Perasaan cinta dan sayang yang telah melekat dalam diri membuat keinginan untuk bersama mantan selalu membuncah. Awalnya kamu berusaha untuk menghilangkan dan membiasakan diri nggak berhubungan dengannya, namun ternyata tak bisa. Kamu pun paham bahwa perasaanmu terhadapnya memang tak tergantikan dan akan selalu begitu.

Balikan sama mantan memang menjadi hal yang dipandang sebelah mata. Karena bagi sebagian orang, masa lalu merupakan salah satu hal pahit yang membuat hidup jadi nggak menyenangkan. Yah, mau bagaimanapun kamu memang merasa nyaman dan bahagia bersama dirinya. Akhirnya kamu tetap ingin balikan dengannya.

Tapi kadang kamu jadi enggan terlalu gencar menunjukkan bahwa kamu sedang mendekati mantanmu lagi. Ya, malas kalau PDKT-mu dipandang sebelah mata oleh teman-teman, atau mungkin oleh si dia. Tapi hal ini bisa dihindari. Ada 8 cara yang perlu kamu perhatikan dan telah Hipwee siapkan. Supaya kamu nggak diremehkan dan terlihat seperti mengemis cinta untuk balikan kepadanya, simak yuk cara-cara ini..

1. Sebelum kamu “memulai”, sebaiknya perbaiki diri dulu. Gak hanya mental aja, tapi fisik juga

coba tata penampilanmu via www.cojograab.com

“Lo yakin balikan sama Haifa?”

“Iya, emang kenapa?”

“Benerin hati sama pikiran dulu. Sekalian tuh penampilan, kerenan dikit gitu biar Haifanya nanti ada rasa nyesel kemarin putus sama lo. Hahaha.”

Advertisement

Ada rasa menyesal walaupun itu kecil dalam dirimu maupun dirinya. Meski sekarang kamu sedang berbenah diri, belum tentu mantanmu akan menerima PDKT ini dengan terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai dengan mengetahui dulu seperti apa perasaanmu kepadanya. Kamu juga perlu memahami alasan kenapa mau bersama dirinya lagi dan sanggup atau nggak dengan dirinya. Toh kamu kan udah mendapat gambaran tentang dirinya dari masa lalu bersamamu.

Setelah kamu telah pede dengan perasaanmu, saatnya memperbaiki diri. Mulailah kumpulkan semangat untuk mendapatkan sang mantan kembali. Hal-hal tersebut juga ditunjang dengan penampilanmu yang semakin kece. Kamu tentu mau dong dinilai olehnya semakin keren dan meninggalkan rasa sesal sedikit dalam hatinya? Hahaha.

2. Rasa enggan balikan dengan mantan biasanya karena tidak mau hal yang sama terulang. Coba ingat-ingat lagi kesalahanmu dan perbaiki segera

ingat lagi kesalahanmu apa via weheartit.com

Untuk balikan sama mantan memang nggak semudah saat menerima pernyataan cinta orang lain. Makanya, perlu dilakukan berbagai langkah-langkah jitu saat PDKT. Hal ini karena nggak semua orang bisa segera menerima permintaan maaf dan memaklumi apa yang telah terjadi dahulu. Beragam kesalahan yang diperbuat tentu memerlukan waktu untuk menerimanya dengan lapang dada.

Makanya, kamu harus kembali mengingat kesalahan apa yang dilakukan dan perbaiki segera. Karena mantanmu tentu nggak mau mengalami hal yang sama saat menjalin hubungan lagi denganmu. Kalau dulu kalian sering bertengkar karena gaya hidupmu yang nggak sehat, maka ubahlah secara perlahan. Meski sulit menghilangkannya, paling nggak kamu udah mencoba berubah.

3. Tanpa terkesan mengganggu dan mengejar, lakukan aksi PDKT secara anggun dan perlahan. Kamu pun harus siap dengan reaksinya

mendekati dengan perlahan tapi pasti via www.google.co.id

Lakukan proses PDKT secara perlahan-lahan tanpa memperlihatkan kamu sedang menginginkannya banget. Jangan sampai dia merasa terganggu dan dikejar-kejar olehmu selalu. Di tahap awal berinteraksi, dia pasti heran karena sikap dirimu ini, apalagi kalau sempat putus komunikasi.

Mengawali dengan kalimat sapa dan menanyakan kabar memang menjadi cara andalan. Saat melihat respon positifnya, kamu dapat melanjutkan dengan interaksi sebagaimana dulu waktu kamu masih mengawali pertemanan dengannya. Setelahnya, baru deh kamu ajak serius membicarakan tentang perasaanmu yang belum bisa menghilang.

Dalam melancarkan proses ini, kamu pun harus siap menerima reaksinya. Karena bisa saja dia memang hanya ingin berteman dan nggak mau ada kelanjutan. Kalau dia malah jadi sedih dan menangis di depanmu, semangati dan hiburlah dia kembali. Dia juga bisa bingung dan butuh waktu lho, oleh karenanya kamu perlu mengerti dirinya ya.

4. Dia pasti bertanya-tanya alasanmu mendekatinya kembali. Buat dirinya tahu kalau kamu datang untuk memperbaiki masa lalu

saatnya memperbaiki kesalahan via www.postconsumers.com

“Emang kamu udah ingat kesalahanmu apa dulu?”

“Iya udah dan aku ingin memperbaiki semuanya. Beri aku kesempatan.”

“Kenapa aku? Cewek di dunia ini banyak.”

Yup, kamu harus siap dengan pertanyaannya tentang dirimu yang ingin kembali bersamanya. Jelaskanlah secara baik-baik dan pastikan mereka tahu bagaimana caramu memperbaiki kesalahan itu. Hindari menyebutkan siapa yang menjadi penyebab putus atau siapa yang melakukan salah. Kamu hanya perlu memberitahu hal apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan dahulu yang pernah retak.

5. Yang namanya mengambil hati mantan lagi itu gak mudah, kamu harus sabar menjalani prosesnya. Jangan mudah patah semangat ya!

gas terooosss ;D via www.idiva.com

Membuat gebetan tertarik atau jatuh cinta kepadamu nggak sesulit mengambil hati mantan kembali. Karena pernah mengalami kejadian pahit bersamamu, maka dia pun akan berhati-hati saat menjalin interaksi bersamamu. Makanya, kamu harus bersabar banget nih menanti dirinya. Karena dia butuh waktu untuk mencerna apa yang terjadi, apa yang kamu lakukan, dan hal-hal dulu yang belum terlupa.

Sebaiknya tanyakan bagaimana kabarnya, apa yang dilakukan, dan adakah yang perlu dibantu saat sedang beraktivitas. Lakukan sewajarnya tanpa adanya paksaan untuk dibalas atau ditanggapi ya.

6. Kalau dia lama memberikan kepastian, PDKT-mu tetap gak boleh berhenti. Perhatian tetap harus berjalan ya!

perhatian tetap berjalan ya via live-av.info

Meski PDKT-mu udah cukup lama dan dia belum bisa memberikan kepastian juga, kamu tetap harus memberikan perhatian ya. Komunikasi nggak boleh terputus dan kamu harus smelakukan berbagai perilaku manis kepadanya. Biarkan dia memahamimu dan sadar akan sikap pedulimu ini. Berikan kesan kepadanya betapa indah dan bahagianya jika kalian sedang bersama.

7. Buat dia sadar kalau kamu memang berharga sebagai pasangan. Karena perbuatan manis saja masih belum cukup baginya

buat dirimu memang pantas dijadikan sebagai pasangan via thinkprogress.org

Yang kamu inginkan ini bukan sekadar lawan jenis lho, tapi seorang mantan yang udah kenal kamu dengan baik. Oleh karena itu, sikap manis dan berbagai perhatian kepadanya masih belum cukup. Walau udah ditambah dengan memperbaiki kesalahan, tetap aja masih belum cukup baginya.

Tunjukkanlah kalau kamu ini memang patut dibanggakan dan sangat berharga sebagai pasangan. Dia pun ingin tahu apakah kamu sanggup bersama dirinya kalau dari kamu sendiri aja nggak bisa menjaga diri. Makanya, jangan bosan berbenah diri dan peduli juga terhadap diri sendiri.

 

8. Yah kalau nanti dia gak mau balikan lagi, terimalah dengan lapang dada dan jangan memaksa. ;D

apa? dia gak mau balikan sama gue? yaudah lah ya ;p via her-etiquette.com

Upayamu udah maksimal, namun dirinya tetap nggak mau balikan lagi denganmu. Yah, ya udah itu berarti kamu harus legowo menerimanya dan jangan memaksa. Percayalah kalau Tuhan telah menyiapkan yang terbaik untukmu, meski memerlukan waktu yang nggak sebentar. Kamu harus bersabar dan tetap semangat menjalani hidup. Jadikan hal tersebut sebagai sebuah pelajaran dan pengalaman untuk ke depannya.

Rasa yang bersemayam dalam diri memang nggak bisa diajak kompromi. Cinta dan sayang terhadap mantan kadang menyebalkan, namun kamu nggak bisa menyangkal masih ingin bersamanya lagi. Kalau memang yakin kembali dengannya, lakukan secara perlahan dan elegan tanpa membuatmu dipandang sebelah mata. Jadilah sebagai sosok yang membanggakan dan berharga, serta tak pernah gentar untuk memperbaiki diri. Semangat ya, kamu! ;D