Rasa sayang memang nggak bisa dideskripsikan hanya dengan kata, bahkan dengan sikap pun kadang tak cukup menggambarkannya dengan detail. Apalagi perasaan sayang yang dipunyai seorang cowok, seringnya sangat dalam atau sangat dangkal sulit dibedakan. Yang jelas, meskipun sulit dideskripsikan perasaan sayang itu sebenarnya sangat mudah berubah. Tidak permanen dan mudah goyah.

Termasuk perasaan sayang seorang cowok ke ceweknya. Terkadang bilangnya sayang, tapi keesokan harinya tiba-tiba cuek dan nggak peduli. Banyak faktor yang bisa mengubah perasaan seorang cowok. Bisa jadi cowok atau gebetanmu ilfeel karena sikapmu. Baiknya kamu hati-hati girls. Kalau cowok sudah ilfeel, kadang sulit banget buat ngembaliin moodnya. Apa aja sih kira-kira sikap yang bisa bikin cowok kehilangan rasa tertarik ke cewek? Yuk, Hipwee kasih bocorannya ya!

1. Cewek yang saltingnya berlebihan sampai bikin cowoknya kapok kasih pujian

Aduh nggak bisa menata perasaan nih kalau dipuji! via topyaps.com

Memang sih nggak semua cowok itu gampang ilfeel, tapi pada umumnya kalau sikap cewek berlebihan dan nggak pada tempatnya juga bikin suasana jadi awkward. Misalnya ketika si cowok memuji cewek, mungkin harapannya bakal bikin cewek seneng dan tersipu-sipu malu. Tapi kalau tanggapannya nggak sekedar tersipu, bahkan galau dan salah tingkahnya sudah berlebihan sampai kaya’ orang kesurupan, si cowok pasti kapok. Kalau dipuji cowok, baiknya kamu senyumin seperlunya, bilang makasih dan tunjukan sikap alamimu.

2. Sudah punya pacar tapi tebar pesona sana sini. Membuat cowok merasa tak dihargai

Hayo, telepon dari siapa tuh? via COED.com

Advertisement

Cewek yang baik itu yang setia hanya ke satu pasangannya. Secantik apa pun kamu, kalau sudah punya pacar tapi tetep ‘gatel’ ke cowok lain ya pasti bikin banyak orang risih. Termasuk pacarmu sendiri, pasti ilfeel sekali. Kamu boleh tebar pesona ke cowok-cowok ketika kamu masih ‘kosong’. Tapi setelah mendapat yang kamu inginkan, berhenti berambisi dapat banyak fans. Kalau kamu gampang digombalin sana-sini, imagemu di mata cowokmu jadi kurang baik. Nggak ada kan rasa sayang yang rela kalau dibagi-bagi?

3. Ngomongin kejelekan sahabatnya sama cowok sendiri. Tapi kalau di depan sahabatnya suka baik, wah bermuka dua dong!

Jangan bermuka dua! via id.pinterest.com

Kalau nggak suka sama sikap atau perilaku teman apalagi sahabatmu, baiknya kamu simpan saja. Kalau sudah benar-benar merugikanmu, kamu bisa menjauhinya kan? Bukan malah menggunjingnya sama cowokmu dan menjelek-jelekan sahabatmu sendiri.

Mungkin nggak akan masalah kalau format penyampaianmu berupa ‘curhat’. Tapi kalau kamu sudah mengungkapkan kalau kamu kesal setengah mati dengan sahabatmu tapi tiba-tiba kalau ketemu kamu berubah jadi sosok malaikat, cowok juga bakalan ilfeel dong. Mereka akan berpikir kalau antara sikap dan perkataanmu nggak sinkron. Salah-salah cowokmu bakal mengira kalau dibelakangnya kamu juga suka menjelekkan dia.

4. Pede boleh, tapi berlebihan jangan. Urat malumu jangan sampai putus, girls

Pokoknya jangan sampai malu-maluin banget! via id.pinterest.com

Cewek kocak memang banyak disukain cowok. Pacarmu juga akan lebih betah kalau kamu nggak jaim ketika bersamanya. Tapi sesuatu yang berlebihan itu juga kurang baik. Ketika kamu terlalu pede, sok kenal sama orang yang baru ketemu, atau bersikap konyol di depan semua temen satu angkatan, sampai bersikap memalukan, medingan kurang-kurangin deh. Kadang punya rasa malu itu perlu.

5. Berusaha mencairkan suasana, tapi nyatanya lawakan atau candaanmu selalu berakhir dengan kegaringan

HAHA! Eh…nggak ada yang ketawa via www.theodysseyonline.com

Coba deh perhatikan kalau kamu melucu, apakah cowokmu ketawanya ikhlas atau ketawa formalitas aja? Dia sayang kok sama kamu, tapi kalau kamu terus-terusan kasih jokes yang membuatnya risih lama-lama ilfeel juga. Kamu nggak perlu melawak dan jadi komedian dadakan hanya untuk mencairkan suasana dan menghibur cowok dan teman-temanmu kok. Kalau memang nggak bakat buat melucu, kamu bisa membuat orang lain tertawa dengan hal lain. Bukannya kadang ngambek dan manjanya cewek saja sudah bisa bikin cowok tertawa gemas?

6. Jangan jorok deh! Pada dasarnya semua orang nggak suka sama orang yang joroknya keterlaluan

Duh duh jangan ngiler ah! via www.7cups.com

Malas bersih-bersih mungkin fitrah setiap manusia. Tapi bukankah manusia yang baik adalah yang bisa menahan fitrah buruknya? Cowok mana sih yang nggak girang lihat ceweknya bersih, rapi, wangi, dan segala sesuatunya terorganisir dengan baik. Nggak kentut dan sendawa sembarangan dan tahu tempat kapan harus melakukannya. Meskipun kamu termasuk cewek yang nggak bisa jaim, tapi jangan sampai kamu joroknya ketahuan banget deh. Misalnya kamu ngupil dan dipeperin ke tangan cowokmu. Duh….

7. Semarah-marahnya kamu, jangan sampai ngatain cowokmu sendiri, apalagi dengan julukan yang kasar sekali

Tahan-tahan emosinya, dear… via www.shutterstock.com

“Dasar kamu cowok xxxxx!” (Maaf kena sensor ya)

Nggak perlu banget girls ngatain cowok dengan sebutan yang kasar, meskipun amarahmu sedang sangat membabi-buta. Ini jelas bikin cowokmu ilfeel seketika. Mengata-ngatai cowokmu nggak akan membuat citra dirimu lebih baik kok. Coba dinginkan kepala dulu, baru bicara baik-baik soal masalahmu dengannya. Jangan sampai keadaan makin rumit disaat kalian sedang berselisih. Bukankah seberapa pun marahnya dua orang yang saling menyayangi, mereka pasti akan menemukan cara untuk kembali?

8. Sikap keras kepala dan protesmu yang nggak logis lebih baik kamu buang jauh-jauh! Nggak semuanya harus diproses pakai perasaan semata

Diproses pakai logika juga ya via www.theodysseyonline.com

Lagi-lagi di saat emosi, kamu juga harus bisa mengontrol sikap keras kepalamu. Apalagi jika alasan dan argumen yang kamu utarakan sama sekali nggak masuk akal dan hanya karena berdasarkan perasaan. Bisa bikin cowok merasa super annoyed lho. Kebanyakan cewek melakukan hal ini saat cemburu buta ke cewek lain, akhirnya memaksa untuk minta semua password sosmed pasangannya.

Wah itu sedikit berlebihan dan nggak perlu. Hanya karena kamu merasa curiga kalau dia selingkuh? Termasuk ketika kamu menyatakan hal-hal yang tidak perlu seperti, “Kenapa sih kamu sayang sama aku?”. Hal ini nggak perlu dijawab, karena sayang nggak butuh alasan. Menurut cowok pun pertanyaan semacam ini sangat nggak penting dan buang waktu. Hmmm…

Bersikap apa adanya layaknya dirimu sesungguhnya memang bagus, girls. Tapi jangan menutup telinga soal kritikan yang datang kepadamu. Kritikan bisa jadi bahan introspeksi supaya kamu jadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Apalagi kalau urusan sikap dengan pasangan, bisa fatal kalau di mata pasanganmu kamu selalu menyebalkan. Yuk, berbenah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya