Jika kamu pikir caramu berpakaian sudah cukup mencerminkan seluruh kepribadianmu, coba pikir lagi. Kamu kira cewek cuma bisa membaca watakmu dari penampilan? Jangan salah, mereka juga bisa menarik simpulan tentang seorang cowok dari kendaraan yang cowok itu bawa.

Kamu boleh aja berusaha menampilkan kesan pertama yang baik lewat baju dan gayamu membawa diri, tapi kesan pertama kamu itu bisa jadi sudah dianalisis oleh para cewek dari kendaraan yang kamu miliki. Nah, tanpa bermaksud memberi stereotip dangkal, inilah kesan yang bisa dipancarkan oleh kendaraanmu.

1. Skuter Tua

Tua Tapi Gak Mogok Di Jalan via silodrome.com

Skuter buatan Italia seperti Vespa emang kelihatan berkelas. Tapi, percuma saja kalau Vespa-mu tua dan gak dirawat. Mengendarai Vespa butut bikin kamu terlihat urak-urakan di mata cewek. Kesannya memang kamu punya selera, tapi selera itu belum tentu bisa diterima semua cewek.

Boleh aja pakai Vespa klasik, tapi pastikan skutermu tetap enak dilihat dan mesinnya terawat. Jangan bikin tiap cewek yang kamu temui berpikir, “Kalau aku jalan bareng dia, aku lebih sering dibonceng atau bantu dorong ke bengkel?”

2. Skuter Matic

Advertisement

Ini dia jenis kendaraan roda dua yang menguasai market share di Indonesia. Biarpun sering digambarkan sebagai skuter yang cepat dan tangguh — sampai menggunakan pembalap profesional sebagai model iklannya — percaya deh kamu tetap bukan Valentino Rossi di mata para cewek.

Mengendarai skuter matic akan bikin kamu terlihat seperti jutaan cowok Indonesia lain yang juga memakai kendaraan yang sama: simpel dan serba praktis.

3. Motor ‘Jantan’

Ditinggal Konvoi Tiap Weekend via www.jakarta.go.id

Mesin besar, cepat, dan punya power lebih, jenis kendaraan roda dua ini sering dilabeli ‘jantan’. Contoh yang populer sendiri adalah Kawasaki Ninja, Honda Tiger, dan Yamaha Vixion. Kalau mau lebih ‘jantan’ (dan lebih mahal) lagi, ada Harley-Davidson atau Ducati.

Tapi bukankah sedikit tolol jika kita merasa paling jantan cuma karena kita punya motor merk di atas? Salah-salah, kesan pertama yang bisa ditangkap para cewek adalah “Ini orang ikutan geng motor gak, ya?” atau “Tiap malam minggu pasti aku ditinggal konvoi!”

4. City Car

Young and free via www.chevrolet.com

Kecil dan stylish, mobil ini memang cocok buat anak muda yang tinggal di perkotaan. Diisi 4 penumpang mobil ini sudah terasa penuh, bahkan ada ada city car yang cuma bisa diisi 2 orang. Karena kapasitasnya, cewek udah ngerti kalau mobil ini biasanya dikendarai cowok (yang merasa) muda. Cowok yang belum berpikir untuk membangun keluarga.

Apalagi kalau mobilnya pemberian dari orang tua, cewek udah maklum jika kamu masih mau bersenang-senang. Makanya kamu cari cewek yang mau bersenang-senang juga.

5. Avanza dan Semacamnya

Siap Berkeluarga? via www.chevrolet.co.id

Biar kata ini ‘mobil sejuta umat’ tapi Avanza/Xenia, Spin, Innova dan sejenisnya bisa mengirimkan sinyal ke cewek bahwa kamu siap untuk mapan. Baru siap lho, ya…

6. SUV

Jadi Pengendara SUV yang Cermat via www.team-bhp.com

Pengendara SUV mungkin terlihat seperti cowok yang mapan. Tapi jika kamu semena-mena dan sok superior di jalanan, menerobos lampu merah, atau menelepon sambil nyetir, para cewek akan memandang kamu sebagai cowok narsis yang sok penting.

7. Jip

Melintasi Medan Berat via www.indonesia.travel

Mobil tangguh untuk segala medan, boros bahan bakar dengan perawatan yang gak gampang. Sama kayak Vespa tua yang terawat, cewek (yang ngerti) pasti respect jika jip tua kamu sehat untuk dipakai sehari-hari. Tapi kalau cewek yang kamu taksir terlalu sering terpapar sinetron, mungkin dia bakal nganggap jip hardtop kamu mobil buat penculikan.

Sekarang kamu bisa lebih ngerti ungkapan you are what you drive, ‘kan? Haha, tenang aja — ini bukan artikel ilmiah yang 100% benar. Yang sudah pasti cuma ini: kita bisa paham pengendara Prius itu peduli lingkungan atau nggak.