Ketika kamu menjalin hubungan dengan cowok, banyak pertimbangan-pertimbangan yang sudah kamu lalui. Kamu akhirnya memutuskan untuk memilihnya karena berbagai alasan, mulai dari rasa sayang, kagum, sampai rasa tidak lengkap jika tidak bersama. Hubunganmu akan mengalami fase naik turun, dari yang manis-manis sampai yang tidak enak.

Ada 10 tanda-tanda yang bisa kamu amati untuk memastikan apakah pacarmu sudah memperlakukanmu selayaknya kamu pantas diperlakukan. Coba lihat kembali hubunganmu selama ini. Apakah dia sudah melakukan hal ini kepadamu?

1. Kamu pantas diperkenalkan kepada lingkar teman-teman terdekat. Karena kamu dan mereka adalah bagian dari hidupnya yang begitu lekat.

bertemu teman-temannya via www.yahoo.com

Sebagai pacar, perilaku cowok terhadap pasangannya tentu saja berbeda dengan perilakunya kepada orang lain. Ketika benar-benar mencintai seseorang, cowok akan memperlakukannya dengan benar. Itulah caranya menghargai hubungan yang terjalin antara kalian berdua.

Salah satu tanda cowok sudah nyaman dengan ceweknya adalah ketika ia mulai secara terbuka membawanya ke lingkar teman-teman dekatnya. Jika kalian tidak berasal dari lingkungan yang sama, mungkin akan butuh waktu lebih lama baginya untuk mencari celah. Tapi begitu ada kesempatan tepat untuk membawamu ke lingkungannya, tak akan ia sia-siakan.

2. Selain kepada teman-temannya, kamu juga sepatutnya dekat dengan hobi dan hal-hal kesukaannya.

Advertisement

didekatkan dengan hobinya via id.pinterest.com

Hal-hal favorit cowok terkadang memang jauh beda dengan apa yang disukai cewek. Sebut saja games online, band, futsal, sampai klub bola yang tidak kamu mengerti. Yah, beruntung sih kalau kamu memang dari awal sama-sama menyukai topik hobi yang sama dengan cowokmu. Tapi jika tidak pun tak apa. Dia mengerti bahwa kamu ingin tahu tentang hidupnya.

Maka dari itu dia akan mulai berbicara tentang hal-hal kecil yang ia sukai, bagaimana sejarahnya ia bisa menggeluti dunianya itu, rival-rival bebuyutannya, jenis-jenis musik yang ia mainkan, sampai perasaannya ketika klub kesukaannya kalah liga. Jika ada kesempatan, dia akan mengajakmu menonton pertandingannya.

3. Kekasihmu tidak akan suka membanding-bandingkan. Jika pun terpaksa, ia selalu tahu cara membuatmu merasa menang.

di sisinya, kamu nomor satu via imgfave.com

Hai, sayang. Kamu cantik hari ini.

Cantik mana sama kemaren?

Emm.. Kecantikan itu nggak bisa dibandingkan, Sayang. Ia cuma bisa dirasakan.

Deu~ Memang sudah lumrah kalau cewek itu nggak suka dibanding-bandingkan, tapi selalu cari celah untuk menjebak pasangannya. Cuma untuk melihatnya salah tingkah dan gagap mencari-cari alasan agar kamu tidak marah.

Dan dia yang mencintaimu tidak akan peduli dengan perbandingan. Karena baginya, kamu layak selalu jadi pemenang, bahkan di arena yang tidak butuh persaingan.

4. Walau tidak melulu soal kata-kata manis, kejujurannya membuatmu merasa layak jadi orang yang ia hormati.

percakapan yang menyenangkan via www.salon.com

Kejujuran jadi aset yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Dari kejujuran, fondasi kuat rentannya sebuah kepercayaan dimulai. Tidak ada yang mau dibohongi, terutama dalam hubungan yang dewasa antara dua insan manusia. Karena kamu pun selalu mengutamakan jujur kepadanya, kamu pun layak mendapatkan perlakuan serupa.

Boleh aku jujur?

Ia yang mencintaimu tidak akan mengumbar kata-kata manis hanya untuk menyenangkanmu semata. Jika tiba waktunya kamu perlu mendengarkan fakta atau masukan yang penting bagi perkembangan pribadimu, ia akan jadi yang pertama menyampaikannya. Tentu ia akan berhati-hati memilih kata-kata yang tidak akan menyakitimu. Perlakuannya ini kepadamu membuatmu semakin percaya bahwa ia mengerti caranya memperlakukanmu sebagai pasangan yang setara.

5. Dia tahu kamu mampu menjaga diri sendiri. Tapi karena ia lelakimu, secara naluri ia pun ingin selalu menjaga dan melindungi.

ingin selalu melindungimu via fantasticpixcool.com

Ketika pergi berdua, dia selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamananmu di sisinya. Dia selalu bisa kamu andalkan baik itu di segala medan. Dia siap pasang badan atas semua marabahaya yang menghadang. Ketika kamu kedinginan dan ketakutan, dia ada untuk merangkul pundakmu dan menghangatkan.

Sesekali ia pamit kepada orangtuamu ketika mengajak jalan-jalan ke luar. Karena ia merasa bertanggungjawab kepadamu, ia selalu memastikan bahwa ia tidak membawamu pergi sampai larut malam. Ia akan mengantarmu pulang dan memastikan kamu selamat dan tidur dengan nyenyak.

6. Sebelum ia mengambil keputusan yang penting dalam hidup, kamu adalah yang terlebih dulu dimintai pendapat.

mengambil keputusan-keputusan bersama via id.pinterest.com

Berbeda ketika sudah berumahtangga, ketika pacaran memang belum banyak keputusan-keputusan besar terkait hubungan yang akan diambil setiap hari. Kamu dan dia tetap masih punya hidup masing-masing. Namun di dalam setiap langkahmu dan dia, selalu ada keputusan terkait langkah ke depan untuk diri sendiri.

Dia pun akan membuat banyak sekali keputusan terkait hidupnya. Namun walau sebenarnya ia sudah punya jawabannya sendiri, kamu tak pernah sekalipun luput ditanya. Sebagai partner hidupnya, pendapatmu dan caramu memandang segala sesuatu sangat berpengaruh baginya.

7. Walau tidak ada yang pasti di dunia ini, namun tetap saja ia memasukkan namamu dalam segala rencana masa depannya.

memenangkanmu dalam segala suasana via imgresult.com

Rencana-rencana yang banyak sekali jumlahnya. Kota tempat dia ingin tinggal, pekerjaan yang ia inginkan, kampus yang ia incar untuk studinya, negara yang ingin ia kunjungi, serta tipe hari-hari yang ingin ia lewati dalam suka dan duka. Memang ia bisa menjalaninya sendiri, tapi ia selalu membayangkanmu ada di sisinya melewatkan semua masa-masa itu hingga menua.

8. Meski belum bisa membuatnya berhenti dari segala kebiasaan buruknya, kamu jadi alasannya untuk berpikir dua kali sebelum melakukannya lagi.

berubah pelan-pelan via wannabemagazine.com

Bisa jadi dia merokok dan kamu tidak suka. Menonton bola semalaman dan baru tidur subuh jam lima. Atau kebiasaannya tidak bisa merapikan kamar sendiri itu membuatmu uring-uringan. Sifatnya yang cuek dan sembarangan memilih baju yang sama ketika kencan denganmu juga sering kamu protes.

Sebenarnya kamu sadar kamu bukan hadir untuk mengubah kepribadiannya, tapi tetap saja selalu ada rasa kesal melanda. Dia yang tahu itu mungkin akan maklum, karena selalu ada alasan untuk kebaikannya. Saat ini mungkin dia belum bisa berubah, tapi setidaknya ia tidak akan dengan sengaja memancing kekesalanmu. Lambat laun, dia mungkin akan mulai berbenah.

9. Memang tidak perlu selalu dikabari setiap saat, tapi kamu layak mengetahui kabar terbaru tentangnya dari sumber pertama.

selalu tahu kabarmu via www.a1.net

Menyebalkan bukan, jika mengetahui update tentang pacarmu justru dari orang lain?

Kamu dan dia mungkin pernah sepakat untuk tidak terlalu lebay dalam memberi kabar. Tidak perlulah mengabari setiap kali sudah makan pagi, siang, malam. Atau mengirim posisi beserta foto dan lokasi di google maps, hanya untuk memberitahu bahwa kamu benar-benar berada di sana.

Namun di dalam setiap kejadian yang ia alami ketika tidak bersamamu, pasti selalu ada yang layak diceritakan. Kamu pantas mendengarkan dan jadi yang pertama memberikan tanggapan dalam situasi-situasi senang dan sulit yang sedang dia alami.

10. Seiring berjalannya waktu, ia tak pernah gagal membuatmu jatuh cinta berkali-kali. Jauh di lubuk hatinya ia mengerti, kamu layak diperjuangkan sampai nanti.

kamu layak diperjuangkan via www.glamour.com

Pada akhirnya, kamu dan dia sama-sama tahu bahwa yang berharga dalam hubunganmu itu adalah cara kalian memperlakukan satu sama lain. Bagaimana kepercayaan, saling memahami, menghormati, dan menyayangi itu sudah jadi keseharian yang sulit dijauhkan, Dan perlakuannya kepadamu membuatmu semakin yakin bahwa kamu benar-benar layak diperjuangkan.

Bagaimana dengan dia yang sedang bersamamu? Sudahkah dia membuatmu merasa layak dicintai?