak semua orang

Bebas berpenampilan, yang penting saling menghargai jika ada kekurangan… via unsplash.com

Penampilan jadi sorotan utama dalam hubungan, tak bisa dimungkiri bahwa sering kali orang mudah jatuh cinta pada pandangan pertama. Baiknya soal penampilan, jika memang cinta adalah perihal saling isi dan membahagiakan tentunya masing-masing meletakkan kebebasan untuk berpenampilan. Sering ditemui kasusnya kamu melarang pasangan pakai baju ini itu tak karuan membelenggu.

6. Kebebasan untuk mencintai dan tidak mencintai, kadang kita memaksakan hubungan yang kurang diisi dengan cinta murni

Semoga cinta dan sayang tak berbatas apapun… via unsplash.com

Mencintai seseorang bukan perkara mudah, kadang kita memaksakan diri untuk sayang dan mengasihi pasangan, padahal hati dan pikiran sudah lelah menahan jenuh. Kalau dipaksakan malah bikin sakit hati dan nggak sehat, harusnya kalian punya hak dan kebebasan untuk mencintai dan membenci. Memang susah memutuskan sebuah hubungan, tapi jika itu adalah jalan yang terbaik, mau apa lagi?

Mungkin, hal-hal di atas nggak bisa kalian lakukan bebarengan dalam suatu waktu. Kalian bisa mulai satu per satu biar nggak kaget dan menghancurkan suasana hangat dalam hubungan. Selagi tanpa kebebasan ini hubungan kalian tetap ayem-ayem saja, jalani yang kiranya sudah berjalan lancar. Kadang kala kebebasan yang terlampau tak terkendali malah mengantarkan hubungan pada jurang kehancuran.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya